Badoy Studio

contoh sistem informasiSumber : https://medium.com/@AbdulHassan0021/management-information-systems-b46c19f952a9

Perkembangan zaman menyebabkan perkembangan teknologi melaju luar biasa pesat. Bila dahulu hanya ada teknik informasi sebagai wahana mempelajari komputer sekarang ada banyak sekali. Salah satu yang tidak kalah populer adalah sistem informasi yang ternyata contoh sistem informasi tersebut sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Apa itu Sistem Informasi?

Pembahasan utama yaitu mengenai apa yang dimaksud sistem informasi? Secara bahasa sistem berarti kumpulan dari beberapa orang, atau orang yang bekerja bersama secara terarah untuk mencapai suatu tujuan. Informasi adalah kumpulan data yang diproses untuk menjadi lebih berguna.

Dari kedua hal tersebut sistem informasi bisa diartikan sebuah sistem yang di dalamnya terdapat kumpulan informasi. Kumpulan informasi ini memiliki hubungan operasional terhadap organisasi atau kelompok. Nantinya hal ini digunakan dalam pengambilan keputusan yang diperlukan.

Contoh – Contoh Sistem Informasi

Setelah mengetahui pengertian dari sistem informasi, hal selanjutnya yang akan dibahas adalah contoh sistem informasi. Sadar atau tidak bahwa sangat banyak penerapan contoh sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh tersebut diantaranya diterapkan dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dll, diantaranya.

1. E-Learning

contoh sistem informasi
Sumber : https://techinsight.com.vn/

Ini adalah contoh pertama dari sistem informasi yaitu dalam bidang pendidikan. E learning atau electronic learning merupakan sistem informasi yang diterapkan dalam sekolahan. Penerapan sebuah data yang diproses dan disebarkan melalui teknologi.

Banyak sekali manfaat dari hadirnya sistem informasi di bidang pendidikan ini, diantaranya kemudahan. Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya berupa penghematan waktu, tapi juga penghematan kertas. Karenanya contoh dari sistem informasi ini sangat berguna dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. E-Banking

contoh sistem informasi
Sumber : http://www.khcbonline.com/

Sistem informasi ini digunakan di bank. Pihak yang mengelola sistem informasi ini biasanya adalah pihak pekerja bank yang terkait. Orang-orang tersebut adalah orang yang memang mengerti penggunaan sistem informasi ini.

Cara kerja e banking ini sangat mudah, contohnya SMS Banking. Untuk melakukan transaksi dengan metode ini seseorang hanya harus mengirimkan SMS dengan format tertentu. Lalu nantinya format ini akan dikirimkan ke nomor yang sudah ditentukan, jadi seseorang tidak perlu repot pergi ke bank.


Baca juga :


3. E-Commerce

contoh sistem informasi
Sumber : id.techinasia.com

Contoh penerapan sistem informasi selanjutnya adalah e commerce atau perdagangan online. Ini mungkin salah satu contoh yang paling banyak diterapkan dan dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali layanan e commerce yang tersebar di masyarakat Indonesia pada masa sekarang.

Perdagangan online ini cara kerjanya juga mempermudah proses perdagangan yang ada. Metode kerjanya pun mudah dimana seseorang hanya perlu memasukkan pencarian barang yang diinginkan lalu pilih beli. Nanti komponen sistem informasi berupa output akan muncul yakni barang yang dibeli tadi.

4. Sistem Layanan Mahasiswa

Sumber : apkpure.com

Selanjutnya sistem informasi yang penerapannya ada di dalam kampus. Sistem layanan mahasiswa ini diciptakan bertujuan untuk memudahkan kegiatan mahasiswa dalam kegiatan kampusnya. Salah satu kegiatannya adalah memperoleh hasil dari kegiatan akademis berupa test atau kegiatan lainnya.

Selain itu sistem ini juga dapat memudahkan pendaftaran mata kuliah yang diinginkan di setiap semesternya. Para mahasiswa tidak perlu untuk datang langsung ke kampus untuk melakukan kegiatan tersebut. Mahasiswa-mahasiswa ini hanya cukup untuk membuka aplikasi yang tersedia.

5. Booking Online

Sumber : https://sales-sandiegohills.com/

Selanjutnya adalah sistem informasi dalam melakukan pemesanan secara online. Pemesanan yang dapat dilakukan melalui online ini beragam bisa berupa tiket transportasi, tiket konser, dan hotel. Selain hal-hal ini masih banyak lagi hal lainnya yang dapat dipesan melalui online bisa berupa website atau aplikasi.

Cara kerjanya pun sangat mudah, seseorang hanya perlu memilih hal apa yang ingin dipesan secara online. Nantinya seseorang tersebut akan mendapatkan bukti berupa pemesanan yang berhasil dilakukan. Setelah bukti tersebut didapatkan, orang tersebut bisa langsung menukar tiket yang ada.



6. Video Call

Sumber : https://www.thesun.co.uk/

Ini adalah sistem informasi yang tempat penerapannya ada di handphone. Cara kerjanya sangat luar biasa mudah tinggal mendownload aplikasi yang menyediakan fasilitas video call. Selanjutnya tinggal melakukan pendaftaran melalui nomor telepon.

Pada zaman sekarang banyak sekali aplikasi yang menyediakan fasilitas video call bahkan fasilitas tersebut sudah merupakan bawaan dari handphone. Biasanya fasilitas video call ini menjadi satu dengan aplikasi chatting yang menggunakan kuota internet sebagai sarananya. Sehingga untuk melakukan video call ini pastikan kamu memiliki koneksi internet.


Baca juga : 


7. Enterprise Resource Planning (ERP)

Sumber : https://www.pengadaan.web.id/

Ini merupakan contoh sistem informasi manajemen perusahaan yang tidak banyak masyarakat awam tahu. Pada kenyataannya sistem informasi ini banyak digunakan oleh beberapa perusahaan karena memudahkan kegiatan mereka. Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan sistem ini.

Sistem ini berfungsi dalam hal monitoring atau pengawasan terhadap manajemen perusahaan. Selanjutnya sistem ini juga terhubung dengan bidang unit pekerjaan keuangan, pemasaran, operasional, dan lain-lain. Hal-hal yang biasanya dilakukan dan membutuhkan waktu yang lama sekarang sudah bisa dilakukan secara singkat.

8. Transaction Processing System

Transaction processing system atau yang dikenal dengan TPS ini merupakan sistem informasi lainnya yang diterapkan di perusahaan. Sistem informasi ini memiliki fungsi untuk memproses data yang besar dan biasanya data tersebut digunakan secara rutin. Data tersebut biasanya berupa transaksi gajian, dan sejenisnya.

Selain gajian ada banyak hal lainnya yang bisa digunakan dari proses sistem ini. Sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem informasi ini baik di bidang swasta maupun negeri. Salah satu yang sudah menggunakan sistem informasi ini adalah kantor pemerintah di wilayah Pemprov Jawa Timur.

9. Artificial Intelligence

Sumber : https://www.gettingsmart.com/

Salah satu sistem informasi ini tadinya lebih banyak digunakan perusahaan. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini sangat memudahkan proses transaksi yang ada di perusahaan. Melihat kecanggihan A.I ini tidak heran jika banyak yang menerapkan hal ini pada tempat lainnya.

Mungkin yang paling banyak dan paling sering didengar adalah A.I ini diterapkan di handphone. Pada dasarnya cara kerja sistem ini yaitu memecahkan masalah yang ada dengan pengetahuan dari para tenaga ahli yang telah dimasukan ke dalamnya. Jadi sistem yang diproses untuk menghasilkan informasi ini masih berasal dari manusia juga.

Contoh Lainnya

  • Sistem Informasi Manajemen (SIM): Digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis informasi yang berkaitan dengan operasi organisasi, seperti penjualan, keuangan, persediaan, dan sumber daya manusia.
  • Sistem Informasi Rumah Sakit: Mencakup manajemen catatan pasien, jadwal dokter, pengelolaan inventaris medis, dan faktur ke pasien.
  • Sistem Informasi Pergudangan (Warehouse Management System): Digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan operasi pergudangan, termasuk pemantauan stok, pengiriman, dan pemrosesan pesanan.
  • Sistem Informasi Perpustakaan: Mencakup manajemen koleksi perpustakaan, peminjaman buku, dan pengarsipan data pustaka.
  • Sistem Informasi Transportasi: Digunakan untuk melacak dan mengelola berbagai aspek dalam industri transportasi, seperti pengelolaan jadwal, inventaris kendaraan, dan pemantauan perjalanan.
  • Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management – CRM): Digunakan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, pelacakan penjualan, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.
  • Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System – GIS): Digunakan untuk mengumpulkan, memetakan, dan menganalisis data geografis, seperti peta dan informasi geospasial.
  • Sistem Informasi Manajemen Proyek (Project Management Information System – PMIS): Membantu manajemen proyek dengan pemantauan jadwal, anggaran, sumber daya, dan pelaporan.
  • Sistem Informasi Kesehatan: Mencakup manajemen rekam medis pasien, jadwal dokter, pembayaran asuransi kesehatan, dan pelacakan kondisi medis.
  • Sistem Informasi Keuangan (Financial Information System): Digunakan untuk mengelola transaksi keuangan, pelaporan pajak, dan analisis keuangan organisasi.
  • Sistem Informasi Penjualan dan Pemasaran (Sales and Marketing Information System): Membantu perencanaan dan pelacakan kampanye pemasaran, manajemen penjualan, dan analisis pelanggan.
  • Sistem Manajemen Inventaris: Digunakan untuk mengelola stok barang, pemantauan persediaan, dan mengoptimalkan tingkat persediaan.
  • Sistem Informasi Logistik: Memfasilitasi manajemen rantai pasokan, pengiriman barang, dan pelacakan pesanan.
  • Sistem Informasi Manufaktur: Digunakan untuk mengelola operasi pabrik, perencanaan produksi, dan pengawasan kualitas.
  • Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan: Digunakan untuk menilai kinerja karyawan, pengelolaan data personalia, dan pelatihan pegawai.
  • Sistem Informasi Keamanan (Security Information System): Memungkinkan pemantauan dan analisis keamanan fisik dan siber dalam berbagai konteks, termasuk bisnis dan infrastruktur kritis.
  • Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Human Resource Information System – HRIS): Mencakup manajemen data karyawan, perencanaan sumber daya manusia, dan administrasi tenaga kerja.

Layanan kami : 


Penutup

Itulah tadi beberapa hal terkait sistem informasi. Dimulai dari pengertian sistem informasi sampai contoh sistem informasi yang ternyata penerapannya ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi dari artikel ini dapat membantu para pembaca yang tengah mencari informasi terkait, dan dapat pula menambah ilmu pembaca.

By Guntoro

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.