9 CMS Website Paling Populer Beserta Fungsinya

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua hal yang semula offline akan menjadi online. Seperti contohnya adalah jual beli yang saat ini banyak dilakukan secara online melalui media website. Maka dari itu sekarang sudah ada banyak macam-macam CMS website yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website.

Website bisa dijadikan sebagai sarana promosi digital, baik untuk promosi suatu barang maupun jasa. Website juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran, dan bahkan untuk fasilitas pemerintahan. Bagi kamu yang belum tahu tentang apa itu CMS dan berbagai jenis CMS yang ada, bisa simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu CMS?

CMS (Content Management System) merupakan software atau perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus, yaitu untuk memanipulasi maupun membuat sebuah website secara instan. Jadi dengan menggunakan CMS tidak perlu merakit website dari awal. Bagi kamu yang tidak paham tentang koding, CMS menjadi salah satu solusi untuk membuat website.

Mengapa? Karena dalam CMS ini sudah disediakan berbagai macam plugin yang bisa membantu pengguna dalam mengembangkan websitenya. Selain itu, CMS juga dibagi menjadi dua elemen utama yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, sebagai berikut.

  • CDA (Content Management Application), akan memberikan fasilitas kepada pengguna agar lebih mudah dalam memanajemen dan juga mengolah konten website.
  • CMA (Content Delivery Application), mampu untuk memperbarui sebuah situs hanya dengan memanfaatkan semua informasi yang dimana telah digunakan sebelumnya oleh pemilik website.

CMS Website yang Paling Banyak Digunakan

Sampai saat ini kebutuhan untuk membuat website juga semakin banyak, sehingga mulai bermunculan banyak CMS yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dibawah ini merupakan macam-macam CMS website yang sedang populer dan sering digunakan.

WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS website terbaik yang sering orang-orang gunakan. WordPress ini bersifat open source, sehingga semua orang bisa berkontribusi dalam membuat tools atau plugin untuk CMS yang satu ini. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP (Hypertext Preprocessor) dengan menggunakan pengolahan database MySQL.

cms website
Sumber : https://www.magneti.com/

WordPress juga sering digunakan orang-orang sebagai software yang bisa membantu melakukan pengelolaan pada blog pribadi atau bahkan saat ini banyak juga blog perusahaan yang dikelola menggunakan CMS WordPress ini. Mengapa? Karena WordPress ini dinilai memiliki suatu responsible yang sangat kuat pada mesin pencarian google.


Baca juga : 


Drupal

Selanjutnya ada juga salah satu dari berbagai macam CMS untuk membuat website yang sedang populer, yaitu Drupal. Bagi yang belum tahu Drupal, CMS ini juga sama seperti WordPress, yang dimana masih bersifat open source dan hingga sampai saat ini sudah ada ribuan pengembang dan juga komunitas yang ikut merawat serta mengembangkannya.

cms website
Sumber : flickr.com

Selain itu, Drupal juga merupakan salah satu CMS yang menggunakan lisensi GPL. Kemudian untuk bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP. Uniknya, Drupal juga bisa menggunakan beberapa pilihan database dengan jenis yang berbeda, seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB, dan lain sebagainnya.

Joomla

Joomla ini sama sama menggunakan lisensi GPL dan juga masih bersifat open source seperti yang dimiliki Drupal tadi. Sehingga sampai saat ini, Joomla bisa dikembangkan oleh siapa saja dan ada juga komunitas pengembangan website. Sama dengan WordPress, Joomla ini juga masih menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database.

cms website
Sumber : https://www.cmscritic.com/

Terdapat beberapa fitur menarik dari Joomla yang dimana mereka menawarkan system cache memiliki fungsi untuk meningkatkan performa suatu website, blogs, RSS, dan lain sebagainya. Joomla merupakan salah satu CMS website gratis yang bisa kamu gunakan untuk membangun blog pribadi atau company profile.

Prestashop

Mungkin dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kegunaan dari CMS tersebut, bukan? Ya, benar sekali, Prestashop merupakan salah satu CMS untuk membuat toko online.

Sumber : https://mypresta.eu/

Jadi, bagi kamu yang ingin berjualan online atau kegiatan yang masih terkait dengan e-commerce, disarankan untuk menggunakan Prestashop sebagai website builder.

Magento

Kamu juga bisa menggunakan Magento untuk membangun websitemu. Hampir sama seperti Prestashop, Magento ini juga sangat cocok kamu gunakan untuk membuat sebuah website e-commerce atau toko online.

Sumber : https://static.magento.com/

Fitur yang ada di salah satu CMS website toko online ini cukup lengkap, karena disini juga terdapat versi gratis dan juga berbayar.

OpenCart

Dari berbagai jenis CMS website untuk kebutuhan e-commerce, OpenCart menjadi salah satu pilihan yang tepat. CMS OpenCart ini banyak digunakan bagi kalangan personal maupun bagi UKM yang ingin membangun sebuah toko online.

Sumber : https://cdn.merchantmaverick.com/

Fitur yang ada di CMS ini juga sudah cukup lengkap, karena CMS ini memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan e-commerce, segala penunjang atau tools untuk berjualan pun sudah tersedia di sini. Bagi kamu yang ingin hal yang simpel dan tidak ribet, CMS ini menjadi solusinya.

Aura CMS

Akan terasa kurang jika tidak membahas tentang CMS buatan anak Indonesia. Memang benar, Aura ini merupakan CMS asli buatan anak bangsa dan cocok digunakan untuk membangun website pribadi dan bisa juga untuk membangun website perusahaan.

Sumber : http://mysysteminformationais.blogspot.com/

Memang benar bahwa, CMS ini tidak se familiar seperti CMS lainnya, karena kurangnya dukungan dari developer maupun komunitas yang ada. Sebenarnya memang sangat sayang sekali jika buatan anak bangsa sulit berkembang seperti ini.

Moodle

Dari berbagai CMS yang ada, terdapat salah satu CMS yang berbeda dari yang lain. Moodle merupakan sebuah CMS yang biasa digunakan untuk kebutuhan dalam pembuatan aplikasi E-Learning. Selain itu, di dalam CMS Moodle ini juga sudah dibekali berbagai macam fitur E-Learning yang sangat lengkap.

Sumber : doc.moodle.com

Adapun fitur-fitur tersebut, yaitu mulai dari forum, online test, dan masih banyak lagi. Hanya saja dalam memanajemen CMS ini lumayan rumit dan sulit. Maka dari itu, harus dibutuhkan pemahaman terlebih dahulu tentang Moodle sebelum menggunakannya.

CMS vBulletin

Terakhir, ada juga CMS untuk membuat website, yaitu vBulletin. CMS ini merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk membuat forum diskusi online.

cms website
Sumber : https://www.cmscritic.com/

Menggunakan CMS ini kamu bisa membuat website forum diskusi online seperti Kaskus dan forum diskusi lainnya. CMS ini juga sudah dilengkapi dengan modul chat, private message, dan lainnya.

Manakah CMS yang Paling direkomendasikan ?

Menurut penulis dari semua CMS di atas yang paling direkomendasikan untuk membuat berbagai jenis website seperti toko online, company profile, pembelajaran, dan web-web lainnya yaitu CMS WordPress. Selain mudah digunakan untuk optimasi SEOnya pun wordpress sangat mudah. Dan banyak lagi fitur-fitur lainnya dari wordpress.

Jika kamu serius ingin belajar membuat website dengan CMS wordpress silahkan pelajari melalui tautan berikut ini : Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Penutup

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang apa itu CMS dan juga macam-macam CMS website beserta dengan fungsinya. Jadi bagi kamu yang ingin menggunakan CMS sebagai perangkat untuk membantumu membuat website, lebih baik kamu sesuaikan website yang ingin kamu buat dengan kegunaan dari CMS itu sendiri.

Sumber gambar utama : https://kinsta.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.