belajar coding untuk pemula

Mudah ! Inilah Panduan Belajar Coding untuk Pemula

Anda tertarik belajar coding ? Namun bingung harus mulai dari mana ? Temukan jawabannya melalui artikel ini.

Coding telah mengubah beberapa kebiasaan manusia di era modern ini. Berbagai macam aplikasi yang dihasilkan dari proses coding begitu berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia.

Sebut saja google, facebook, dan youtube. Ketiga aplikasi tersebut sangat hampir setiap jam kita pakai untuk berbagai macam keperluan.

Begitu populernya coding, otomatis pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan kode juga sangat digandrungi oleh banyak orang, contohnya Android Developer dan Web Developer.

Ini merupakan peluang yang bagus bagi kita yang ingin menekuni dunia programming.  Apalagi bagi orang-orang yang saat ini sudah berkecimpung dengan dunia IT.

Pertanyaan Seputar Coding

Sumber : educba.com

Sebelum kita lanjut ke bahasan belajar coding ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pemula, di antaranya :

  • Apa itu coding ?
  • Apa fungsi dari coding ?
  • Apa itu bahasa pemrograman ?

Apa itu Coding  ?

Coding adalah proses menulis kode-kode program sehingga menjadi sebuah software, aplikasi, atau web. OS Android dan semua aplikasi yang kita gunakan pada smartphone adalah hasil buah tangan dari pengkodean.

Lebih lengkapnya silahkan baca artikel pada tautan berikut : √ 5 Menit Memahami ” Apa itu Coding “

Apa Fungsi dari Coding ?

Fungsi utama coding yaitu membuat sebuah program aplikasi untuk komputer, smartphone, ataupun bisa diakses menggunakan internet . Selain itu dengan melakukan coding juga kita akan mendapatkan berbagai hal seperti :

  • Melatih ketelitian
  • Mengasah kemampuan otak
  • dan mengembangkan skill

Apa itu Bahasa Pemrograman ?

Bahasa pemrograman adalah kode-kode yang harus ditulis untuk membuat sebuah program. Contoh, kita ingin membuat aplikasi android maka bahasa pemrograman yang dipakai adalah Java, Kotlin, ataupun Dart.

Lain halnya jika kita ingin membuat aplikasi berbasis web maka bahasa pemrogramannya bisa menggunakan Javascript, Ruby, dan lainnya.

Selengkapnya silahkan pelajari dari artikel berikut : 16 Contoh Bahasa Pemrograman Paling Populer

Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Belajar Coding

Sumber : insights.dice.com

Tentukan Tujuan

Belajar tanpa tujuan akan membuat kita kebingungan dan tidak mempunyai prioritas. Sekarang coba jawab pertanyaan di bawah ini :

  • Apa yang ingin kamu buat dengan coding ? Aplikasi Android, iOS, Web, atau Desktop ?
  • Profesi apa yang ingin kamu capai jika sudah menguasai coding ? Android Developer, Front End Developer, Full Stack Developer, atau yang lainnya

Kenapa begitu ?

Karena dengan mengetahui tujuan sejak awal kita akan memilih bahasa pemrograman yang sesuai.

Memilih Bahasa Pemrograman

Sudah menentukan tujuan ? Saatnya memilih bahasa pemrograman yang sesuai.

Bahasa Pemrograman untuk Membuat Aplikasi Android

Jika kamu ingin menjadi android developer atau ingin membuat aplikasi android maka bahasa pemrograman yang bisa dipelajari yaitu :

  • Java
  • Kotlin
  • Flutter
  • C++
  • dan lainnya

Umumnya saat ini para Andrdoir Developer menggunakan bahasa pemrograman Java atau Kotlin untuk mengembangkan aplikasinya dengan IDE Android Studio.

Bahasa Pemrograman untuk Membuat Aplikasi Web

Lain halnya dengan pembuatan aplikasi berbasis web. Bahasa pemrograman yang sering dipakai adalah :

  • PHP
  • Javascript
  • Python
  • Ruby
  • dan lainnya

Biasanya mereka juga menggunakan framework-framework tertentu agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien.

Bahasa Pemrograman untuk Membuat Aplikasi Desktop

Untuk membuat aplikasi berbasis desktop kita bisa menggunakan bahasa pemrograman :

  • Java
  • Vb.Net
  • C#
  • dan lainnya

Bahasa Pemrograman untuk Membuat Aplikasi iOS

Sedangkan untuk mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan pada iPhone bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Swift dengan IDE khusus yang bernama XCode.

Siapkan Mental dan Konsisten

Mencapai tingkatan mahir dalam coding tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita harus bekerja keras dan konsisten agar mencapai yang kita inginkan.

Jangan belajar seharian penuh namun jangan juga belajar hanya beberapa kali dalam waktu yang lama misal seminggu sekali.

Lebih baik sisihkan waktu khusus setiap hari untuk mempelajari coding. 45 menit atau 1 jam setiap hari saya rasa sudah cukup untuk belajar coding.

Namun jika anda memang tidak punya kesibukan lain dan ingin melihat hasilnya secara cepat maka porsi waktu belajarnya harus ditambah.

Sekali lagi jangan mudah menyerah dan harus dilakukan setiap hari alias konsisten.

Pelajari Bahasa Inggris

Tutorial pengkodingan yang lengkap hampir semuanya ada di situs luar dan sudah jelas pasti menggunakan bahasa inggris. Ini mengharuskan kita minimal memahami apa yang disampaikan pada tutorial tersebut.

Kalau sudah faham atau jago ya bagus. Tapi kalau belum bisa ada baiknya belajar sedikit-sedikit sampai supaya kita gak terlalu blank saat mempelajari tutorial pemrograman yang menggunakan bahasa inggris.

Belajar dari Awal

Pelajarilah bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai benar-benar dari awal. Biasanya saat belajar coding di awal kita harus menguasai :

  • Struktur dan aturan penulisan bahasa pemrograman
  • Variabel dan tipe data
  • Penggunaan operator
  • Fungsi logika
  • dan banyak lagi lainnya

Metode Belajar Coding untuk Pemula

Ada beberapa metode belajar coding. Setiap metode tidak berlaku untuk semua orang. Metode yang bisa kita tempuh untuk belajar coding di antaranya yaitu :

  • Belajar secara online
  • Belajar secara offline

Belajar Coding Secara Online

Mempelajari programming secara online biasanya ditempuh oleh orang-orang yang ingin belajar otodidak atau sendiri melalui internet. Sumber belajarnya bisa melalui :

  • Aplikasi android
  • Blog
  • Youtube
  • Web interaktif
  • Web penyedia kursus online

Belajar Coding Melalui Aplikasi Android

Ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang cukup nyaman belajar hanya melalui smartphone android yang dia punya. Ada 4 aplikasi belajar coding yang paling banyak penggunanya saat ini yaitu : Programming Hub, SoloLearn, Programming Hero, dan Mito.

Ulasan dan cara menggunakannya bisa dibaca melalui artikel berikut ini : 4 Aplikasi Belajar Coding yang Paling direkomendasikan

Belajar Melalui Blog

Yang kedua yaitu belajar pemrograman melalui blog. Saat ini banyak sekali blog khusus yang membahas tutorial coding.

Seperti badoystudio.com ini yang berisi tutorial pemrograman android menggunakan android studio. Jika kamu cocok dengan metode belajar menggunakan blog. Silahkan googling blog-blog yang sesuai.

Belajar Melalui Kursus Online

Sekarang ada banyak website yang menyediakan kursus online di bidang coding. Baik itu kursus pengembangan aplikasi website, android, desktop, iOS dan lainnya.

Biasanya terdapat juga kategori kursus untuk pemula, intermediate, dan advance. Tinggal kita pilih sesuai kebutuhan. Untuk biayanya beragam bahkan ada juga yang free.

Belajar Melalui Website Interaktif

Pilihan selanjutnya untuk belajar coding secara online yaitu melalui website belajar pemrograman interaktif. Yang paling terkenal dan lengkap adalah codecademy.com.

Sedangkan yang menggunakan bahasa indonesia ada juga codepolitan dan codesaya, namun hanya ada beberapa kategori bahasa pemrograman saja.

Belajar Melalui Channel Youtube

Youtube saat ini bukan hanya untuk media hiburan. Tapi kita juga bisa memanfaatkannya untuk mempelajari coding. Banyak sekali channel-channel baik dari dalam atau luar negeri yang menyajikan tutorial-tutorial belajar coding.

Jika kamu ingin belajar coding secara free alias modal kuota doang mungkin youtube bisa jadi pilihan yang tepat. Asalkan konsisten dan serius Insya Allah hasilnya akan terlihat meskipun hanya belajar melalui youtube.

Belajar Coding Secara Offline

belajar coding online
Sumber : https://ubiqum.com/

Metode selanjutnya untuk mempelajari pemrograman yaitu belajar secara offline. Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk belajar coding secara offline yaitu melalui :

  • Buku cetak atau ebook
  • Mengikuti kursus atau bootcamp

Belajar Melalui Buku Cetak atau Ebook

Kalau anda tipe orang yang suka belajar melalui buku cetak silahkan pergi ke toko buku terdekat dan cari buku-buku yang membahas pemrograman dasar.

Selain buku cetak bisa juga melalui ebook (bentuknya file pdf). Jika anda tertarik untuk belajar pemrograman android kami juga sudah menyediakan 4 ebook belajar android studio untuk pemula. Alhamdulillah saat ini sudah ada sekitar 1000 an orang yang mempelajarinya dengan feedback positif.

Mengikuti Kursus atau Bootcamp

Kelemahan belajar coding secara online yaitu kita tidak bisa langsung bertatap muka dan belajar langsung dengan mentornya. Maka jika kamu ingin belajar langsung dari pengajarnya kursus secara offlinelah pilihan yang tepat.

Lalu apa itu Bootcamp ?

Coding Bootcamp yaitu program kursus atau pelatihan dengan materi yang sudah disusun dengan kebutuhan industri. Durasi belajar coding di coding bootcamp biasanya cukup singkat. Singkat disini bukan berarti sehari langsung bisa ya.

Durasi yang ditempuh biasanya selama 3 bulan atau 6 bulan. Dengan sistem belajar full setiap harinya, kecual weekend. Namun sayangnya biaya untuk mengikuti bootcamp tidak murah loh. Kita harus rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta.

Coding bootcamp biasanya sudah bekerjasama dengan startup-startup atau perusahaan-perusahaan tertentu. Jadi ketika sudah lulus kita bisa disalurkan untuk bekerja di perusahaan teknologi atau startup tertentu.

Belajar Coding HTML

belajar coding html
Sumber : https://www.tentononline.com/

HTML sebetulnya bukan bahasa pemrograman. Namun untuk belajar pengembangan website dasar-dasarnya adalah harus belajar HTML. HTML digunakan untuk mendesain awal sebuah halaman website.

Dasar-dasar HTML yang harus dipelajari yaitu :

  • Tools yang digunakan
  • Struktur dasar HTML
  • Properti dokumen
  • Penggunaan heading
  • Format teks pada HTML
  • Format paragraf pada HTML
  • Pembuatan list atau daftar yang meliputi list berurutan, tidak berurutan, dan kombinasi antara keduanya
  • dan masih banyak lagi lainnya

Kamu bisa mempelajari materi dasar di atas pada tautan berikut ini : 15 Menit Memahami ” Apa itu HTML ” Secara Mendalam

Kami juga sudah merangkum beberapa tag HTML yang sering digunakan pada saat mengembangkan website. Berikut tautannya : 65 Tag HTML dilengkapi Fungsi dan Contoh Penggunaannya

Belajar Coding C++

Bahasa pemrograman C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Pada kurikulum belajar coding di SMK, bahasa pemrograman inilah yang dipelajari.

Selain di SMK masih banyak juga kampus dengan jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang menggunakan C++ untuk mempelajari bahasa pemrograman dasar atau pemrograman berorientasi objek.

Jika anda berminat untuk mempelajarinya pastikan alur pembelajarannya seperti berikut :

  • Memahami cara kerja pemrograman C++
  • Installasi tools yang digunakan seperti notepad, visual code, sublime text, dan lainnya
  • Memahami program dan compiler
  • Memahami processing, linking, dan compiling
  • Memahami printing dan console
  • Mehamai variable dan deklarasi
  • Memahami tipe data
  • dan masih banyak lagi lainnya

Salah satu tutorial dari channel youtube yang cukup bagus membahas C++ yaitu channel kelas terbuka.

Belajar Coding untuk Anak

Bisakah anak-anak mulai belajar pemrograman ?

Anak boleh saja mulai mempelajari coding atau pemrograman. Namun bukan seperti orang dewasa yang harus serius dan butuh konsenstrasi tinggi. Melainkan anak harus melalui pendekatan logika yang mudah dipahami. Jangan langsung yang rumit nantinya mereka tidak akan kenal lagi dengan coding.

Untuk mengasah skill coding sedari kecil kita bisa mengajarkannya melalui situs-situs belajar coding untuk anak yang interaktif dan menarik, di antaranya yaitu :

  • Scratch.com
  • Tynker.com
  • Waterbear.com

Penutup

Itulah uraian ringkas seputar panduan awal belajar coding untuk pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang ingin belajar coding juga.

Sumber gambar utama : https://thenextweb.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.