pekerjaan freelance di bidang IT

10 Pekerjaan Freelance di Bidang IT yang Banyak Dibutuhkan

Menjadi pakar IT membuka peluang kerja yang luas bagi kamu. Hal ini sebagai imbas dari era digital dan teknologi, sehingga tenaga yang ahli dibidang IT sangat dibutuhkan. Jika kamu ahli atau lulusan di bidang IT dan belum mendapat pekerjaan, jangan putus asa dulu soalnya kamu bisa mencoba pekerjaan freelance di bidang IT.

Pekerjaan Freelance di Bidang IT

Berikut beberapa jenis profesi yang bisa kamu coba dengan berbekal keahlian di bidang IT.

Web Developer

sejarah html

Bekerja sebagai freelancer web developer sangat menguntungkan sekali. Namun untuk menjadi seorang web developer butuh skill dan kreatifitas yang cukup tinggi. Satu pekerjaan mengembangkan web bisa jadi menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan.

Bayaran menjadi web developer sangat tinggi hingga mencapai sekitar Rp.72.000.000 per tahun. Jika tertarik dengan pekerjaan ini, kamu bisa mulai belajar dan melakukan riset terlebih dahulu. kamu bisa belajar di berbagai platform belajar online mengenai cara mengembangkan web.

Hal-hal yang perlu dipahami untuk menjadi web developer diantaranya konsep Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), Hyper Text Markup Language (HTML). Pahami juga mengenai Javascript, Server Side Programming, database SQL, web server, dan web hacking.

Android Developer

Menjadi seorang android developer adalah salah satu prospek pekerjaan lulusan bidang IT, kesempatanmu terbuka luas. Seorang pengembang aplikasi android tentunya harus mampu membuat dan menguji aplikasi beberapa kali, hingga memelihara aplikasi setelah aktif.

Untuk langkah awal, kamu bisa belajar membuat aplikasi android melalui 4 ebook android studio yang sudah kami rilis. Jika sudah mampu membuat aplikasi dengan baik silahkan mendaftarkan diri di situs-situs penyedia freelancer secara online. Update terus skill kamu dengan menguasai banyak bahasa pemrograman agar klien tertarik menggunakan jasamu.

Business Analyst

Seorang business analyst memiliki tugas untuk menganalisis suatu perusahaan maupun instansi. Selain itu, menilai model bisnis kemudian mengintegrasikannya dengan teknologi untuk keperluan solusi masalah bisnis.

Kebanyakan business analyst memiliki basic pendidikan di bidang IT. Namun tidak hanya itu, seorang business analyst mesti memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemudian kemampuan berpikir analitis dalam memecahkan masalah, memiliki pengetahuan luas terkait bisnis, serta harus teliti dan akurat dalam menilai.

Animator

Jika kamu senang dan punya keahlian menggambar karakter kartun disamping kemampuan mengedit gambar, bekerja sebagai animator sangat cocok buat kamu. apalagi saat ini sedang berjamur komik-komik online sehingga makin membuka peluang bagi kamu untuk bisa menjadi animator freelancer.

kamu bisa magang di perusahaan perfilman, perusahaan game, dan lain sebagainya. Dengan keahlianmu di bidang IT, kamu dapat memanfaatkan berbagai software khusus yang digunakan dalam membuat animasi. Untuk penghasilan rata-rata para animator pemula yaitu berkisar mulai dari 2 hingga 5 juta.

Design Grafis

pekerjaan freelance di bidang IT

Ahli mengedit gambar membuka peluang untuk bisa menjadi seorang desainer grafis. Profesi ini tidak hanya ahli dalam mengedit foto, seorang desainer grafis mampu membuat ilustrasi, tipografi, maupun grafis motion.

Skill ini dimanfaatkan oleh berbagai media cetak, perusahaan periklanan untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa. Bekerja sebagai freelance design grafis tidak mewajibkan kamu untuk ke kantor, kamu bisa bekerja dari rumah untuk menghasilkan pendapatan.

Youtuber

Umumnya para lulusan bidang IT memiliki kemampuan untuk mengedit video. Skill ini bisa kamu manfaatkan dan mencoba peruntungan sebagai Youtuber. Tidak hanya harus piawai memilih konten yang menarik, kemampuan editing video juga menjadi keharusan untuk menghasilkan video yang bagus.

Pekerjaan ini sangat bisa kamu jadikan pekerjaan freelance karena waktunya tidak terikat atau fleksibel. Kapanpun kamu ada ide konten, kamu bisa langsung membuat video dan sekaligus mengeditnya. Mengenai penghasilan, tentu saja semakin banyak viewer yang menonton video kamu semakin banyak pula pendapatan yang bisa diperoleh.

Blogger

Sama halnya dengan Youtuber, menjadi Blogger juga butuh kemampuan editing serta kreativitas dalam mengelola isi blog. Selain dibutuhkan kemampuan editing yang mumpuni, membuat isi blog dengan artikel yang menarik dan berkualitas adalah poin terpenting.

Traffic visitor menjadi penentu untuk meraup pendapatan sebagai freelancer blogger. kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan iklan seperti Google Adsense untuk menambah pundi pendapatan kamu. Namun kamu terlebih dahulu harus memiliki jumlah visitor yang banyak sebelum memasang iklan.

Jasa Service Laptop

pekerjaan freelance di bidang IT
Sumber : https://www.economist.com/

Bagi kamu lulusan dari jurusan IT tentunya punya skill dasar dalam hal reparasi barang-barang elektronik termasuk laptop. Kemampuan ini bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa service laptop. kamu bisa mulai menawarkan jasamu ke teman atau bekerja sebagai freelance di toko laptop yang menawarkan jasa service laptop juga.

Jika kamu ingin mulai merintis pekerjaan ini tentunya kamu perlu modal usaha untuk membeli perlengkapan service laptop. Diantaranya laptop, kabel data, obeng, perlengkapan software, perlengkapan hardware, tempat usaha, dan lain sebagainya.

Content Writer

Jika kamu suka membaca, menulis serta mengolah kata-kata, menjadi content writer bisa jadi pilihan terbaik. Penulis konten saat ini menjadi pekerjaan freelance yang cukup menjanjikan. Hanya dengan bermodalkan laptop dan pulsa internet kamu sudah bisa menjual karya tulisanmu.

Keahlian IT dapat kamu manfaatkan ketika melakukan riset keyword yang paling dicari oleh Google. Nantinya keyword tersebut akan disisipkan pada artikel, agar tulisan kamu bisa tampil di halaman pertama Google. kamu bisa menjadi freelancer di berbagai media cetak online ataupun bergabung dengan perusahaan penulis online.

Jasa Edit Foto

Seseorang yang ahli di bidang IT biasanya mengedit foto bukanlah pekerjaan yang sulit. kamu bisa mencoba menjadi pekerjaan freelance dengan menawarkan jasa edit foto. Hanya dengan bermodalkan laptop, berbagai aplikasi untuk mengedit gambar, printer, kertas foto, dan bingkai foto kamu sudah bisa membuka dan menawarkan jasa ini.

kamu bisa mencoba magang di tempat yang menawarkan jasa pengetikan sekaligus edit foto. Ataupun kamu bisa memasang penawaran jasamu di berbagai situs freelancer online. Promosi gratis lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram juga jadi pilihan terbaik untuk mengiklankan jasa kamu.

Penutup

Berbagai pekerjaan freelance di bidang IT yang telah dipaparkan di atas, salah satunya bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi kamu. Manfaatkan ilmu dan skill kamu di bidang IT karena keahlian tersebut sangat dibutuhkan saat ini. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan selamat bekerja.

Sumber gambar utama : https://www.modernrequirements.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.