Skip to main content

Android Studio VS Eclipse, Harus Pilih yang Mana ?

Membuat sebuah aplikasi berbasis mobile khususnya pada platform android saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit. Karena sudah hadir IDE atau Framework yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi android.

Para developer umumnya lebih memilih menggunakan IDE, seperti Eclipse dan Android studio. Kira-kira dari kedua IDE tersebut manakah yang lebih unggul dan cocok digunakan untuk belajar para pemula ?

Apa itu Eclipse dan Android Studio ?

Jika kamu belum tahu mengenai apa itu Eclipse dan Android Studio inilah ulasan singkatnya.

Eclipse

Menurut Wikipedia Eclipse yaitu IDE ( Integrated Development Environtment) yang digunakan oleh para developer untuk mengembangkan software multi platform( bisa dijalankan disemua platform).

Eclipse adalah IDE yang bisa pakai untuk membuat aplikasi berbasis desktop maupun web dengan bahasa pemrograman utama java. Eclipse juga mendukung bahasa pemrograman lain, diantaranya sebagai berikut :

  • C/ C++
  • Cobol
  • Python
  • dan lain-lain
android studio vs eclipse
Workspace Eclipse. Sumber : Youtube.com

Lalu apakah Eclipse bisa digunakan untuk membuat aplikasi android ?

Ya, betul sekali. Sebelum ada Android Studio, Eclipse digunakan oleh para developer android untuk membuat segala jenis aplikasi, seperti : permainan, kamus, resep, pesan, dan banyak lagi lainnya.

Google pun mendukung Eclipse dengan mengembangkan plugin Eclipse Android Developer Tool( ADT). Dengan adanya ADT, Eclipse bisa melakukan kompilasi dan test run project android.

Adapun versi-versi Eclipse diantaranya sebagai berikut :

No Versi  Rilis 
1 Eclipse 3.0 28 Juni 2004
2 Callisto 30 Juni 2006
3 Europa 29 Juni 2007
4 Ganymade 25 Juni 2008
5 Galileo 24 Juni 2009
6 Helios 23 Juni 2010

Baca Juga :


Android Studio

Sekarang giliran kita ulas apa itu android studio ?

Dilansir dari Wikipedia, android studio merupakan IDE yang dibuat khusus oleh Intellij IDEA untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi android. Android Studio sendiri berada di bawah naungan Google sebagai perusahaan Induk dari OS Android.

IDE ini diperkenalkan oleh Google pertama kali pada tahun 2013 di Acara Google I/O Conference. Sedangkan versi stabilnya dirilis pada akhir tahun 2014, yaitu versi 1.0. Versi stabil Android Studio pada saat ini, Juni 2019 adalah Android Studio versi 3.4.1.

Android studio vs eclipse
Workspace Android Studio. Sumber : Youtube.com

Dengan adanya Android Studio akhirnya Google menghentikan dukungannya secara penuh terhadap Eclipse pada tahun 2016, bersamaan dengan peluncuran android studio 2.2.

 

Pilih Android Studio atau Eclipse ?

Lalu IDE mana yang layak kita pakai untuk mengembangkan aplikasi android saat ini ?  Tentu saja Android Studio. Mengapa demikian ? berikut ini alasan-alasannya :

  • Android Studio di dukung penuh oleh Google selaku induk perusahaan dari OS Android
  • Kita bisa mengembangkan aplikasi android dengan bahasa pemrograman kotlin menggunakan android studio. Dimana kotlin tahun lalu baru saja di dukung penuh oleh Google sebagai bahasa pemrograman utama untuk membuat aplikasi android selain Java
  • Jika kita ingin belajar membuat aplikasi dengan Framework JavaScript atau Flutter, maka tetap harus menggunakan Android Studio
  • Tutorialnya cukup banyak, baik gratis ataupun berbayar
  • Grup facebook atau whatsappnya pun terbilang cukup aktif
  • Adanya dukungan belajar dari google melalui Event tahunan Indonesia Android Kejar (Program belajar membuat aplikasi android dari Google). Dimana pada event ini kita diharuskan menggunakan android studio.
  • Semua persyaratan kerja untuk profesi developer android, selalu mencantumkan “ mahir android studio “
  • dan alasan lainnya

Meskipun demikian, untuk menjalankan android studio sendiri kita membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi, minimal Ram 3 Gb dengan Prosesor Core i3. Untuk mengetahui fitur dan spesifikasi hardware secara lengkap silahkan akses tautan berikut : Apa itu Android Studio ? Inilah Ulasannya

 

Ingin Belajar Android Studio ?

Kami sudah menyediakannya. Silahkan kunjungi tautan dibawah ini :

Penutup

Sampai sini bagaimana apakah kamu sudah menemukan jawaban yang tepat dari 2 pilihan “ Android Studio atau Eclipse “. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol share sekarang juga.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.