9 Situs Freelance Indonesia dan Luar Negeri yang Terbaik

Saat ini banyak sekali situs freelance Indonesia maupun luar negeri yang memungkinkan kita untuk bekerja secara mandiri dan di mana saja. Mendapatkan penghasilan yang setara dengan pegawai kantoran atau bahkan lebih besar ternyata bisa dilakukan hanya dengan bekerja dari rumah.

Kini, hal tersebut tidaklah mustahil bagi generasi kita saat ini. Bahkan sekarang banyak perusahaan yang timnya berasal dari berbagai penjuru. Mereka saling berkolaborasi dengan keahlian masing-masing.

Yang lebih unik lagi ternyata mereka bukanlah pegawai tetap melainkan freelancer yang hanya bekerja sesuai project dalam jangka waktu tertentu.  Selama ada internet maka mereka tetap terhubung satu sama lain dan menyelesaikan pekerjaan tertentu dengan baik.

9 Situs Freelance Indonesia dan Luar Negeri yang Paling direkomendasikan

Apakah anda juga tertarik untuk bekerja secara freelance ? berikut ini kami paparkan daftar situs untuk pekerja lepas atau freelancer yang bisa anda ikuti dan menjadi opsi jika bingung memilih situs mana yang terbaik dan terpercaya.

Upwork.com

situs freelance indoensia

Dengan lebih dari 1,5 juta klien situs ini menawarkan hampir semua bidang untuk setiap jenis pekerjaan freelance yang mencakup proyek jangka pendek ataupun panjang.

Dengan sistem bayaran per jam atau per proyek, upwork.com juga melibatkan tingkat professional sampai pemula. Tidak masalah seberapa tinggi tingkat keahlian yang dimiliki yang penting bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai kesepakatan dengan klien.

Situs ini memungkikan para freelance mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill mereka. Mulai dari proyek yang paling mudah seperti jasa entri data sampai dengan pembuatan aplikasi android ataupun web bisa didapatkan dari situs upwork.com.

Freelancer.co.id

situs freelancer indonesia

Tidak seperti platform lainnya, selain menawarkan jutaan proyek situs ini memungkinkan para freelance untuk bersaing dalam konteks untuk membuktikan skill yang dimiliki.

Jika kompetitif dan percaya diri dengan keahlian yang dimiliki, maka hal tersebut adalah cara yang bagus untuk menunjukan kemampuan seorang freelance dan menarik lebih banyak klien lagi.

Banyak yang beranggapan kalau situs ini memiliki interface yang user friendly serta pencarian jobnya sangat mudah. Kemudahan yang paling dirasa adalah situs ini sudah mendukung berbagai tampilan seperti menu, pencarian, dan fitur lainnya dalam bahasa Indonesia.

Sehingga meskipun kita belum lancar berbahasa Inggris kita bisa tetap mengambil proyek untuk mulai bekerja sebagai freelance.


Baca juga : 


Guru.com

Guru.com merupakan website tempat mencari kerja online yang menyediakan dua jenis member, yaitu :

  • Free Member (Gratis) : Member tidak dipungut biaya. Kekurangannya yaitu potensi mendapatkan jobnya masih minim.
  • Pay Member (Berbayar) : Member yang berbayar. Dengan keuntungan freelance akan bisa mendapatkan job yang lebih banyak

Apapun jenis membernya kita bisa mendapatkan hasil yang lumayan dari situs ini jika ditekuni dengan serius.

Toptal.com

situs freelance indonesia

Dengan pendekatan yang berbeda dari situs lainnya, Toptal.com diperuntukan untuk para freelance yang sudah berpengalaman dan berbakat.

Dimana nantinya para calon penerima pekerjaan harus melewati penyaringan. Kendati begitu Toptal akan memberikan akses yang tak terbatas ke job atau proyek besar dengan klien terkenal seperti Airbnb, Zendesk, dan lainnya.

Tentu saja dengan bayaran yang besar. Sebab tidak ada proyek dengan nilai yang rendah pada situs ini.

Kita juga bisa bergabung denga pengguna Toptal lainnya untuk mengikuti berbagai event teknologi yang diadakan.

Jika kamu mempunyai skill bahasa inggris dan bakat dibidang tertentu yang bagus, maka situs inilah yang paling direkomendasikan.

Fiverr.com

Fiverr adalah platform kerja online untuk kategori kreatifitas seperti menulis, membuat film, desainer, dan lainnya.

Silahkan tawarkan keahlianmu disitus ini dengan harga yang bisa dipilih sendiri dan bisnis yang membutuhkan konten sesuai dengan keahlian yang kita miliki.

Platform ini sangat sederhana dan dapat sangat menguntungkan saat kita sudah memiliki reputasi yang baik dibidang tertentu.

Sribulancer.com

Sribulancer adalah situs freelance lokal yang saat ini sedang mencoba pasar global dengan tujuan mempertemukan freelancer yang sedang membutuhkan pekerjaan namun masih kesulitan karena kurangnya koneksi atau belum banyak yang mengetahui skill mereka.

Dengan menggunakan sribulancer kita bisa mencari pekerjaan-pekerjaan yang sekiranya bisa dijadikan sumber penghasilan tetap ataupun sampingan.

Ada jaminan uang kembali terhadap klien bila freelancer melanggar janji atau poin-poin yang sudah ditetapkan.

Selain itu, karena situs ini berasal dari Indonesia maka ada opsi pembayaran menggunakan transfer bank. Yang artinya kita bisa menerima pembayaran lebih mudah dari setiap hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Projects.co.id

Tidak jauh  berbeda dengan situs-situs freelance di atas, di website projects.co.id kita bisa bergabung serta menjadi member dan mencari pekerjaan secara gratis.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan fitur afiliasi yang artinya kita bisa merekrut orang lain untuk menjadi member projects.co.id.

Bila orang tersebu berhasil mendapatkan dan menyelesaikan job dari situs tersebut maka kita juga akan mendapatkan komisi dari projects.co.id. Fitur afiliasi ini bisa kita manfaatkan sebagai media untuk menambah penghasilan.


Baca juga :


Sribu.com

Sribu.com merupakan situs freelance khusus untuk para designer gambar, logo, banner, kaos, dan lain sebagainya. Situs ini masih satu keluarga dengan sribulancer.com, dimana sribu.com juga merupakan besutan Ryan Gondokusumo sebagai owner dan pemiliki kedua situs tersebut.

Namun sribu.com ini dikhususkan untuk para freelancer dibidang desain grafis. Jadi bagi kamu yang memiliki skill design logo, kop surat, kaos, banner iklan, web dan desain-desain lainnya tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mencari pekerjaan freelance di situs ini.

99designs.com

Seperti platform sribu.com, 99designs.com juga merupakan situs untuk para freelancer design namun berskala internasional.

Platform ini memungkinkan freelancer bersaing dalam kontes desain dan mendapatkan feedback saat klien memilih yang terbaik.

Ini merupakan salah satu cara yang bagus bagi para designer berbakat untuk membuktikan bakat mereka serta mendapatkan penghasilan dari situs 99designs.com.

Situs ini juga bisa kita manfaatkan untuk membangun portofolio dibidang design.

Penutup

Itulah 9 situs freelance Indonesia dan luar negeri yang cukup direkomendasikan untuk mencari pekerjaan secara online. Apapun pekerjaan yang kita lakukan kunci utamanya adalah jujur dan professional, sehingga kesuksesan bisa menghampiri kita dalam pekerjaan yang ditekuni. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.


Sumber artikel : https://www.youtube.com/watch?v=nvFKtokxPQw


 

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.