Skip to main content

3 Peluang Kerja Teknik Informatika Yang Paling Diburu Milenial

Peluang kerja jurusan Teknik Informatika (TI) yang semakin luas membuat banyak lulusan SMA atau SMK yang masuk jurusan TI. Namun, dari sekian banyak profesi seorang ahli TI, hanya ada beberapa yang paling banyak diburu.

Setidaknya ada 3 pekerjaan yang paling banyak diincar oleh para lulusan jurusan tersebut. Penyebabnya satu, apalagi jika bukan soal gaji. Dan memang 3 peluang kerja  ini memberikan pundi-pundi uang yang begitu melimpah.

Apa saja peluang kerja yang dimaksud ? Berikut ulasannya !

3 Profesi Buruan Lulusan Teknik Informatika

Game Developer

Dari sekian banyak peluang kerja jurusan teknik informatika, game developer sepertinya menjadi yang paling “seksi”. Ini bukan tanpa alasan.

Data menunjukkan setiap tahunnya industri game semakin berkembang. Pada tahun 2016 saja, industri game mobile global meraih uang yang sangat fantastis. Ratusan triliun rupiah.

Dan bukan hanya perusahaan game besar saja yang mendapatkan keuntungan ini. Para developer indie pun tidak mau tinggal diam. Kabarnya, developer indie bisa meraih penghasilan miliaran rupiah lho.

Banyak yang bertanya dari mana penghasilan seorang game developer. Saluran penghasilan mereka banyak sekali. Ada yang menjual produk. Game dijual lepas dengan harga yang fantastis.

peluang kerja teknik informatika
Ilustrasi game developer. Sumber gambar : https://idseducation.com

Ada juga yang penghasilannya berasal dari menjual layanan. Jadi, game developer menggratiskan game yang mereka buat. Penghasilannya berasal dari layanan berupa IAP atau in-app purchase. Anda pernah lihat kan ketika main game ada iklan yang muncul? Itulah sumber penghasilan game developer.

Selain itu, bisa saja seorang game developer menjual merchandise. Biasanya, penggila suatu game akan dengan rela membeli barang yang berhubungan dengan game tersebut. Itu bisa berupa tas, phone case, topi, kaos, dan lain sebagainya.

Hal itulah yang membuat game developer besar merekrut pencipta game yang kreatif. Mereka rela menggaji karyawan tersebut dengan gaji yang fantastis sekalipun. Ada kabar gaji seorang pecinta game itu bisa mencapai 15 juta rupiah per bulan. Wajarkan peluang kerja teknik informatika yang satu ini sangat menjanjikan?

Perusahaan pun tidak kalah untung. Jika game laku keras, ada banyak saluran di mana perusahaan bisa meraup profit dalam jangka yang sangat panjang.

 

Programmer

Ruang lingkup seorang game developer sangat sempit. Lebih luas lagi jika menjadi programmer. Seorang programmer bisa bekerja di mana saja, bukan hanya di perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan game.

Perkembangan dunia startup yang begitu cepat membuat banyak orang kuliah di jurusan teknik informatika. Apalagi bekerja di startup kini seolah menjadi pilihan favorit para generasi milenial. Mereka tidak suka bekerja di perusahaan yang formal dan kaku.

peluang kerja teknik informatika
Ilustrasi Mobile Programmer

Jumlah startup kini semakin banyak. Programmer pun semakin banyak dicari. Ini menjadi peluang kerja teknik informatika yang banyak diburu.

Bukan hanya karena gaji tapi pengembangan diri. Kebanyakan startup yang merekrut programmer memberikan keleluasaan untuk terus mengembangkan ide. Tentunya ide tersebut selaras dengan visi dan misi startup itu sendiri.

Mengenai gaji, seorang programmer secara umum digaji sebesar 10 an juta rupiah per bulan. Ini belum termasuk tunjangan dan juga bonus jika program yang dibuat sangat bagus dan memuaskan. Dan bukan tidak mungkin perusahaan atau startup lainnya akan membajak programmer hebat seperti itu. Tentunya dengan iming-iming gaji yang lebih fantastis.

Perlu diketahui ada beberapa jenis programmer, di antaranya  :

  • Web Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi berbasis web.
  • Mobile Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi untuk mobile phone seperti android dan iOS.

Jika kamu tertarik untuk belajar membuat aplikasi android. Kamu bisa segera mempelajarinya dari tutorial yang sudah kami sediakan, berikut tautannya : Belajar Android Studio untuk Pemula 

Atau supaya terarah dan mudah bisa juga belajar via ebook yang sudah kami susun untuk memudahkan belajar membuat aplikasi dengan android studio. Klik banner di bawah ini untuk mempelajarinya secara lengkap.

 

IT Consultant

Beberapa orang yang sudah lama menekuni dunia teknik informatika merasa lelah untuk terus bekerja di depan komputer. Mereka yang sudah berpengalaman biasanya memutuskan untuk menjadi IT consultant.

Apa tugas dari seorang IT consultant? Pada intinya, tugas utamanya adalah memberikan saran. Ia memberikan masukan kepada perusahaan dalam hal pemilihan teknologi informasi. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk menggunakan semua teknologi informasi yang ada.

peluang kerja teknik informatika
Ilustrasi IT Consultant. Sumber gambar : https://www.chartattack.com

Jadi, IT consultant itu berperan untuk memastikan teknologi informasi yang digunakan sangat efektif dan efisien. Teknologi informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk bisa memberikan saran seperti itu, tentu seorang IT consultant memiliki skill dan pengalaman yang hebat di bidang yang satu ini. Maka dari itu, peluang kerja teknik informatika yang satu ini biasanya diambil oleh mereka yang sudah lama berkecimpung di bidang teknik informatika.

Penghasilan IT consultant berkisar antara 7 hingga 10 juta. Ini tergantung dengan beban kerja. Biasanya, IT consultant tidak hanya menangani satu atau dua perusahaan saja. Jadi, bisa dibayangkan berapa jumlah gaji yang mereka bisa bawa pulang setiap bulannya.

Tentu masih banyak lagi peluang kerja teknik informatika. Tidak hanya 3 profesi itu saja. Apakah satu di antara 3 profesi tersebut yang menjadi impian Anda?

 

Tepatkah Memilih Jurusan Teknik Informatika?

Setiap orang memiliki bakat. Apakah Anda punya bakat untuk menekuni bidang teknik informatika? Ada beberapa hal yang menjadi patokan bahwa seseorang tepat untuk belajar teknik informatika. Lalu, ia nantinya memilih profesi yang berhubungan dengan teknik informatika.

Yang diperlukan dari seorang ahli teknik informatika adalah kemampuan logika. Ahli yang hebat itu memiliki kemampuan logika yang luar biasa. Mereka memahami bahasa pemograman yang berbeda-beda. Dan hanya orang yang logika bagus saja yang mampu menguasai bahasa pemograman tersebut.

Ilustrasi praktek di jurusan teknik informatika. Sumber gambar : http://stiki.ac.id

Bukan itu saja. Seorang ahli teknik informatika itu punya karakter kreatif. Ia sering berpikir out of the box. Dibarengi dengan kemampuan logika dan pemahaman bahasa pemograman yang baik, ia bisa menciptakan sebuah program atau apapun yang berhubungan dengan teknik informatika.

Sekarang pertanyaanya adalah apakah Anda tepat untuk masuk ke jurusan teknik informatika? Jangan hanya mempertimbangkan peluang kerja teknik informatika yang menjanjikan. Akan lebih baik jika Anda menilai sendiri apakah Anda tepat memilih jurusan tersebut atau tidak. Karena jika tidak tepat, Anda hanya akan membuang waktu. Anda hanya setengah-setengah dalam belajar. Tidak sepenuh hati.

 

Peluang Kerja Teknik Informatika Semakin Luas

Mendapatkan uang tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang bekerja di kantoran. Bahkan, sekarang banyak orang yang bisa menghasilkan banyak uang dari rumah. Dan kebanyakan mereka adalah orang yang menguasai teknik informatika.

Beberapa perusahaan luar negeri mencari freelancer teknik informatika. Para freelancer biasanya diminta untuk membuat program tertentu. Jika sudah selesai, hasilnya akan dibayar dengan imbalan uang dollar.

Selain itu, tidak jarang juga perusahaan kecil atau UMKM yang memanfaatkan jasa teknik informatika. Mereka tidak punya kemampuan finansial yang cukup untuk menggaji seorang ahli di bidang teknik informatika. Akhirnya mereka memilih untuk membeli program dari freelancer teknik informatika.

Jadi, selain bekerja di sebuah perusahaan teknologi, ada alternatif lain, yaitu menjadi seorang freelancer. Dan jangan dianggap remeh. Banyaknya perusahaan kecil, terutama UMKM yang membutuhkan jasa pembuatan program membuat peluang kerja teknik informatika semakin luas.

Penutup

Jadi bagaimana ? Apakah setelah membaca uraian di atas membuat niat Anda semakin kuat untuk masuk dan belajar di jurusan teknik informatika ?. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.