Skip to main content
apa itu coding

√ 5 Menit Memahami ” Apa itu Coding “

Profesi programmer atau developer aplikasi mobile dan web, saat ini tengah menjadi primadona bagi sebagian orang, khususnya orang-orang yang senang dengan dunia IT. Jika kamu tertarik dengan profesi tersebut maka langkah pertama yang harus ditempuh yaitu mempelajari dunia coding.

Apa itu coding ? Lalu bagaimana cara mempelajarinya ? Temukan ulasan lengkapnya melalui artikel menarik dibawah ini.

Apa itu Coding ?

Menurut youtube channel  Ricko En, Coding merupakan salah satu dari langkah-langkah pemrograman. Coding yaitu menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk sebuah program.

Program disini bisa disebut juga aplikasi. Jadi aplikasi yang sering kita gunakan setiap hari baik itu berbasis web, desktop, dan mobile adalah hasil dari proses coding.

Saat melakukan proses coding kita harus mengikuti syntax (aturan bahasa pemrograman). Sama seperti bahasa manusia, bahasa pemrograman juga memiliki tata bahasanya sendiri, sehingga komputer tidak akan memprosesnya jika perintah yang kita masukan tidak benar. Jika syntax yang kita tuliskan tidak sesuai maka program tidak akan berjalan.


Baca Juga : 


Jadi secara ringkas coding yaitu aktifitas atau kegiatan menulis kode-kode program pada komputer dengan bahasa pemrograman tertentu agar komputer atau perangkat mobile bisa melakukan apa yang kita inginkan.

 

Bahasa Pemrograman

Sebelum kita belajar coding ada baiknya kita memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari. Pada saat pemilihan bahasa pemrograman hendaknya disesuaikan dengan tujuan kita.

Misal jika kamu ingin belajar coding web development maka kamu bisa belajar bahasa pemrograman JavaScript, PHP, dan Ruby. Namun jika ingin membuat aplikasi berbasis android maka kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman Java, Kotlin, atau Dart.

Beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari yaitu :

  • JavaScritp
  • Java
  • Python
  • PHP
  • C++
  • Kotlin
  • Ruby
  • Dart
  • dan lain sebagainya

Selengkapnya silahkan pelajari pada tautan 16 Contoh Bahasa Pemrograman yang Paling Populer. 

 

Manfaat Coding

Setelah kita tahu apa itu coding pastinya kita ingin tahu juga apa manfaat dari belajar coding. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika sudah menguasai skill coding dengan baik yaitu :

Menciptakan Aplikasi yang Bisa Mengubah Dunia

Mark Zuckerberg adalah orang yang sangat menyukai dunia komputer dan internet, khususnya pemrograman atau coding. Dengan skill coding yang mumpuni dan visi misi yang besar akhirnya dia menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mengubah cara berinteraksi dan bersosialisasi miliaran orang di dunia melalui aplikasi yang dibuatnya yaitu Facebook.

apa itu coding
Proses membuat aplikasi android menggunakan android studio

Selain Facebook ada juga Gojek. Salah satu aplikasi anak bangsa yang memberikan sumbangsih besar untuk perekonomian Indonesia. Kegiatan kita sehari-hari saat ini sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi tersebut. Dari mulai bepergian, pesan makanan, kirim barang, dan lainnya.

So, salah satu cara jika kamu ingin membuat aplikasi sendiri atau bahkan mengubah dunia dengan teknologi informasi dan internet maka kuasailah coding.

Bekerja Secara Remote

Bekerja secara remote berarti melakukan pekerjaan tanpa harus datang ke kantor. Artinya kita bisa bekerja dimana saja ditempat yang kita sukai asalkan ada jaringan internet yang baik. Kerja remote saat ini sedang tren khususnya untuk kalangan programmer. Banyak perusahaan startup di Indoensia sudah mengijinkan karyawannya untuk bekerja secara remote.

Bahkan kini sudah banyak orang-orang Indonesia yang bekerja secara remote di perusahaan luar negeri sebagai programmer, developer app, atau profesi lainnya. Komunitas kerja remote juga cukup aktif di facebook. Coba saja cari degan kata kunci ” kerja remote “.

Menjadi Freelancer

Freelance adalah sebuah pekerjaan mandiri yang tidak terikat dengan perjanjian atau kontrak di antara pekerja dan orang yang memberikan pekerjaan. Dengan skill programming yang mumpuni kita bisa menjadi freelancer di bidang web atau app developer.


Baca Juga :


Freelancer memang tidak memiliki gaji yang menentu setiap bulannya. Namun, penghasilan freelancer bisa 10 kali lipat UMR Jakarta, bahkan bisa juga lebih dari nilai tersebut jika kita bisa menggaet klien yang banyak.

Kita bisa mendapatkan proyek pengembangan web ataupun mobile dari situs marketplace freelance seperti upwork.com, sribulancer.com, dan project.co.id. Ulasan lengkapnya silahkan pelajari pada ulasan yang sudah kami buat yaitu : 5 Menit Memahami ” Apa itu Freelancer ”

 

Contoh-Contoh Coding

Supaya tidak bingung kami akan tampilkan beberapa contoh coding menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Menampilkan Teks Hello World

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>My first PHP page</h1>

<?php
echo "Hello World!";
?> 

</body>
</html>

Hasilnya adalah :

Apa itu coding
Menampilkan teks menggunakan bahasa pemrograman PHP

Mendeklarasikan Variabel

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php
$txt = "Hello world!";
$x = 5;
$y = 10.5;

echo $txt;
echo "<br>";
echo $x;
echo "<br>";
echo $y;
?>

</body>
</html>

Maka hasilnya :

Apa itu coding
Variabel pada PHP

Form Validasi

<!DOCTYPE HTML>  
<html>
<head>
</head>
<body>  

<?php
// define variables and set to empty values
$name = $email = $gender = $comment = $website = "";

if ($_SERVER["REQUEST_METHOD"] == "POST") {
  $name = test_input($_POST["name"]);
  $email = test_input($_POST["email"]);
  $website = test_input($_POST["website"]);
  $comment = test_input($_POST["comment"]);
  $gender = test_input($_POST["gender"]);
}

function test_input($data) {
  $data = trim($data);
  $data = stripslashes($data);
  $data = htmlspecialchars($data);
  return $data;
}
?>

<h2>PHP Form Validation Example</h2>
<form method="post" action="<?php echohtmlspecialchars($_SERVER["PHP_SELF"]);?>">  
  Name: <input type="text" name="name">
  <br><br>
  E-mail: <input type="text" name="email">
  <br><br>
  Website: <input type="text" name="website">
  <br><br>
  Comment: <textarea name="comment" rows="5" cols="40"></textarea>
  <br><br>
  Gender:
  <input type="radio" name="gender" value="female">Female
  <input type="radio" name="gender" value="male">Male
  <input type="radio" name="gender" value="other">Other
  <br><br>
  <input type="submit" name="submit" value="Submit">  
</form>

<?php
echo "<h2>Your Input:</h2>";
echo $name;
echo "<br>";
echo $email;
echo "<br>";
echo $website;
echo "<br>";
echo $comment;
echo "<br>";
echo $gender;
?>

</body>
</html>

Hasilnya yaitu :

Contoh form validasi dengan PHP

IF dan Else

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php
$t = date("H");
echo "<p>The hour (of the server) is " . $t; 
echo ", and will give the following message:</p>";

if ($t < "10") {
    echo "Have a good morning!";
} elseif ($t < "20") {
    echo "Have a good day!";
} else {
    echo "Have a good night!";
}
?>
 
</body>
</html>

dan Hasilnya :

Penggunaan If dan else

While dan Loops

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php  
$x = 1;
 
while($x <= 5) {
  echo "The number is: $x <br>";
  $x++;
} 
?>  

</body>
</html>

Hasilnya adalah :

While dan Loops pada PHP

Untuk melihat lebih banyak contoh coding silahkan pelajari pada tautan : 29 Contoh Coding Java, C++, Javascript, HTML, dan PHP. 

Supaya lebih jelas silahkan pelajari contoh peng codingan membuat form kontak menggunakan HTML, CSS, dan PHP melalui video dibawah ini.

 

Belajar Coding Secara Otodidak

Tanpa harus sekolah atau kuliah jurusan IT, siapapun bisa mempelajari coding. Salah satu metode belajar coding yang umum digunakan adalah belajar secara otodidak. Kita bisa mempelajari coding sendiri di rumah ataupun di tempat  yang kita suka melalui :

  • Buku/ Ebook : Saat ini di toko buku sudah tersedia banyak sekali buku-buku yang membahas pengembangan aplikasi web, desktop, ataupun mobile dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu jika kamu ingin belajar melalui buku digital kamu bisa mendapatkannya secara gratis ataupun berbayar dari beberapa situs, tinggal ketik saja di google misal ” ebook belajar android studio “.
  • Website Gratis dan Interaktif : Beberapa situs yang menyediakan pembelajaran tentang web development yaitu : Codecademy, W3School, FreeCodeCamp, Coursera, dan Udemy. Untuk blog penyedia tutorial android studio contohnya adalah Badoystudio.com.

 

Belajar Coding HTML

Badoystudio.com juga sudah menyediakan tutorial belajar coding dasar dengan HTML. Untuk kamu yang ingin bergelut dengan dunia web development, maka HTML bisa jadi wajib untuk dipelajari pertama kali. Silahkan pelajari pada tautan berikut : Apa itu HTML ? Inilah Ulasan Lengkapnya. 

 

Belajar Coding Android

Jika kamu ingin mulai mempelajari coding untuk membuat aplikasi android dengan android studio silahkan pelajari melalui 4 ebook android studio best seller dari Badoystudio.com. Pelajari selengkapnya dengan klik banner dibawah ini.

Apakah Belajar Coding itu Susah ?

Banyak yang bertanya ” apakah belajar coding itu susah ? ” . Jawabannya ya Relatif. Namun yang harus diingat adalah mempelajari suatu keilmuan pasti ada gampang dan susahnya.

Seperti kita dulu waktu SD belajar perkalian pada Mapel Matematika. Awalnya mungkin susah, tapi lama kelamaan mudah juga. So pelajari saja dulu supaya kamu bisa menilai sendiri.

Penutup

Jadi sampai sini kamu sudah mengerti bukan apa itu coding melalui uraian diatas ? Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya juga.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.