konsep sistem informasi

Memahami Konsep Sistem Informasi, Komponen, dan Manfaatnya

Di era yang sudah sangat modern seperti ini, kamu wajib memahami konsep sistem informasi. Bagaimanapun, suatu sistem bisa memudahkan kamu dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tuntas apa itu sistem informasi.

Secara garis besar, kita tentu sudah sering mendengar apa itu sistem, bukan? Kehidupan selalu penuh dengan sistem-sistem tertentu. Sektor pendidikan mempunyai sistemnya sendiri. Sistem juga berlaku untuk sektor perekonomian, teknologi, dan lain sebagainya. Lalu, sudahkah kamu tahu apa yang dimaksud dengan sistem?

Pengertian Konsep Sistem Informasi

Sebelum membahas materi dan dasar sistem informasi secara detail, pertama-tama kita harus paham dulu apa itu sistem. Sistem merupakan sekelompok unsur-unsur yang saling berhubungan satu sama lain demi mencapai tujuan tertentu. Suatu sistem mungkin juga bagian dari sistem lain yang lebih besar. Dalam kategori tertentu, sistem juga bisa diartikan sebagai sebuah metode untuk mencapai tujuan.

Selanjutnya, informasi secara umum dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data. Sebuah informasi disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami sehingga bisa berguna untuk si penerima informasi. Informasi di dalamnya berisi tentang gambaran suatu kejadian yang nyata yang dipakai untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Dari penjelasan di atas, sistem informasi bisa didefinisikan sebagai organisasi yang secara teratur mempertemukan kebutuhan pengolahan data transaksi harian. Sistem informasi digunakan untuk mendukung fungsi sebuah organisasi yang sifatnya manajerial. Sistem informasi erat kaitannya dengan kegiatan strategis.

Dalam sebuah organisasi, sistem informasi bisa berupa sistem yang menyediakan semua informasi yang bermanfaat untuk seluruh tingkatan dalam organisasi tersebut. Di era yang sudah modern seperti ini, sistem informasi yang ideal harus bisa menyajikan data valid yang bisa diakses kapan saja informasi tersebut dibutuhkan.

Komponen-Komponen yang Ada dalam Sistem Informasi

Setelah memahami konsep sistem informasi, selanjutnya kamu juga harus paham komponen-komponen apa yang ada di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebuah sistem informasi harus bisa menyimpan, mengolah, mengambil, mengubah, serta mengkomunikasikan sebuah informasi. Supaya kebutuhan tersebut terpenuhi, setidaknya sebuah sistem informasi harus berisi beberapa komponen berikut.

Sumber : https://www.economist.com/

Sistem informasi terdiri dari delapan komponen yang membentuk sebuah building block. Komponen-komponen tersebut meliputi input, output, model, teknologi, hardware, software, basis data, dan kontrol. Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman jurnal sistem informasi berikut ini.

Komponen Input

Hal-hal yang masuk dalam komponen input ini meliputi kumpulan data-data. Dalam komponen ini, harus ada semacam metode serta media untuk mengumpulkan data-data yang nantinya akan diolah menjadi informasi. Data yang akan dimasukkan bisa berupa dokumen-dokumen dasar.

Komponen Model

Selanjutnya, sistem informasi juga membutuhkan komponen model. Komponen yang satu ini terdiri dari kombinasi antara prosedur, logika, serta model matematik yang berfungsi memanipulasi dan mengolah data input atau data yang tersimpan. Setelah melalui komponen ini, diharapkan data yang diolah akan menghasilkan keluaran atau informasi yang diinginkan.

Komponen Output

Setelah melalui komponen model, data atau informasi keluar melalui komponen output. Dalam komponen output, informasi yang keluar sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Semua pemakai sistem bisa menggunakan data yang berkualitas tersebut.

Komponen Teknologi

Teknologi menjadi semacam tool box dalam sebuah sistem informasi. Teknologi ini digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan sekaligus mengakses data, menghasilkan keluaran, hingga membantu pengendalian dari seluruh sistem. Teknologi yang canggih adalah modal utama sebuah sistem.

Komponen Hardware

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk alat penyimpanan informasi. Hardware adalah tempat menampung database untuk memperlancar kerja sistem informasi.

Komponen Software

Software atau perangkat lunak merupakan tempat yang berfungsi untuk mengolah, menghitung, sekaligus memanipulasi data. Software mengambil data dari hardware untuk menciptakan sebuah informasi berkualitas.

Komponen Basis Data

Seperti namanya, basis data merupakan data-data yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Kumpulan data ini tersimpan di perangkat keras. Data tersebut kemudian diolah di perangkat lunak untuk memanipulasinya.

Data di basis data perlu diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan informasi yang berkualitas. Pengorganisasian basis data yang bagus dapat bermanfaat pula untuk efisiensi kapasitas penyimpanan. Basis data ini bisa diakses atau diolah melalui perangkat lunak yang disebut dengan Database Management System (DBMS).

Komponen Kontrol

Komponen terakhir yang harus ada dalam sistem informasi adalah komponen kontrol. Dalam sebuah sistem, ada banyak faktor yang berisiko untuk merusak sistem informasi. Faktor-faktor seperti bencana alam, temperature, debu, hingga kegagalan dalam sistem berpotensi merusak sistem informasi. Untuk itu, kamu tetap membutuhkan pengendalian untuk menghindari risiko kerusakan sistem. Komponen kontrol inilah yang punya tugas tersebut.

Dalam komponen kontrol, terdapat beberapa pengendalian yang harus dirancang. Pengendalian ini disusun untuk memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang bisa merusak sistem. Kalaupun ada, sistem kontrol harus punya solusi untuk mengurangi dampak kerusakan.


Baca juga : 


Manfaat Sistem Informasi

Makalah tentang sistem informasi memang bisa sangat panjang. Sebagaimana sebuah sistem, unsur-unsur di dalamnya pasti rumit dan harus diorganisasi sedemikian rupa. Delapan komponen yang sudah dijelaskan di atas adalah modal utama untuk memahami sistem informasi.

konsep sistem informasi
Sumber : https://markey.id/

Jika kamu masih merasa belum paham juga, silahkan pelajari lebih lanjut tentang materi sistem informasi pdf. Penjelasan dalam jurnal ilmiah mungkin bisa membantumu untuk lebih memahami apa itu sistem informasi.

Di toko buku, Anda juga bisa menemukan banyak pengertian tentang sistem informasi. Buku-buku tersebut bisa jadi sumber rujukan lengkap untuk mencari tahu sistem yang rumit ini. Terakhir, kami akan membagikan tentang manfaat sistem informasi. Setelah mengetahui manfaatnya, kamu mungkin lebih semangat untuk mencari tahu cara membuat sistem informasi yang baik.

Secara garis besar, sistem informasi bermanfaat untuk menyajikan informasi yang berfungsi untuk mendukung operasi harian. Dengan menggunakan sistem informasi yang canggih, sebuah perusahaan bisa menghemat biaya operasional, mengurangi risiko kesalahan, serta meningkatkan kinerja harian. Sistem informasi yang canggih sangat diperlukan untuk meningkatkan perencanaan serta pengendalian manajemen.

Penutup

Demikian adalah informasi lengkap tentang konsep sistem informasi. Pada dasarnya, setiap sektor kehidupan sangat membutuhkan sistem informasi. Untuk itu, kamu wajib memahaminya dengan benar.

Sumber gambar utama : binus.ac.id

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.