Skip to main content
apa itu freelancer

5 Menit Memahami “ Apa itu Freelancer ? “

Pernahkah kamu mendengar ada orang yang kerjanya cuma di rumah tapi memiliki pendapatan yang cukup bahkan lebih tinggi dari seorang pegawai yang bekerja di Instansi tertentu. Saya sih pernah, tepatnya teman sendiri. Lalu apa pekerjaannya ? ternyata dia adalah freelancer.

Bagi yang belum tahu atau bahkan belum pernah mendengar kata freelancer, kali ini kita akan membahas secara ringkas mengenai Apa itu Freelancer, bagaimana sistem kerjanya, dan gajinya berapa ?

Apa itu Freelancer

Ini yang seringkali ditanyakan oleh banyak orang  “ Freelancer itu apa sih ? “.

Menurut channel youtube Yoko Bomb, Freelancer adalah sebutan untuk orang yang bekerja freelance (dalam bahasa Indonesia sering juga disebut pekerja lepas).

Masih belum paham ? Oke lanjut !

Jadi seorang freelance atau pekerja lepas tidak bekerja hanya untuk satu perusahaan atau instansi, melainkan bekerja sesuai dengan projek yang diberikan.

Contohnya begini !

Sebuah perusahaan ingin membuat logo baru namun mereka tidak ingin menambah karyawan yang mempunyai skill dibidang desain. Akhirnya perusahaan mencari dan menggunakan jasa freelancer yang memiliki skill untuk mendesain logo.

Dari contoh di atas kita bisa memahami sebuah “ Membuat Logo “ adalah projek dari perusahaan tersebut yang harus diselesaikan oleh freelancer.

 

Freelancer adalah Pengangguran ?

Banyak sekali orang yang menyangka jika freelancer itu adalah pengangguran tapi dapet duit. Tidak semuah itu fergusoo …

Freelancer atau pekerja lepas dulu memang di identikan dengan bekerja serabutan. Sekali lagi itu “ DULU “. Dimana orang yang bekerja hanya ketika ada projek dipandang sebelah mata oleh masyarakat sekitar. Salah satu penyebabnya yaitu terlihat tidak kerja alias nganggur sehingga tidak punya masa depan yang jelas.

Namun sekarang sudah beda

Freelancer masa kini adalah orang-orang yang bekerja sesuai bidang keahliannya saja dan biasanya memanfaatkan fasilitas internet.

Jika seseorang memiliki skill menulis yang bagus, maka dia bisa menjadi freelance di bidang menulis, seperti :

  • Menulis konten atau artikel untuk blog
  • Menjadi penulis scenario
  • Menjadi ghost writer

Jadi, sekali lagi pengangguran dan freelancer itu tidak sama.

Bedanya Freelancer dengan Karyawan

apa itu freelancer
Sumber : Freepick.com

Berikut ini beberapa perbedaan Karyawan dengan Freelancer :

No Karyawan Freelancer
1 Dikontrak oleh sebuah perusahaan atau instansi biasanya dalam jangka waktu yang cukup panjang Dikontrak hanya berdasarkan per projek atau berapa lama projek itu bisa selesai
2 Harus bekerja di kantor setiap hari Bebas melakukan pekerjaan dimanapun, yang penting pekerjaan selesai tepat waktu
3 Waktu bekerja sesuai dengan aturan kantor. Biasanya dari jam 9 pagi s/d 5 sore Bekerja kapan saja
4 Besaran gaji setiap bulan akan selalu sama dan tetap Tidak punya gaji tetap. Kadang bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi, namun bisa juga sebaliknya
5 Mendapatkan jaminan kesehatan dari kantor Tidak ada jaminan kesehatan dari kantor

Keuntungan menjadi Freelancer

Setiap profesi pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri, begitupun dengan Freelancer. Di bawah ini adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang freelance.

  1. Di waktu yang bersamaan bisa kerja di beberapa perusahaan, sehingga dengan begitu pendapatannya pun akan jauh lebih besar dari seorang karyawan yang hanya bekerja di satu perusahaan. Tentu saja itu bukan menjadi tolak ukur besar atau kecilnya pendapatan. Karena banyak juga karyawan yang gajinya selangit 😀
  2. Bebas menentukan tempat untuk bekerja. Misalnya ingin bekerja di cafe, taman, atau hotel agar lebih jaman dan mendapatkan suasana baru.
  3. Waktu yang fleksibel. Kalau karyawan terpaku dengan waktu bekerja yang itu-itu saja. Freelancer tidak begitu. Kadang mereka menyelesaikan pekerjaan diwaktu malam saja, bahkan ada juga yang subuh meletuk udah kerja.

Kelemahan menjadi Freelancer

Di atas kita sudah membahas beberapa kelebihan yang di dapat oleh Freelancer. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan jika berprofesi sebagai freelancer.

  1. Frekuensi pekerjaan yang tidak menentu. Pekerjaan yang di peroleh oleh freelancer tidak menentu. Kadang dalam satu bulan bisa dapat banyak projek, kadang hanya satu atau bahkan tidak ada sama sekali.
  2. Kerja melebihi deadline. Ini nih yang sering di lakukukan oleh Freelancer. Karena keasikan kerja atau ngejar deadline, seorang freelancer bisa bekerja seharian penuh. Pagi, siang, sore, malam, bahkan subuh kadang udah kerja.

Pekerjaan Freelancer

Sumber : http://www.indesignskills.com

Setelah kita paham tentang apa itu freelancer, pasti muncul pertanyaan lainnya. Apa saja pekerjaan yang cocok untuk freelancer ? .

Semua pekerjaan memang bisa dijadikan pekerjaan freelance. Namun hanya ada beberapa saja pekerjaan freelance yang cukup populer dan memberikan pendapatan yang tinggi, di antaranya yaitu :

  • Desain Grafis : Pekerjaan ini biasanya mendapatkan projek untuk : mendesain logo, banner, dan lainnya. Tentunya desain yang dihasilkan harus professional dan biasanya memberikan kesan yang bagus.
  • Pengembangan Website : Freelancer di bidang ini pekerjaan utamanya yaitu mengembangkan sebuah website. Baik website jual beli, perusahaan, atau web-web lainnya.
  • Membuat Aplikasi Android : Jika kamu punya skill untuk mengembangkan aplikasi android, penghasilan dari pekerjaan ini tentunya cukup menjanjikan. Saya sendiri seringkali mendapatkan projek untuk mengerjakan aplikasi android. Jika tertarik untuk belajar membuat aplikasi android silahkan pelajari dari 4 ebook di bawah ini.
  • Penulis Konten : Hari ini siapa yang tidak kenal dengan internet. Setiap mau bertanya tentang apapun pasti yang dibuka adalah Google. Sadarkah kamu kalau artikel-artikel yang kadang ditampilkan di sebuah website dikerjakan oleh freelancer yang memiliki skill menulis dengan baik.

Selain 3 pekerjaan di atas masih banyak pekerjaan freelancer lain yang akan diulas pada artikel lainnya.

Pekerjaan Freelance untuk mahasiswa

Siapapun bisa menjadi freelancer, satu syaratnya mau mencari projek dan punya skill yang cukup baik dibidang tertentu agar memuaskan client.

Begitupun dengan mahasiswa yang ingin punya uang saku tambahan, kamu bisa bekerja freelance paruh waktu. Kuliahmu tetap jalan tapi dikala senggang bisa mengerjakan projek-projek dari client.

Apa pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa ? Banyak !

  • Kalau kamu menguasai bidang pelajaran tertentu dan suka sharing ilmu pengetahuanmu ke orang lain, tidak ada salahnya jika kamu menjadi pengajar les privat.
  • Kalau kamu mahasiswa IT dan sudah memiliki skill untuk membuat web atau aplikasi android. Maka carilah pekerjaan freelance dibidang tersebut.
  • dan lain sebagainya

Situs Freelancer

Dimana kita bisa mendapatkan pekerjaan freelance ? Jawabannya sangat mudah di Internet !

Ada beberapa situs yang mempertemukan antara freelancer dengan client ( orang yang mencari pekerja freelance ). Situs-situs tersebut yaitu :

  • sribulancer.com
  • projects.co.di
  • fastwork.id
  • sribu.com
  • freelancer.com

Terdapat berbagai macam kategori pekerjaan freelance yang bisa kita dapatkan pada situs-situs di atas. Contohnya seperti : pengembangan web dan aplikasi android, desain logo, editor video, penulis konten, dan masih banyak lagi lainnya.

Supaya gak penasaran langsung saja kunjungi situs-situs di atas dan temukan pekerjaan yang sesuai denganmu.

Gaji Freelancer

Setiap memilih pekerjaan tentunya faktor gajilah yang paling utama. Berapa gaji freelancer ? Freelancer tidak Gaji melainkan yang dia dapatkan adalah penghasilan / projek yang dikerjakan. Gaji itu sifatnya tetap sedangkan pendapatan tidak tetap.

Cerita sedikit, teman saya seorang web development bisa punya penghasilan $ 1000/ minggu. Itu dulu pada tahun 2017, mungkin sekarang lebih besar dari nilai tersebut.

Kok gajinya dalam dollar ? Ya memang karena dia mencari proyeknya di situs upwork.com yang pekerjaannya bisa dari amerika, jepang, Australia, India, atau Negara-negara lain.

apa itu freelancer
Salah satu pekerjaan yang ada di Projects.co.id

Kita coba lihat di situs projects.co.id, pada kategori projek mobile programming ada satu pekerjaan yaitu Mendesain UI UX Aplikasi Absensi dengan budget Rp. 10 juta. Budget tersebut masih bisa berubah sesuai negosiasi freelancer dengan si client teresbut.

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu freelancer berikut gaji, keuntungan, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan juga ke temanmu yang lain.

Sumber gambar utama : https://www.commtract.com

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.