Skip to main content

Aplikasi Web : Panduan untuk Pemula

Tahukah kamu menurut data Hootsuite jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 mengalami kenaikan 13% dari tahun 2018 yaitu sebesar 150 juta pengguna. Angka tersebut cukup besar bahkan tahun-tahun mendatang akan lebih besar.

Dengan perkembangan internet yang cukup pesat maka kehidupan kita semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai macam aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi web. Pada artikel ini kita akan mengupas lebih detail apa itu aplikasi web.

 

Pengertian dan Fungsi

Menurut Wikipedia Aplikasi web yaitu salah satu aplikasi komputer yang bisa diakses menggunakan browser melalui jaringan komputer seperti internet atau lokal (intranet) sebagai media transmisinya. Istilah lain dari aplikasi web yaitu Web Application/ Web App.

Ada juga pendapat lain yang dikemukakan oleh Rouse, 2011 memberikan kesimpulan jika aplikasi berbasis web merupakan sebuah program komputer yang tersimpan pada sebuah server kemudian ditransmisikan via internet lalu diakses oleh client menggunakan browser.

Fungsi utama dari aplikasi web yaitu digunakan untuk mengolah data secara cepat melalui jaringan internet. Dimana nantinya pengguna bisa mengakses data atau informasi yang mereka butuhkan melalui smartphone, laptop, dan pc dengan syarat perangkatnya harus sudah terinstall browser dan terkoneksi ke jaringan internet atau lokal.

 

Alur Kerja

Aplikasi Web
Alur Kerja Web App via netsec.id

Jika kita perhatikan gambar diatas terdapat 2 bagian penting daripada aplikasi web, yaitu server dan client.

  • Client : Komputer, PC, Laptop, dan smartphone yang terhubung ke sebuah jaringan bisa dikategorikan sebagai client pada web app. Perangkat-perangkat tersebut bisa mengakses aplikasi web melalui peramban (browser) contohnya google chrome, opera, dan lainnya.
  • Server : Merupakan perangkat komputer dengan spesifikasi tertentu dan bertugas menyimpan data-data atau informasi dari sebuah aplikasi web sehingga client bisa dengan mudah mengaksesnya.

Secara lebih rinci alur kerjanya yaitu sebagai berikut :

  • Data atau informasi sebuah web disimpan dalam bentuk dokumen dan ditampilkan berupa halaman-halaman (page web) . Semua data disimpan pada web server
  • Komputer atau perangkat lain yang digunakan oleh user akan bertindak sebagai client meminta halaman-halaman, lalu browser akan meneruskannya ke server
  • Kemudian server mengolah permintaan client
  • Setelah data atau halaman yang diminta oleh client ditemukan maka browser akan menampilkan halaman-halaman yang sudah diminta oleh client

Jika masih bingung silahkan pelajari contoh sederhananya :

  • Kita memiliki smartphone dan sudah terknoneksi internet
  • Saat hendak membuat nasi goreng kita mengakses google menggunakan opera mini untuk mencari “ cara membuat nasi goreng yang enak “
  • Nah google selaku aplikasi web akan menampilkan data-data yang kita minta dan kita memilih judul artikel yang ditampilkan oleh google
  • Terakhir website / blog akan menampilkan artikel cara membuat nasi goreng yang enak melalui browser yang kita gunakan

 

Contoh-contoh Aplikasi Web

aplikasi web
Tampilan Aplikasi Dapodik

Saat ini hampir semua bidang sudah menggunakan aplikasi web untuk pengolahan datanya. Adapun beberapa contoh dari web app yaitu :

  • Dapodik yaitu aplikasi yang digunakan untuk mendata kelembagaan dan kurikulum sekolah, data siswa, guru dan karyawan. Serta data sarana dan prasarana sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Web untuk pendaftaran SBMPTN dengan alamat web https://sbmptn.ltmpt.ac.id/, aplikasi ini berguna untuk pendaftaran siswa/ siswi yang ingin kuliah di Universitas-universitas yang ada di Indonesia.
  • Gmail atau Google Mail yaitu layanan web (sekarang sudah ada versi smartphonenya) yang diluncurkan oleh Google untuk membuat akun email, kirim dan terima email, melamar pekerjaan online, dan membuat akun media sosial atau yang lainnya.
  • dan masih banyak contoh lainnya

 

Jenis-jenis Aplikasi Web

Supaya lebih jelas mari kita pelajari jenis-jenis aplikasi berbasis web yang sering kita pakai untuk menunjang kegiatan kita setiap hari.

  • Web Jual Beli / Bisnis : Aplikasi ini digunakan untuk proses jual beli, penyewaan, lelang atau kegiatan bisnis lainnya. Contohnya yaitu : Ebay.com, Erafone.com, Bukalapak.com, Tokopedia.com, dan lainnya
  • Web Berita dan Informasi : Website ini biasanya berisi berita dan informasi terupdate. Contohnya adalah : Tribunnews.com, detik.com, kumparan.com, merdeka.com, dan banyak lagi lainnya.
  • Web Media Sosial : Dengan menggunakan web ini kita bisa melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Contoh web app media sosial yaitu : Facebook.com, twitter.com, dan lainnya.
  • Web Internet Banking : Web ini berfungsi untuk melakukan transaksi bank seperti transfer dan cek mutasi. Yang termasuk web ini adalah : klikbca.com dan ibank.bni.co.id
  • Web Pencarian ( Search Engine) : Dengan menggunakan search engine kita bisa melakukan pencarian apapun di internet dengan cepat. Contohnya : Google.com, yahoo.com, dan bing.com

 

Kelebihan dan Kelemahan

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kelemahan begitupun dengan aplikasi berbasis web ini.

Kelebihan :

  • Aplikasi dapat kita pakai pada sistem operasi apapun
  • Tanpa harus melakukan installasi pada perangkat mobile ataupun pc kita bisa menggunakan web app
  • Kita juga bisa mengakses atau menggunakannya di berbagai perangkat seperti PC, Laptop, Smartphone, dan Tablet
  • Perangkat yang kita pakai tidak harus memiliki spesifikasi tinggi ketika ingin menggunakan atau mengakses sebuah web app

Kekurangan :

  • Membutuhkan koneksi jaringan komputer seperti internet atau intranet
  • Membutuhkan keamanan tinggi pada web server agar tidak down dan selalu berjalan dengan normal

 

Cara Membuat Aplikasi Web

Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Untuk pemula silahkan pelajari terlebih dahulu HTML dan CSS.

HTML dan CSS adalah bahasa markup yang memiliki fungsi untuk mendasain tampilan website. Setelah itu pelajari bahasa pemrograman server, seperti PHP atau JavaScript. Satu lagi yang tak kalah penting adalah pelajari untuk pengaturan databasenya, contohnya menggunakan MySQL.

Jika tidak ingin ribet dengan proses pengkodingan, pilihan lainnya yaitu kita membuat website menggunakan CMS (Content Management System). Dengan CMS kita bisa membuat website hanya dengan drag and drop saja. Contoh CMS yang paling populer yaitu WordPress.

 

Kesimpulan

Demikianlah uraian ringkas mengenai aplikasi web. Silahkan pelajari kembali jika belum paham. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.