Skip to main content

Memahami Struktur Data Dalam 10 Menit

Saat ini bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh berbagai kalangan. Dalam bahasa pemrograman sendiri, ada istilah Algoritma dan Struktur Data.

Apa itu sebetulnya algoritma dan struktur data? Dalam ilmu komputer dan matematika, Algoritma adalah urutan atau langkah untuk melakukan perhitungan atau dapat juga digunakan dan diimplementasikan untuk memecahkan masalah yang ditulis secara berurutan.

Jadi, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Kenali Algoritma & Struktur Data Lebih Dekat

Didalam ilmu komputer, pemahaman tentang struktur data yang berkembang selama ini yaitu cara menyimpan, mengatur, dan mengelola data dalam media penyimpanan komputer sehingga data dapat digunakan secara efisien.

Sedangkan jika didefinisikan lebih jauh lagi, pengertian struktur data merupakan tata letak data yang berisi kolom data, baik kolom yang terlihat oleh pengguna atau kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna.

Setiap baris kumpulan kolom disebut catatan. Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai dengan input pengguna dan ada juga kolom yang lebarnya diperbaiki.

Sesuai sifatnya, struktur data dapat diterapkan untuk pemrosesan basis data, misalnya untuk tujuan data keuangan, atau untuk pengolah kata. Strutur data ini kolomnya berubah-ubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat dalam spreadsheet, database, pengolah kata, gambar terkompresi, dan mengompresi file dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

struktur data
Contoh tabel yang berisi kolom dan baris . Sumber : https://shrekk.files.wordpress.com

Kemudian jika kita menganalogikan pemahaman algoritma ini ke tingkat yang lebih spesifik, maka algoritma dapat diartikan sebagai kumpulan langkah-langkah. Algoritma di dunia nyata dapat mencakup bahasa apa pun.

Contoh dari algoritma yaitu : Ketika Anda ingin pergi ke sekolah, kuliah atau bekerja, mulai dari bangun tidur, terus mandi, kemudian sarapan, kemudian pergi dengan kendaraan sampai Anda tiba di tujuan.

Dalam pemrograman komputer, hal yang paling penting untuk dipahami adalah bagaimana logika kita dalam memproses pola pikir untuk menemukan solusi, inovasi, dan bahkan untuk menyelesaikan masalah pemrograman yang akan dibuat itu secara berurutan.

Contoh lainnya yaitu banyak masalah matematika mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

struktur data
Contoh algoritma. Sumber : badoystudio.com

 

Ketahui dan Pahami Dasar-Dasar Algoritma dan Struktur Data

Tetapi jika kita menggambarkannya dengan cukup rinci, definisi struktur data dibagi menjadi dua kata yang terpisah, masing-masing memiliki tujuan, arah, dan fungsi sendiri.

Dalam hal ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan, mengatur, dan mengelola data dalam media penyimpanan komputer sehingga data dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom data, baik kolom yang terlihat oleh pengguna atau kolom yang hanya digunakan untuk tujuan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna.

Setiap baris kumpulan kolom disebut catatan. Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai dengan input pengguna dan ada juga kolom yang lebarnya diperbaiki.

 

Jenis-Jenis

Dalam perkembangannya ada beberapa jenis-jenis struktur data yang perlu kita ketahui. Lalu apa saja sih jenis-jenis struktur data yang harus kita pahami itu. Berikut beberapa jenis-jenis struktur data.

Sederhana

Jenis struktur data sederhana dibagi menjadi kebeberapa lingkup kecil lagi. Strukdur data sederhana dibagi menjadi dua.

Struktur data
Contoh array dan record. Sumber : Duniailkom

Array

Array adalah struktur data statis yang menyimpan satu set elemen dengan tipe yang sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks array harus berupa tipe data yang menyatakan urutan, misalnya: integer atau karakter. Jumlah elemen array harus diketahui sebelum program dijalankan. Tipe elemen array dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur atau tipe array lainnya. Nama array lainnya adalah array, tabel, atau vektor.

Record

Struktur data record adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa bidang dengan berbagai jenis data.

 

Majemuk

Pada perkembangan selanjutnya, struktur data dibuat semakin kompleks. Dari struktur data yang sederhana kini mejadi struktur data majemuk. Pada struktur data majemuk ada yang linear dan non-linear.

Contoh multilist. Sumber : http://blog.gentra.xyz/2011/12/contoh-program-multi-list-competition.html

Majemuk Linear

Stack

Stack adalah daftar linear yang dikenal sebagai elemen puncak (top). Aturan penyisipan dan penghapusan elemen tertentu (penyisipan selalu dilakukan “atas” (top) dan penghapusan selalu dilakukan pada “atas”). Karena aturan penyisipan dan penghapusan seperti itu, “top” adalah satu-satunya alamat di mana operasi terjadi. Elemen terakhir yang ditambahkan akan menjadi elemen yang akan dihapus.

Queue

Queue adalah daftar linier yang dikenali sebagai elemen pertama (head) dan elemen terakhir (tail). Penghapusan elemen didefinisikan sebagai penyisipan setelah elemen terakhir. Penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama dengan satu elemen dapat diakses melalui informasi “next”.

List dan Multi List

Daftar dan Multi Daftar adalah sekumpulan daftar linier dengan elemen-elemen dengan tipe yang sama. Daftar ini memiliki urutan tertentu, yang masing-masing elemen terdiri dari 2 bagian.

 

Majemuk Non-Linear

Pada struktur data majemuk non-linear dibagi mejadi dua. Berikut 2 pembagian strutur data majemuk non-linear.

Contoh tree dalam bahasa java. Sumber : https://tutorialpemrograman.files.wordpress.com

Binary-Tree (Pohon Biner)

Binary-Tree adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari simpul yang disebut root. Pohon biner terdiri dua himpunan terpisah yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub-pohon kiri dan sub-pohon kanan pohon biner yang merupakan .

Pohon biner adalah jenis struktur data yang sangat penting dan sering ditemukan dalam berbagai aplikasi. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul memiliki paling banyak dua anak, dan mungkin tidak memiliki anak. Istilah yang digunakan sama dengan istilah pada pohon pada umumnya.

Grafik

Struktur data grafik adalah yang paling umum. Jika struktur linear memungkinkan kita untuk mendefinisikan keterhubungan yang berurutan antara entitas data. Maka pada struktur pohon data memungkinkan kita untuk mendefinisikan keterkaitan data secara hierarkis. Maka pada struktur grafik memungkinkan mendefinisikan koneksi tak terbatas antara entitas data.

 

Penutup

Begitulah pembahasan singkat tentang memahami struktur data dalam 10 menit. Sekarang kalian sudah paham dengan struktur data itu penjelasannya bagaimana kan? Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya.


Sumber Gambar Utama : Medium.com


 

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.