Skip to main content
apa itu programmer

Apa Itu Programmer ? Inilah Ulasan Lengkapnya

Saat ini keseharian kita sudah tidak bisa lepas dari yang namanya aplikasi. Baik itu aplikasi mobile, desktop, ataupun web. Tahukah anda siapa yang membuat aplikasi tersebut ? Programmer. Dialah yang menciptakan aplikasi. Tanpa panjang lebar di artikel ini kita akan mengulas apa itu programmer ?

 

Apa itu programmer ?

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau skill menulis dan merancang (syntax/ kode) program-program komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer (java, php, javascript dll).



Semua aplikasi atau os (operating system) yang kita gunakan setiap hari baik itu aplikasi mobile (android/ ios), website, dan desktop dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Untuk ulasan tentang pemrograman dan bahasa pemrograman sudah dibahas pada artikel : Panduan awal belajar pemrograman dalam 15 menit.

 

Tugas programmer

Lalu apa tugas seorang programmer ? Dari pengertian diatas kita sudah bisa menyimpulkan jika tugas programmer adalah mengembangkan aplikasi yang meliputi :

  • Mendefinisikan kebutuhan
  • Merancang flowchart
  • Menulis kode program
  • Mendebugging
  • Menguji program

 

apa itu programmer

Contohnya kita akan membuat sebuah program aplikasi ujian online maka uraiannya akan seperti berikut :

  • Mendefinisikan kebutuhan : Aplikasi yang akan dibuat nantinya akan di jalankan pada platform apa ? Contoh, aplikasi yang kita buat ini akan digunakan pada platform web. Maka nantinya program akan dijalankan pada komputer ber os : windows versi berapa, linux, mac os dan lainnya dengan browser tertentu. Selain itu kita juga butuh komputer dan tools lainnya untuk membuat programnya.
  • Merancang flowchart : Setelah kebutuhan program sudah terpenuhi. Kita buat alur programmnya. Kebanyakan programmer membuat flowchart terlebih dahulu sebelum membuat sebuah program aplikasi. Untuk contoh pembuatan flowchart bisa dipelajari pada artikel : 21 contoh algoritma dan flowchart.
  • Menulis kode program : Alur sudah terbentuk. Saatnya mengubah flowchart menjadi program menggunakan bahasa pemrograman (kode-kode program) tertentu.
  • Mendebugging : Debug adalah proses mencari kesalahan dari program yang sudah ditulis.
  • Menguji program : Selanjutnya kita akan menguji program yang sudah jadi ke pengguna. Biasanya sebelum dirilis ke publik. Program dirilis dalam versi beta

 

Gaji seorang programmer

Saat ini profesi programmer sangat-sangat digandrungi dan peluangnya pun cukup banyak. Bukan tanpa alasan karena gaji seorang programmer saat ini sangat menjanjikan. Tapi kembali lagi kepada kamampuan yang dimiliki oleh seorang programmer.

penghasilan android developer

Programmer junior (pemula) yang bekerja diperusahaan startup atau menengah ke atas bisa mendapatkan gaji rata-rata 4-8 juta. Sedangkan programmer senior dengan skill dan pengalaman yang sudah cukup mumpuni bisa mengantongi gaji 8-20 juta. Penulis juga sudah merangkumnya pada artikel : 16 Prospek kerja sistem informasi dengan gaji yang menjanjikan

 

Apakah pekerjaan seorang programmer itu membosankan ?

Banyak orang yang bilang kalau menjadi programmer itu akan membosankan. Tentu saja setiap orang punya persepsi masing-masing. Setiap pekerjaan sama saja. Kadang bikin happy dan kadang membosankan. Namun kalau kita bekerja sesuai passion dibidang programmer maka kita akan enjoy-enjoy saja.

Lalu bagaimana jika saya tidak ada passion di dunia programming namun ingin menjadi programmer ? Gampang nikmati dan syukuri saja pekerjaan tersebut. Hehe dan yang pasti jangan berhenti belajar karena dunia  IT khususnya programming itu selalu update.

Jadi sebetulnya banyak alasan seseorang menjadi programmer. Enah itu karena passion, kebutuhan, peluang kerja berikut gajinya yang tinggi, bisa kerja remote, dan banyak lagi lainnya.

 

Contoh-contoh programmer yang sukses

apa itu programmer

Tidak lengkap rasanya jika membahas apa itu programmer tanpa menyebutkan beberapa programmer yang sukses. Programmer yang telah meraih sukses besar diantaranya :

  • Mark Zuckerburg : Dengan skill programming yang dimilikinya dia membuat facemash yang sekarang berubah menjadi media sosial dengan jumlah terbesar di muka bumi. Apalagi kalo bukan facebook.
  • Bill Gates : Ketekunannya didunia programming membuahkan Microsoft perusahaan yang menaungi sistem operasi windows dan Microsoft Office.
  • Evan Spiegel : Pencipta aplikasi snapchat. Snapchat sendiri merupakan salah satu perusahaan dengan nilai jutaan dollar yang cukup fantastis.
  • Jan Koum : Dialah pencipta whatsapp salah satu aplikasi yang hampir 24 jam selalu online dan kita gunakan untuk bertukar pesan teks, suara, emoji, image bahkan telepon dan video call. Whatsapp sendiri sudah diakuisisi oleh facebook dengan nilai $19 milliar pada tahun 2014.

 

Kesimpulan

Semoga artikel ini cukup membantu kamu untuk memahami tentang apa itu programmer, gaji programmer, dan alasan menjadi programmer. Di artikel lain kita akan membahas bagaimana cara menjadi programmer handal dan profesional.

Semoga bermanfaat jangan lupa bagikan ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.