Skip to main content
pemrograman mobile

Pemrograman Mobile : Panduan Untuk Pemula

Tidak dipungkiri lagi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akhir-akhir ini sangatlah pesat. Salah satunya perkembangan perangkat mobile smartphone yang sudah tidak terbendung lagi. Setiap bulan pasti ada saja launching smartphone terbaru dari vendor-vendor besar seperti Samsung, oppo, vivo, dan lainnya.

Kitapun setiap hari tidak bisa lagi dipisahkan dengan perangkat mobile. Fenomena ini tentu saja mendatangkan keuntungan sendiri bagi dunia pemrograman, yaitu pemrograman mobile. Di artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu pemrograman mobile.

Apa itu Pemrograman Mobile ?

Pemrograman mobile merupakan gabungan antara kata ” pemrograman ” dan ” mobile. Istilah lainnya yaitu mobile programming. Pemrograman ini secara singkat memiliki makna proses menulis kode-kode program untuk membuat aplikasi yang ditujukan untuk perangkat bergerak (Mobile).

Jadi berbagai jenis aplikasi smartphone yang kita pakai setiap hari merupakan hasil akhir dari pemrograman mobile. Orang yang membuatnya disebut Mobile Developer, baik itu mobile android developer atau mobile iOS developer.

Macam-Macam Perangkat Mobile

Smartphone bukanlah satu-satunya perangkat mobile. Kata mobile disini memiliki arti ” perangkat komputer yang dapat dengan mudah digenggam oleh penggunanya “. Perangkat mobile sengaja dibuat dengan tujuan agar mudah dibawa kemanapun (Portable).

pemrograman mobile
Ilustrasi Smartphone via Idntimes.com

Adapun macam-macam perangkat mobile yaitu :

  • Handphone / Smartphone : Saat ini smartphone paling populer yaitu smartphone yang menggunakan sistem operasi android sedangkan iOS berada di urutan kedua setelah android.
  • Komputer Tablet : Meskipun saat ini tablet tidak sepopuler smartphone, masih banyak orang yang menggunakan tablet untuk menunjang pekerjaannya atau kegiatan sehari-hari.
  • Alat baca elektronik (E Reader) : Salah satu dari e-reader adalah kindle dari amazon. Dari dulu sampai sekarang kindle masih menjadi e-reader yang paling populer, meskipun ada e-reader dari vendor-vendor lainnya.
  • Smartwatch : Banyak orang kini sudah menggunakan jam tangan pintar. Meskipun kecil smartwatch sudah menggunakan mobile operating sistem seperti android dan iOS.
  • dan lainnya

Baca juga : Apa itu Aplikasi Mobile ? Inilah Ulasan Lengkapnya !


 

Sistem Operasi Mobile

Sistem Operasi Mobile (Mobile Operating System) yaitu perangkat lunak utama yang melakukan control terhadap perangkat mobile. OS ini memiliki banyak fungsi dan fitur seperti keyboard, email, sinkronisasi, memutar musik, kamera dan banyak lagi lainnya.

pemrograman mobile
Iwatch menggunakan sistem operasi iOS Via https://cdn.arstechnica.ne

Beberapa sistem operasi mobile yang populer yaitu :

  • Android : Sistem operasi android saat ini menduduki puncak paling atas dibandingkan dengan sistem operasi mobile yang lainnya. OS Android berada di bawah naungan Google, dimana android.inc (perusahaan pertama android) telah diakuisisi oleh Google dengan nilai dan fantastis. Hampir semua vendor smartphone besar dan terkenal sekarang menggunakan OS Android untuk mendukung perangkat smartphone mereka.
  • iOS : Iphone, Ipod, dan Apple TV menggunakan sistem operasi iOS. iOS merupakan sistem operasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan Apple. Sistem operasi ini cukup eksklusif, dimana hanya perangkat-perangkat dari Apple lah yang menggunakannya.
  • RIM (Blackberry) : Masih ingat kenangan menggunakan smartphone Blackberry ? Nah inilah sistem operasi yang digunakan, nama lainnya adalah BlackBerry OS. Dikembangkan oleh RIM yang mendukung layanan multitasking untuk produk-produk BlackBerry. Namun kepopuleran blackberry turun saat OS Android hadir. Salah satu penyebabnya karena aplikasi yang tersedia di Blackberry tidak sebanyak di smartphone yang menggunakan OS Android.
  • Windows Phone : Windows phone atau windows mobile adalah OS yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. OS ini dibuat untuk smartphone dan perangkat nirkabel lainnya. Dulu smartphone Nokia pernah menggunakan OS dari Windows, tepatnya Nokia Lumia.

Selain sistem operasi di atas ada juga sistem operasi mobile : Symbian, Tizen, Google Fuchsia (masih dalam pengembangan), dan lainnya yang tidak bahas disini.

 

Bahasa Pemrograman yang digunakan

Tidak semua bahasa pemrograman bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi mobile. Nah berikut ini adalah bahasa-bahasa pemrograman yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi mobile, yaitu :

  • Untuk membuat aplikasi mobile android kita bisa menggunakan bahasa pemrograman : Java, Kotlin, dan C++
  • Jika kita ingin membuat aplikasi mobile untuk perangkat iOS bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan adalah : Swift dan Objective C
  • Bahasa C# bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi untuk perangkat mobile windows.
  • Sedangkan jika kita ingin membuat aplikasi untuk dua perangkat sekaligus seperti android dan iOS istilah lainnya cross platform kita bisa menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, TypeScript, dan Dart. Tentunya dengan menggunakan framework-framwork yang sudah disediakan seperti : React Native, Flutter, dan lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Web : Panduan untuk Pemula 


Aplikasi Native, Hybrid, dan Web

Apakah dengan menguasai pemrograman mobile kita bisa membuat segala macam aplikasi mobile ? Tentu tidak. Ada 3 jenis aplikasi mobile yang bisa kita hasilkan dari pemrograman mobile, di antaranya yaitu :

  • Aplikasi Native
  • Aplikasi Hybrid
  • dan Aplikasi Web

Untuk mempelajari mengenai 3 aplikasi di atas silahkan kunjungi tautan berikut ini : Apa itu Aplikasi Native, Hybrid, dan Web ? Inilah Ulasannya

 

Tutorial Pemrograman Mobile Android

Jika kamu ingin mulai belajar membuat aplikasi android secara serius, maka mulailah pelajari cara membuat aplikasi menggunakan android studio. Saat ini sudah cukup banyak tutorial android studio dari badoystudio, diantaranya :

  • Cara Menginstall Java JDK
  • Cara Menginstall IDE Android Studio
  • Cara Menginstall SDK Android Studio
  • Cara Membuat Project Pertama di Android Studio
  • Membuat dan Menjalankan Emulator Android
  • dan banyak lagi lainnya

Silahkan pelajari tutorial-tutorial diatas dengan mengunjungi tautan : Belajar Android Studio Lengkap. Setelah itu kamu bisa membuat aplikasi-aplikasi android sederhana, seperti :

  • Cara Membuat Aplikasi Konversi Uang
  • Cara Membuat Aplikasi Wallpaper
  • Cara Membuat Kalkulator
  • dan banyak lagi lainnya

Kami juga menyediakan ebook untuk belajar membuat aplikasi android dengan android studio. Selengkapnya silahkan klik banner dibawah ini.

4 ebook tersebut di atas juga bisa dijadikan modul praktikum pemrograman mobile untuk para pengajar.

 

Kesimpulan

Itulah uraian ringkas mengenai pemrograman mobile. Semoga dengan artikel ini kamu bisa paham bahkan berniat untuk menjadi mobile developer android atau OS yang lainnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol share yang tersedia agar manfaatnya tersebar lebih luas lagi.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.