Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa

10 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Diburu

Bagi seorang mahasiswa, membeli sesuatu dengan uang dari hasil kerja sendiri tentu sangat memuaskan. Dia pastinya juga merasa bangga bisa memenuhi kebutuhan sendiri selama kuliah tanpa mengandalkan kiriman uang dari orangtua. Kini, kamu pun bisa kuliah sambil bekerja karena banyak lowongan pekerjaan freelance untuk mahasiswa.

Bekerja paruh waktu adalah pilihan yang paling tepat bagi mahasiswa, karena tidak terpaku waktu dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Banyak profesi sambilan yang tersedia dan mahasiswa tinggal memilih sesuai bidang yang dikuasai.

Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa

Setiap mahasiswa, apapun jurusannya, punya peluang untuk menjadi pekerja part-time di bidang tertentu tanpa mengganggu jadwal kuliahnya. Berikut pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa.

1. Penulis Lepas

Sumber : https://cdn.idntimes.com/

Saat ini banyak dibuka lowongan bagi penulis lepas seiring dengan semakin banyaknya website yang membutuhkan tulisan untuk mengisi konten website-nya. Seiring dengan pesatnya perkembangan internet, pembaca saat ini lebih memilih searching di website untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Mahasiswa yang punya kemampuan menulis bisa mengambil pekerjaan freelance online ini. Yakni, menjadi penulis paruh waktu untuk mengisi berita di portal atau media sosial. Hal ini sekaligus untuk menambah wawasan. Karena dengan menjadi penulis secara tidak langsung dipaksa untuk banyak membaca referensi untuk bahan tulisannya.

2. Fotografer

Jasa fotografer banyak dibutuhkan, terlebih saat ini semakin banyak media sosial yang menunjukkan momen-momen penting bagi pemiliknya. Banyak platform media  sosial menyewa fotografer profesional, karena mereka tidak ingin hasil fotonya terlihat asal jepret saja. Mereka ingin foto-foto momen pentingnya menarik perhatian (eye catching).

Jika jago foto, pekerjaan lepas ini perlu diambil, sekaligus mengembangkan bakat untuk menjadi fotografer profesional. Peluang ini  cukup banyak, misalnya memotret menu-menu makanan, acara ulang tahun, acara keluarga, acara pernikahan, dan lain-lain. Kamu pun bisa membuka usaha sendiri, sebagai agen penyedia jasa fotografer.

3. Penerjemah

Saat ini banyak mata kuliah yang menggunakan buku-buku berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Ini peluang bagi seorang mahasiswa yang menguasai bahasa asing untuk menjadi penerjemah paruh waktu. Beritahukan kepada teman-teman bahwa kamu membuka jasa terjemahan untuk materi kuliah yang disadur dari bahasa asing.

Menguasai bahasa asing memang menguntungkan. Selain menghasilkan uang dari menjadi translator lepas, kamu juga bisa sekaligus menambah pengetahuan. Sebab, menerjemahkan itu hakikatnya adalah proses belajar. Untuk seorang mahasiswa jurusan bahasa Inggris, melalui terjemahan akan semakin memperbanyak kosakata yang dikuasai.

4. Pemandu Wisata

Tinggal di daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi turis asing tentu menjadi “berkah” tersendiri bagi seorang mahasiswa yang ingin menjadi seorang pemandu wisata lepas. Menjadi part-time tour guide juga menjadi kebanggaan tersendiri ketika harus memperkenalkan keindahan daerahmu kepada wisatawan mancanegara.

Kerja freelance untuk mahasiswa di bidang pariwisata juga dapat mengasah kemampuan berbahasa asing. Yang tidak kalah penting adalah membantu pemerintah setempat dalam rangka memperkenalkan spot-spot wisata serta ragam budaya masyarakat yang menarik. Bayangkan, bisa jalan-jalan gratis, bisa berinteraksi dengan turis, dan diberi upah pekerja.

5. Desainer Grafis

pekerjaan freelance untuk mahasiswa

Saat ini banyak perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta, yang membutuhkan jasa desainer grafis.  Profesi ini merupakan pekerjaan seni yang hanya dikuasai oleh mereka yang berjiwa seni. Kalau kamu seniman dan kuliah mengambil jurusan desainer grafis, kerja sambilan sebagai perancang desain layak dicoba.

Menjadi pekerja lepas tidak harus bekerja di tempat orang. Seorang mahasiswa jurusan desain grafis bisa membuka jasa desain sendiri, misalnya pembuatan logo, website, spanduk, banner, kartu nama, dan lain-lain. Untuk mengawali usaha ini, kamu bisa promosi dengan membuat contoh desain untuk di-upload di media sosial.

6. Guru Les

Untuk mahasiswa yang sudah di semester akhir bisa mengambil pekerjaan sambilan menjadi guru les (tutor) bagi mahasiswa yang masih di semester awal. Di beberapa kampus, pekerjaan part time ini umumnya tersedia. Jika kamu menguasai materi-materi perkuliahan yang dibutuhkan mahasiswa junior, pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa ini layak dicoba.

Selain di kampus, untuk mahasiswa yang ingin kerja freelance juga bisa menjadi seorang tutor bagi anak-anak sekolah, dari SD hingga SMA. Soal materi, tentu lebih mudah, karena kamu pernah mempelajarinya. Pekerjaan ini juga terbuka bagi mahasiswa yang menguasai bahasa asing untuk mengajar di lembaga-lembaga kursus.

7. Waiter

Saat ini banyak dibuka kedai-kedai kopi (coffee shop) dan pengunjungnya pun selalu ramai. Ini sekaligus peluang bagi seorang mahasiswa untuk bekerja sebagai pelayan (waiter) lepas di kedai kopi tersebut. Menjadi waiter juga tidak terlalu berat, cukup membuatkan makanan dan minuman, lalu menyajikannya. Tapi kadang-kadang harus bersih-bersih kedai.

Pekerjaan sambilan untuk mahasiswa ini tidak akan mengganggu kuliah, karena masuk kerjanya bisa menyesuaikan jadwal kuliah. Kamu yang hobi nongkrong di cafe sambil minum kopi, pekerjaan paruh waktu ini sangat cocok, sekaligus sebagai tempat untuk mencuri ilmu bagaimana ‘meracik kopi’ yang pas.

8. Asisten Pribadi

Pekerjaan sebagai asisten pribadi cocok untuk seorang mahasiswa. Bagi mahasiswa yang punya jiwa supel dan menarik (smart) hendaknya tidak menyia-nyiakan, jika ada peluang untuk mengembangkan karir di bidang administrasi ini. Yakni, bekerja paruh waktu sebagai asisten pribadi.

Namun, tugas seorang aspri tergolong berat, karena tidak hanya mengurusi urusan bisnis melainkan juga urusan pribadi boss. Mengatur jadwal pertemuan, makan dengan  klien, hingga pesan tiket pesawat terbang adalah tugas seorang personal assistant. Pokoknya, seorang asisten pribadi harus siaga selama 1 x 24 jam untuk kepentingan boss.

9. Web Developer

pekerjaan freelance untuk mahasiswa

Untuk kamu yang memiliki skill untuk mengembangkan website maka inilah pekerjaan yang cocok. Pada situs-situs freelance di Indonesia ataupun di luar negeri cukup banyak lowongan untuk pekerjaan ini.

Saya pun memiliki teman seorang freelancer di bidang ini dan hasilnya lumayan. Dalam satu bulan bisa menghasilan  $1000  bahkan bisa lebih.

10. Android Developer

Selain web developer kemampuan mengembangkan aplikasi berbasis android saat ini juga cukup banyak dicari oleh perusahaan. Jelas saja karena menurut survey LinkedIn, android developer merupakan salah satu pekerjaan IT yang paling dibutuhkan pada tahun 2018.

Jadi jika kamu mempunyai skill untuk membuat aplikasi android, kamu bisa mencari pekerjaan freelancer dibidang tersebut dengan mudah.

Jika ingin belajar membuat aplikasi android dari nol sampai dengan upload ke playstore silahkan pelajari melalui 4 ebook yang sudah kami rilis dari tahun 2018. Klik banner di bawah ini untuk mempelajari selengkapnya.

Tips Bekerja Freelance Untuk Mahasiswa

Ada beberapa tips bagaimana seorang mahasiswa bisa sukses mendapatkan pekerjaan lepas sesuai yang diinginkan. Pertama, seorang mahasiswa yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan paruh waktu harus rajin-rajin melihat papan pengumuman atau website kampus. Kedua, pekerjaan part-time harus dimulai dari awal sebelum masuk kuliah.

Selanjutnya, ketiga, meskipun hanya pekerjaan sambilan, namun daftar riwayat hidup (CV) harus dipersiapkan dengan baik dan menarik. Keempat, sebelum melamar pekerjaan, perhatikan juga agar media sosial yang kamu miliki menggambarkan kelebihan dan profesionalisme.

Seorang mahasiswa yang cerdas akan memanfaatkan setiap peluang, termasuk peluang untuk bekerja lepas di bidang tertentu. Pekerjaan freelance untuk mahasiswa menawarkan fleksibilitas dari sisi waktu dan kemampuan mahasiswa itu sendiri. Bahkan, bekerja part-time sesungguhnya bisa menjadi batu loncatan untuk meraih impian masa depan.

Sumber gambar utama : https://techcrunch.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.