Skip to main content

Apa itu Sistem Operasi Mobile ? Inilah Ulasan Lengkapnya !

Pernah menggunakan komputer atau laptop ? Pasti kenal dengan yang namanya Sistem Operasi (OS/ Operating System). OS komputer yang termahsyur saat ini adalah Windows, Linux, dan MacOs.

Apakah Sistem Operasi tersebut bisa juga digunakan pada smartphone atau perangkat mobile lainnya ? Ternyata tidak ! Smartphone, Tablet, dan Smartwarch ternyata menggunakan Sistem Operasi Mobile. Ingin tahu lebih dalam tentang sistem operasi mobile ? Simak ulasannya dibawah ini !

Pengertian dan Fungsi

Menurut Wikipedia Sistem Operasi Mobile atau sering disebut dengan istilah Mobile OS merupakan sistem operasi yang digunakan untuk mengatur sistem kerja hardware atau aplikasi pada perangkat mobile.

Sebetulnya mobile OS mirip dengan OS yang digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Hanya saja mobile OS, dibuat lebih sederhana lagi.

Secara lebih jelas fungsi sistem operasi mobile yaitu menghubungkan hardware (perangkat keras ) dengan user (pengguna). Selain itu Mobile OS jugalah yang mengatur sehingga suatu aplikasi yang terinstall bisa berjalan dengan baik.


Baca Juga : Pemrograman Mobile : Panduan untuk Pemula 


Sejarah Sistem Operasi Mobile

Mobile OS bukanlah salah satu teknologi yang baru. 20 tahun yang lalu teknologi ini sudah mulai dikembangkan dengan kemampuan awal yang sangat minim. Tidak seperti sekarang dimana Mobile OS bisa membuat perangkat mobile yang kita pakai setiap hari terkoneksi internet, merekam video, menampilkan maps, dan fitur-fitur lainnya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mempelajari evolusi Sistem Operasi Mobile yang dimulai dari tahun 1996 melalui Infograpik yang sudah dibuat oleh situs xcubelabs.com.

sistem operasi mobile
Infograpik perkembangan sistem operasi mobile. Sumber : xcubelabs.com

Atau jika ingin mempelajari historinya melalui video. Silahkan tonton melalui video yang telah diunggah oleh Channel Youtube : Lensa Manual.

 

Macam-macam Sistem Operasi Mobile

Dibawah ini merupakan jenis-jenis Mobile OS, diantaranya sebagai berikut :

OS Android

Android adalah rajanya mobile OS. Android memiliki berbagai macam versi yang dimulai dari tahun 2007. Uniknya mereka menamakan versi-versinya menggunakan nama makanan. Contohnya : cupcake, nougat, pie, dan oreo.

sistem operasi mobile
Google pixel merupakan salah satu ponsel yang memakai OS Android

Android saat ini bisa digunakan untuk berbagai macam perangkat mobile seperti Smartphone, Smartwatch, dan Smart Tv. Beberapa Smartphone yang menggunakan OS Android : Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

iOS

iOS adalah sistem operasi mobile yang diciptakan oleh perusahaan Apple. Nama sebelumnya adalah iPhone OS. Sistem Operasi ini khusus digunakan oleh perangkat-perangkat mobile buatan apple, yaitu : iPhone, iWatch, iPod, dan Apple TV.

Iphone X menggunakan iOS untuk sistem operasinya

OS ini pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan bersifat close sourced. Sehingga perangkat-perangkat dari vendor selain Apple tidak bisa menggunakan Mobile OS ini. iOS berada di urutan kedua dari Android dari sisi penggunanya saat ini.

KaiOS

Mobile OS ini dibangun dari reruntuhan Firefox OS yang merupakan OS untuk perangkat mobile namun telah dihentikan karena alasan ingin fokus terhadap perangkat smart TV.

Nah KaiOS bisa dibidang versi baru dari Firefox OS yang mana mobile OS ini lebih ditujukan untuk feature phone atau biasa kita sbut ponsel fitur. Featur Phone Nokia versi 8110 (Nokia Pisang) adalah salah satu ponsel genggam yang menggunakan KaiOS. Tidak hanya Nokia, vendor lain yang menggunakan OS ini yaitu Doro, Micromax, dan Bullit.

sistem operasi mobile
Nokia 8110 sudah menggunakan KaiOS

Meskipun KaiOS kalah pamornya dari Android dan iOS, namun Google melihat jika KaiOS memiliki peluang yang cukup bagus untuk ponsel fitur dan mendukung OS ini dengan menyuntikan dana seitar 134 Miliar.

BlackBerry OS

Mobile OS ini diciptakan oleh perusahaan RIM (Research In Motion) yang berasal dari Kanada. Smartphone Blackberry yang menggunakan OS ini sempat booming sebelum adanya android dan iOS. Pada tahun 2008 Blackberry mencapai puncak kejayaannya di Indonesia.

Smartphone Blackberry dengan Blackberry OS.

Ibu rumah tangga, pebisnis, pelajaran, dan pengguna lainnya sangat bangga jika menggunakan ponsel pintar ini, hal ini dipicu karena ada satu aplikasi yang populer dan sangat menarik untuk dipakai yaitu BBM (Blackberry Messenger). Blackberry mulai ditinggalkan oleh pengguna setelah boomingnya ponsel Android dan iOS.

Windows Phone

Windows Phone adalah Sistem Operasi Mobile yang diciptakan oleh perusahaan Microsoft. Meskipun saat ini masih ada smartphone yang masih menggunakan OS Windows Phone, namun perusahaan Microsoft akan menghentikan seluruh updatenya. Keputusan tersebut diambil karena kurangnya minat terhadap perangkat mobile dengan OS Windows Phone.

Nokia Lumia menggunakan Windows Phone 10 untuk OSnya

Bahkan perusahaan Microsoft pun menyarankan agar para pengguna smartphone ber OS tersebut untuk beralih ke smartphone dengan OS Android atau Ios. Padahal dulu Microsoft dan Nokia telah bekerjasama untuk mencoba keberuntungan di pangsa pasar Smartphone. Kemudian Nokiapun menggunakan Mobile OS Windows Phone untuk ponsel pintarnya. Nokia Lumia adalah salah satu smartphone yang menggunakan OS ini.

Symbian

Symbian dikembangkan oleh perusahaan bernama Symbian Ltd. OS ini dirancang untu perangkat mobile. Masih ingat dengan Nokia N Series ? Nah ponsel-ponsel tersebut menggunakan sistem operasi ini. Selain ponsel Nokia, beberapa vendor ponsel seperti Samsung, LG, dan Sony Ericsson juga menggunakan OS Symbian.  Saat itulah puncak kejayaan Symbian berlangsung.

Tizen OS

Sistem Operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Samsung. Dengan adanya Tizen mereka berharap bisa melepaskan diri dari ketergantungan terhadap OS Android besutan Google.

Tampilan UI dan UX Os Tizen

Sama seperti OS Android, Tizen juga bersifat Open Source dengan inti program dari Linux. Tizen versi 1.0 diluncurkan pada 2012 dengan kode nama Larkspur. Adapun smartphone-smartphone yang sudah menggunakan OS Tizen yaitu : Samsung Z1, Samsung Z2, dan Samsung Z4.

Fuchsia OS

Google sebagai perusahaan Induk dari OS Android saat ini ternyata sedang mengembangkan OS untuk masa depan yang bisa jadi ini adalah penerus dari OS Android. Fuchsia merupakan OS yang mampu berjalan di perang mobile seperti smartphone, tablet, dan laptop.

Tampilan UI dan UX Os Fuchsia

Menurut Bloomberg Fuchsia dibuat oleh Google untuk menyatukan seluruh perangkat-perangkat besutannya di bawah satu OS saja. Artinya smartphone, laptop, speaker, yang merupakan produk google akan menggunakan OS Fuchsia. Menurut rumor OS ini baru akan diluncurkan untuk perangkat mobile pada tahun 2024.

Selain sistem operasi di atas ada juga Mobile OS yang lebih dulu hadir seperti : badaOS, Web OS, Palm, dan lain-lain.

 

Kesimpulan

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu Sistem Operasi Mobile disertai dengan sejarah dan macam-macamnya. Kita tunggu Mobile OS apalagi yang akan booming setelah iOS dan Android. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya sekarang juga.


Feature Image : http://koran.sticken.co/mobile-os/


 

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.