Badoy Studio

Website kini sudah dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah sebagai media informasi, promosi, bahkan pembelajaran. Semakin professional dan modern desainnya maka semakin tertarik pula para calon siswa untuk mengetahui lebih dalam mengenai sekolah tersebut.

Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk membuat web sekolah, inilah 13 contoh website sekolah dengan desain modern dan menarik yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengembangkan web sekolahmu.



13 Contoh Website Sekolah dengan Desain Modern untuk Inspirasimu Dalam Membuat Website

Langsung saja berikut ini adalah beberapa contoh website sekolah yang bisa memberikan kamu insight untuk membuat website pendidikan sendiri.

1. SMK Negeri 1 Cimahi

Contoh website sekolah yang pertama yaitu SMKN 1 Cimahi yang sudah berdiri sejak tahun 1974 dengan nama STM Pembangunan Bandung. Saat ini ada 9 program keahlian yang terdapat pada sekolah ini diantaranya yaitu rekayasa perangkat lunak dan sistem jaringan dan aplikasi.

Website sekolah ini sangat tertata alias tidak acak-acakan. Dengan perpaduan warna biru tua, orange, dan putih sebagai backgroundnya website ini enak untuk dilihat. Dan satu lagi loadingnya cukup cepat. Saat pertama kali membuka website ini kita akan disuguhkan foto para peserta didik bersama dengan kang emil.

Contoh Website Sekolah
Tampilan full page web SMKN 1 Cimahi

Penasaran seperti apa langsung saja kunjungi webnya : http://www.smkn1-cmi.sch.id/

2. SMA Negeri 78 Jakarta

SMA Negeri 78 Jakarta merupakan salah satu sekolah favorit di Jakarta Barat. Berdiri sejak tahun 1974 yang semula adalah SMPP dan menjadi SMA Negeri 78 pada tahun 1984.

Sekolah ini juga sudah berbasis ICT untuk tata kelolanya. Websitenya sudah responsive dan modern sehingga cukup membuat pengunjung betah untuk mempelajari lebih dalam mengenai sekolah ini. Selain itu mereka juga sudah menerapkan E-Learning, E-KBM, dan E-Point.

Contoh website sekolah
Tampilan web SMAN 78 Jakarta

Ingin melihat lebih detail ? silahkan kunjungi tautan berikut : http://www.sman78-jkt.sch.id/

3. SMA Negeri 8 Yogyakarta

SMA ini dulunya adalah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan 10, oleh banyak kalangan lebih dikenal dengan nama DELAYOTA. SMA Negeri 8 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Akreditasi A.

Untuk web sekolahnya sendiri sudah modern dan cukup menarik pastinya. Berbagai informasi sekolah yang ditampilkan pada web cukup lengkap, seperti : Profil, ekstrakurikuler, sarana prasrana, widget pengumuman, berita, dan banyak lagi lainnya.

Tampilan full page web SMAN 8 Yogyakarta

Selengkapnya silahkan langsung saja kunjungi melalui tautaun : http://sman8yogya.sch.id/

4. SMK Negeri 8 Jakarta

SMK Negeri 8 Jakarta memiliki visi “ Menjadi sekolah yang berkualitas, beriman dan bertakwa, berkarakter, dan berwawasan lingkungan “ ini memiliki website yang sederhana namun cukup menarik.

Bisa dibilang websitenya tidak colorfull karena hanya menggunakan warna putih, hitam, dan abu-abu. Pada header tidak ada logo sekolahnya hanya saja terdapat tulisan Smkn8jkt.id dengan warna biru muda.

Tampilan web SMKN 8 Jakarta

Lihat selengkapnya pada tautan berikut ini : https://smkn8jkt.id/



5. SMK Negeri 12 Jakarta

Beberapa program keahlian yang ada di SMK Negeri 12 Jakarta yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntasi dan Keuangan Lembaga, dan Bisnis daring dan Pemasaran. Semuanya sudah akreditasi A dan menggunakan Kurikulum 13.

Websitenya menurut saya sangat modern. Pada website sekolah ini logo yang biasanya ada di sebelah kiri mereka tempatkan di tengah. Di bawah logo terdapat menu yang cukup sedikit namun tegas yaitu : Beranda, Sejarah Singkat, E Learning, dan Galeri.

Tampilan web SMKN 12 Jakarta

Silahkan kunjungi di tautan : https://smkn12jakarta.sch.id/

6. SMA Negeri 1 Yogyakarta

Pertama kali membuka website ini kita disuguhkan dengan form pencarian seperti google dengan background video lingkungan SMAN 1 Yogja, sepertinya diambil menggunakan drone. Tidak ada slider foto-foto seperti website sekolah umumnya, namun web ini cukup modern dan sangat rapi layoutnya.

Jika kita scroll ke bawah akan ada beberapa fitur yang ditampilkan seperti : Ekstrakurikuler, Prestasi Terbaru, Tenaga Pendidik, dan Profil Alumni (Ternyata Menteri Susi Alumni sekolah ini).

Tampilan web SMAN 1 Yogyakarta

Kunjungi selengkapnya di tautan : http://sman1yogya.sch.id/id


Baca juga : 


7. SMAN 2 Kebumen

Website selanjutnya yaitu berasal dari kebumen. Website ini datang dari sekolah SMAN 2 Kebumen. Menurut saya desainnya sangat ciamik. Coba deh cek langsung gambar di bawah ini.

Untuk lebih lengkap melihatnya, langsung saja cek tautan berikut : https://www.smandakebumen.sch.id/

8. SMK/ SMF Indonesia

SMK ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. SMK Indonesia Yogjakarta ini sudah berdiri dari tahun 1965 dengan program keahlian unggulan Farmasi.

Menu-menu yang terdapat pada sekolah ini antara lain : Profil, Kurikulum, Galeri, dan Kontak. Selain itu ditampilkan juga fitur-fitur berbasis online seperti : Sistem Informasi STF, Post Test, Psb, dan Alumni.

Tampilan full page web SMK Indonesia

Selengkapnya silahkan kunjungi : http://www.smfindonesia.sch.id/

9. ACS Jakarta

Salah satu sekolah internasional yang ada di Jakarta untuk usia 3 – 18 tahun yaitu ACS Jakarta. Sekolah ini berada di Kelurahan Setu Jakarta Timur. Dari pantauan penulis website sekolah ACS Jakarta sudah modern, responsive, dan yang pasti menarik.

Warna web di dominasi oleh biru dan putih. Header dan Footer dari websitenya menggunakan warna Biru dan untuk Hover dari tombolnya menggunakan warna orange. Untuk layoutnya juga sangat tertata dengan rapi.

Contoh website sekolah
Tampilan web ACS Jakarta

Selengkapnya kunjungi tautan berikut ini : https://www.acsjakarta.sch.id/id

10. SMP – SMA Luqman Al Hakim

SMP – SMA Luqman Al Hakim merupakan salah satu boarding school terbaik yang ada di Surbaya. Website sekolah ini memiliki beberapa menu utama seperti : About, Program, News and Event, dan Visit Our Campus.

Selain itu terdapat juga fitur untuk mendownload : Buku Data Santri, Pembiayaan, Reservasi Penginapan, dan Pendaftaran. Beberapa warna yang digunakan dalam web yang cukup modern dan responsive ini yaitu hijau, abu-abu, juga warna pendukung untuk teks dan fitur lainnya seperti orange dan biru.

Contoh website sekolah
Tampilan web SMP – SMA Luqman Al Haqim

Selengkapnya lihat pada tautan : http://luqmanalhakim.com/


Layanan kami : 


11. SMP – SMA AL Izzah

Selanjutnya yaitu  web dari SMP-SMA Al – Izzah. Sekolah ini merupakan salah satu International Islami Boarding School yang ada di Batu Malang, Jawa Timur. Website yang di usung oleh sekolah ini lebih dominan menggunakan warna hijau.

Seperti web-web lainnya terdapat juga pada web ini slider di halaman awal. Ketika di scroll akan ditampilkan juga fitur : Anouncement, Event, dan Partnership.

Contoh website sekolah
Tampilan web SMP SMA Al Izzah

Untuk melihat isi web secara lengkap silahkan kunjungi tautan : http://alizzah-batu.sch.id/

12. SMK Bhakti Mandiri

SMK Bhakti Mandiri merupakan salah satu SMK yang ada di Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak. Nah SMK yang memiliki 4 jurusan ini juga memiliki website yang cukup modern dan keren menurut penulis. Berikut screenshoot websitenya

Tampilan homepage web SMK Bhakti Mandiri

Untuk melihat desain dan kontennya apa saja silahkan kunjungi tautan : https://smkbhaktimandiri.sch.id/. Sayangnya website tersebut tidak diperpanjang lagi.

13. SMK Badoystudio

Contoh website sekolah yang terakhir adalah website SMK Badoystudio. Hehe, ini hanya contoh websitenya saja ya tidak ada sekolahnya. Namun saya membuatnya se modern mungkin dan yang pasti cukup profesional dari desainnya.

Ingin Membuat Website Sekolah ?

Kamu ingin membuat website sekolah yang modern dan profesional dengan cepat? klik banner di bawah ini.



Fitur – Fitur Website Sekolah

Dalam sebuah website sekolah biasanya terdapat beberapa fitur atau menu penting, di antaranya yaitu :

  • Profil: Bagian ini berisi informasi tentang sekolah, termasuk sejarah sekolah, visi misi, peta lokasi sekolah, profil pimpinan sekolah, dan mungkin juga daftar staf pengajar atau guru. Ini adalah bagian yang memberikan gambaran umum tentang sekolah tersebut.
  • Program Sekolah: Di bagian ini, sekolah biasanya memperkenalkan program kerja atau kebijakan sekolah. Ini mencakup informasi tentang kegiatan sekolah, perencanaan strategis, dan mungkin juga hubungan industri jika itu adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Program kerja sekolah mencakup rencana dan tujuan sekolah dalam menjalankan pendidikan.
  • Program Keahlian (Khusus untuk SMK): Bagian ini berisi informasi tentang program keahlian yang ditawarkan oleh sekolah SMK. Ini termasuk daftar program keahlian yang tersedia, deskripsi singkat tentang masing-masing program, dan peluang karir yang dapat diikuti setelah menyelesaikan program keahlian tersebut.
  • Sarana Prasarana: Bagian ini memberikan informasi tentang fasilitas fisik sekolah, seperti gedung, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga, dan sarana pembelajaran lainnya. Ini membantu calon siswa dan orang tua untuk menilai kualitas infrastruktur sekolah.
  • Kegiatan Sekolah: Bagian ini berisi informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan oleh sekolah, seperti klub, kegiatan olahraga, seni, dan organisasi siswa. Selain itu, informasi tentang proses penerimaan siswa baru (PPDB) juga dapat dimasukkan di sini.
  • Berita: Di bagian berita, sekolah mempublikasikan informasi terkini seputar sekolah, acara-acara khusus, prestasi siswa, berita pendidikan, dan berita lain yang relevan. Ini membantu menjaga komunitas sekolah tetap terinformasi.
  • Galeri: Bagian galeri biasanya berisi foto-foto dan video dari acara-acara sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, perjalanan studi, dan momen-momen penting lainnya. Ini memberikan visualisasi tentang kehidupan sekolah.
  • Kontak: Bagian ini berisi informasi kontak sekolah, termasuk alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat digunakan oleh orang tua dan siswa untuk menghubungi sekolah.
  • Formulir PPDB: Bagian ini menyediakan formulir online untuk pendaftaran siswa baru. Calon siswa dan orang tua dapat mengakses dan mengisi formulir ini secara online sebagai bagian dari proses penerimaan siswa.
  • E-Learning: Fitur e-learning memungkinkan siswa dan guru untuk mengakses materi pembelajaran secara online. Ini dapat mencakup portal pembelajaran, materi pembelajaran, ujian online, dan berbagai sumber daya pendidikan.
  • Lainnya: Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, website sekolah juga dapat menyertakan informasi tambahan sesuai dengan kebutuhan sekolah, seperti kurikulum, kalender akademik, peraturan sekolah, dan informasi lain yang relevan.

Baca Juga :


Penutup

Itulah 13 contoh website sekolah yang bisa kamu jadikan referensi untuk merancang website sekolahmu sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya.

By Guntoro

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.