cara membuat website

3 Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Ingin membuat website dari nol namun tidak tahu bagaimana cara membuat website sendiri ? Artikel ini adalah jawabannya.

Sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu tautan pengertian, fungsi dan jenis-jenis website untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu website.

3 Cara Membuat Website Sendiri

Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk membuat website. Fokus bahasan pada artikel ini adalah ” cara membuat website sendiri “.

Karena bisa saja kita membuat website dengan memakai jasa orang lain (jasa pembuatan website). Lalu bagaimana cara membuat website sendiri ?

Entah kamu ingin membuat website sekolah, berita, desa, company profil atau website lainnya, inilah 3 cara membuat website sendiri dengan mudah versi badoystudio.com.

1. Membuat Website Menggunakan CMS

cara membuat website
Tampilan situs wordpress.com

Cara membuat website sendiri untuk pemula ini cukup terbilang mudah, yaitu menggunakan CMS. CMS (Content Management System) adalah sebuah softwrae yang bisa kita gunakan untuk membuat website secara instan.

Dengan menggunakan CMS kita tidak akan lagi dipusingkan dengan bahasa pemrograman. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika membuat website menggunakan CMS yaitu :

  • Kemudahan dalam membuat konten
  • Efisiensi dan cepat
  • Mudah dipelajari
  • dan lain sebagainya

Saat ini beberapa CMS yang populer yang digunakan untuk membuat website diantaranya adalah :

  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla
  • Blogger
  • Magento
  • dan lain sebagainya

Setiap CMS pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk CMS wordpress sendiri telah penulis ulas pada artikel : Apa itu wordpress ? Pelajari selengkapnya disini.

Perlu pembaca ketahui badoystudio.com yang menyajikan artikel ini juga merupakan salah satu situs yang menggunakan CMS wordpress. Coba scroll ke bawah maka akan ada di footer powered by wordpress.

Kenapa tidak dihapus kata “wordpress” nya ? Sengaja, karena memang saya ngefans dan pengguna wordpress.

Membuat website menggunakan CMS bisa dengan online ataupun offline. Bahkan kita juga bisa membuat website secara gratis alias tidak menggunakan domain dan hosting milik sendiri (Self hosted).

2. Membuat Website Menggunakan Web Builder

cara membuat website
Tampilan web builder wix.com

Cara membuat website sendiri yang kedua yaitu menggunakan web builder. Web builder merupakan tools online yang bisa kita gunakan untuk membuat website hanya dengan drag and drop saja.

Tentu web builder juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Keunggulan membuat website menggunakan web builder yang paling pertama yaitu kecepatan dan kemudahan dalam pembuatan website.

Sehingga bagi orang yang benar-benar belum memiliki pengalaman sama sekali dalam pembuatan website dan tidak mau menghabiskan begitu banyak waktu untuk membuat website bisa memilih cara yang kedua ini.

Salah satu kelemahan dari web builder yaitu fitur untuk mengcustom websitenya cukup terbatas.

Beberapa web builder yang populer yaitu :

  • Wix.com
  • Webbly.com
  • Sitey.com

3. Membuat Website dengan HTML atau Coding Sendiri

cara membuat website
Bahasa pemrograman web via : https://www.fiverr.com/mohsintanweer/fix-php-html-css-and-mysql

Cara ketiga untuk membuat website sendiri yaitu dengan menulis kode-kode pemrograman (coding) sendiri sehingga terbentuklah website yang kita inginkan.

Tentu saja cara ini tidak bisa digunakan oleh orang awam yang tidak mengenal dan belum belajar bahasa pemrograman web. Namun jika kamu berminat untuk membuat website dengan cara yang ketiga ini silahkan pelajari bahasa pemrograman web.

Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun website diantaranya :

  • HTML & CSS
  • PHP
  • Javascript
  • Ruby 
  • Python
  • dan lainnya

Html dan CSS digunakan untuk membuat design sebuah website (menangani bagian front endnya). Jika tidak ingin terlalu rumit untuk membuat design web dengan HTML dan CSS kita bisa menggunakan Frramwork Bootstrap.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang berperan penting sebagai back endnya (menangani bagian back endnya). Selain mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman web, kita juga harus belajar tentang database untuk mengolah data pada website yang kita buat nantinya.

Kesimpulan

Setelah kamu bisa membuat website sendiri maka ini bisa menjadi peluang usaha untuk menghasilkan uang (pendapatan) dari skill membuat website.

Jadi mau pilih cara yang mana untuk membuat websitemu ? Saran saya jika kamu ingin segera membuat website dalam waktu yang cepat maka pilihlah cara yang kedua yaitu menggunakan CMS, khususnya CMS WordPress.

Oiya jangan lupa setelah kamu bisa membuat website. Pelajari juga bagaimana agar website yang kita buat tampil di halaman 1 google.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-temanmu juga.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.