Perbedaan Domain Dan Hosting

Agar website kita bisa online dan diakses oleh orang dari berbagai belahan dunia manapun di internet, maka kita membutuhkan 2 hal yang paling penting. Yaitu, domain dan hosting.

Namun masih banyak orang yang belum paham betul apa sih perbedaan domain dan hosting? Kalau Andapun membuka artikel ini maka kemungkinan Anda juga termasuk ke salah satu yang masih bingung dengan perbedaan domain dan hosting.

Baik, tanpa berlama-lama lagi saya akan bahas apa perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Domain dan Hosting

Coba kita artikan satu persatu pengertian dari domain dan hosting.

Domain

perbedaan domain dan hosting
Sumber : https://blog.dnetprovider.id/

Domain merupakan nama dari website.

Sering kali domain juga disebut sebagai alamat dari sebuah website.

Saat kita akan mengakses website facebook.com maka kita akan mengetikannya di URL web browser yang kita gunakan.

Fungsi domain

Untuk memudahkan orang menemukan website kita. Bayangkan kalau yang kita ketik untuk membuka halaman sebuah website adalah kode-kode binar yaitu 0 dan 1.

Jadi, sebetulnya nama domain itu merupakan translate dari nomor IP Address. Yang mana komputer IP Address ini merupakan pengenal.

Contoh IP Address yaitu 192.168.1. xxx, nah bagaimana dari pada kita ribet mengetikan tersebut lebih baik mengetikan nama domain kan?

Cara Mendapatkan Domain

Untuk bisa mendapatkan domain maka kita harus mengecek apakah domain yang kita inginkan tersedia atau tidak. Lalu mendaftarkannya ke provider domain dan hosting.

Oiya, ekstensi domain itu banyak ya teman-teman bukan cuma .com. Misalkan kita ingin menggunakan domain dengan nama akupunyaweb.com, tapi ternyata sudah tidak tersedia lagi maka kita bisa menggunakan ekstensi yang lain, misalnya akupunyaweb.net.



Hosting

perbedaan domain dan hosting
Sumber : https://idtoday.co/

Hosting merupakan tempat penyimpanan semua data-data yang ada di website kita. Mulai dari data desain, menu, artikel, user, dan lainnya semua ada di hosting.

Nah, nantinya ketika membuat sebuah website kita akan banyak melakukan berbagai pengaturan di hosting bukan di domain.

Bisa dibilang kalau kita beli domain saja seperti kita memiliki alamat tapi tanpa rumah.

Simpelnya seperti ini, kita memberikan info alamat ke orang banyak. Tapi, pada saat orang-orang tersebut ke alamat tersebut ternyata tidak ada rumah yang kita miliki.

Maka, itulah fungsi hosting. Ada rumah pasti ada alamatnya ya.

Kesimpulan

Jadi, sampai sini kita sudah tahu ya apa perbedaan domain dan hosting.

Domain = Nama/ alamat sebuah website

Hosting = Penyimpanan data-data website

Jangan sampai masih bingung ya. Intinya kita membutuhkan keduanya ketika hendak mengonlinekan sebuah website.

Pertanyaan Yang Sering Muncul

  • Apakah domain dan hosting bisa dibeli secara terpisah? Ya, bisa. Misal kita beli hosting di provider A dan domainnya di provider B.
  • Berapa biaya untuk berlangganan domain dan hosting? Untuk hosting tergantung resource yang kita butuhkan. Sedangkan untuk domain tergantung ekstensi yang kita gunakan, misal harga .com akan berbeda dengan .co.id.
  • Apakah domain dan hosting harus diperpanjang? Ya, betul. Perpanjangan domain biasanya dilakukan 1 tahun sekali, sedangkan hosting tergantung yang kita pilih bisa per bulan atau pertahun.


Penutup

Itulah perbedaan domain dan hosting. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga supaya lebih bermanfaat.

Sumber gambar utama : https://dyits.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.