Skip to main content

Memahami ” Apa itu Kotlin ” Hanya dalam 5 Menit

Membuat aplikasi berbasis android bisa menggunakan bahasa pemrograman Java dan Kotlin. Umumnya tutorial android yang ada di Badoystudio menggunakan bahasa pemrograman Java.

Nah di artikel ini kita akan membahas secara ringkas mengenai apa itu Kotlin. Simak selengkapnya sekarang juga !

Apa itu Kotlin ?

Kotlin merupakan bahasa pemrograman modern yang dikembangkan oleh JetBrains (perusahaan yang mengembangkan IDE IntelliJ IDEA dan  Android Studio ) untuk membuat aplikasi multiplatform.

Saat ini Google sudah mendukung Kotlin menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan untuk membangun aplikasi android selain bahasa pemrograman Java dan C++. 

 

Mengapa JetBrains Menciptakan Kotlin

Pada sebuah postingan blog yang diposting oleh JetBrains tahun 2011 mereka mengemukakan alasan utama mengapa mengembangkan kotlin  yaitu ” Untuk Meningkatkan Produktivitas JetBrains “.

Pada saat itu, tim Jetbrains menulis semua IDE berbasis IntelliJ seluruhnya menggunakan Java. ternyata itu membutuhkan waktu yang banyak untuk mengkompilasinya. Maka untuk meningkatkan produktivitas mereka beralih kebahasa yang lebih ekspresif.

Fitur-fitur Kotlin

Beberapa fitur dan kelebihan kotlin yaitu : 

  • Open Source : Kotlin didistribusikan di bawah Lisensi Apache, Versi 2.0. Kompiler (kompiler Kotlin), plugin IntelliJ IDEA, dan library-library java semuanya open source. 
  • Easy To Learn : Bahasa Pemrograman Kotlin mudah dipelajari, Hal ini dipengaruhi oleh Java, Scala, Groovy, C #, JavaScript dan Gosu. Belajar Kotlin mudah dilakukan jika Anda sudah familiar dengan salah satu bahasa pemrograman ini. Sangat mudah dipelajari jika Anda mengenal Java.
  • Safe : Kotlin  menjamin  setiap syntax yang kita tulis secara proses kompilasi dapat mencegah kemungkinan terjadinya error, contohnya mampu mencegah terjadinya NullPointerExceptions ketika kita  menulis kode-kode menggunakan bahasa Java.
  • Consice and Expressive : Proses kompilasi dan kerumitan pada saat coding menggunakan java  akan berkurang ketika menggunakan kotlin.
  • Interoperable With Java and Android : Kotlin dapat  membaca kode lama atau library yang kita gunakan saat coding dengan bahasa Java dan begitupun sebaliknya.

 

Beberapa Perusahaan yang Menggunakan Kotlin

Banyak perusahaan besar yang sudah menggunaan bahasa pemrograman Kotlin untuk mengembangkan aplikasinya, diantaranya yaitu : 

apa itu kotlin
Tampilan aplikasi Evernote
  • Uber : adalah perusahaan transportasi online pertama di dunia. Jadi bukan Gojek atau Grab yang pertama kali mencetuskan ide bisnis menghubungkan antara si pemilik kendaraan dengan penumpang. 
  • Pinterest : adalah layanan virtual pinboard di mana kita bisa mengunggah foto yang dimasukan kedalam kategori-kategori tertentu untuk di custom sesuai namanya. 
  • Netflix : adalah perusahaan penyedia layanan media streaming digital khususnya film dari Amerika Serikat. 
  • Coursera : adalah media pembelajaran kursus online berasal dari Amerika Serikat. 
  • Evernote : adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat atau menyimpan catatan-catatan tertentu di smartphone atau komputer. 
  • dan lainnya 

 

Kotlin di Masa Depan

Kedepannya kotlin akan digunakan untuk pengembangan :

Apa itu kotlin
Ilustrasi game cross platform
  • Cross-platform Game Development : Mengembangkan game yang bisa digunakan pada berbagai platform seperti Windows, Mac OS, dan Linux. 
  • Cross-platform Mobile Application Development : Mengembangkan aplikasi mobile yang bisa berjalan diberbagai mobile OS seperti Android, iOS, dan lainnya. 
  • Server-side and Microservices
  • Data Analysis and Machine Learning 
  • Embedded System : Arduino/Raspberry Pi to professional controllers directly.

 

Contoh Coding Bahasa Pemrograman Kotlin

Inilah beberapa contoh-contoh coding yang menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

  • Hello World 
fun main() {
println("Hello World!")
}
  • String 
val name = "Anne"
val yearOfBirth = 1985
val yearNow = 2018
val message = "$name is ${yearNow - yearOfBirth} years old"
  • Loop 
val names = listOf("Anne", "Peter", "Jeff")
for (name in names) {
println(name)
}

 

Belajar Kotlin

Ada beberapa cara untuk mempelajari bahasa pemrograman Kotlin, di antaranya yaitu secara online, menggunakan command line, atau IDE yang mendukung Kotlin. 

Untuk mempelajari secara Offline kita bisa menggunakan IDE Android Studio atau Intellij IDE. Jika ingin belajar dari dasar ada baiknya pelajari di Intellij IDE. Namun jika ingin langsung merasakan membuat aplikasi android menggunakan Kotlin langsung saja pakai Android Studio.

 

Penutup

Dari uraian diatas kita bisa simpulkan jika kotlin sangat bagus prospeknya untuk software development baik mobile, web, ataupun lainnya. Jadi, Siap untuk berpetualang dengan kotlin ?

Badoystudio akan mengupdate tutorial belajar kotlin dengan Intellij IDEA (kategori : Kotlin Basic) dan juga dengan android studio (kategori : Kotlin Android) yang diupdate pada hari senin dan kamis. 

Sumber gambar utama : https://freakycoder.com

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.