Skip to main content
pengertian hosting dan fungsinya

Pengertian Hosting dan Fungsinya

Sebuah website yang sudah online pasti memiliki domain dan hosting. Lalu apakah kalian tahu apa itu domain dan hosting ?. Di artikel ini akan diulas salah satunya yaitu tentang pengertian hosting dan fungsinya.

Apa itu Hosting ?

Hosting sering disebut juga Web Hosting.

Menurut Wikipedia hosting merupakan salah satu layanan di internet yang menyediakan resource berupa server-server untuk disewakan sehingga individu atau organisasi dapat menempatkan informasi di internet. Informasinya bisa berupa HTTP, FTP, EMAIL, DNS atau lainnya.

Ringkasnya begini … .

Website yang kita miliki adalah sebuah rumah. Untuk membangun rumah kita membutuhkan tanah. Tanah inilah yang kita analagikan sebagai hosting.

Analogi  :

  • Website = Rumah
  • Hosting = Tanah

Semakin luas tanah yang kita punya maka semakin leluasa kita membangun rumah sesuai dengan keinginan.

Setelah rumah kita bangun pastinya kita akan mengisinya dengan berbagai benda alias perabot seperti : lemari, kulkas, kasur, kursi, dan lain sebagainya. Maka di websitepun begitu. Jika kita memiliki website jual beli maka hosting digunakan untuk menyimpan file-file seperti : teks, gambar, video dan lainnya.

 

Fungsi hosting

Untuk memperjelas pengertian tentang hosting diatas. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari web hosting. Diantaranya adalah :

pengertian hosting dan fungsinya

1. Tempat penyimpanan data

Fungsi dari hosting yang pertama yaitu sebagai tempat menyimpan data. Semua file dari website yang akan kita onlinekan akan disimpan di hosting. File-file yang dimaksud bisa berupa : teks, gambar, video, audio ataupun file lainnya.

 

2. Alamat akses data website

Fungsi hosting yang kedua yaitu sebagai akses situs dari DNS tertentu. Contohnya website kita memiliki alamat “inisitus.com”. situs inisitus.com tersebut memiliki nama domain yang telah terdaftar ke sebuah DNS.

Saat kita mengakses website  inisitus.com maka server akan menjalankan website tersebut. Tanpa adanya hosting walaupun alamat website atau situs kita sudah terdaftar di DNS, website tidak akan bisa diakses. Biasanya akan memunculkan pesan error.

Atau singkatnya setelah kita memiliki domain maka kita harus memiliki hosting.

 

3. Menjaga website tetap online

Fungsi hosting yang lainnya yaitu menjaga agar website tetap online 24 jam. Tanpa hosting website kita tidak akan online. Artinya dengan mengaktifkan web hosting website yang kita miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting yang kita gunakan terjaga dengan baik kualitasnya (tidak down servernya atau gangguan lainnya).

 

Jenis-jenis Hosting

Agar website kita online dan bisa diakses oleh orang lain di internet maka kita membutuhkan hosting. Lalu hosting seperti apa yang cocok untuk website kita. Sebelum membeli atau menyewa hosting silahkan pelajari jenis-jenis hosting berikut ini :

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis pilihan hosting yang paling murah. Shared hosting biasanya digunakan untuk pemula yang baru ingin mengonlinekan websitenya.

Website yang biasanya menggunakan shared hosting yaitu blog, portofolio online, dan toko online kecil. Saya sendiri menggunakan shared hosting untuk belajar mengonlinekan website dan mulai membuat blog.

 

2. Dedicated hosting

Dedicated hosting merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket hosting yang menyediakan dedicated server. Artinya sumber daya yang disediakan dikhususkan untuk klien tunggal. Hosting ini biasanya digunakan untuk website wordpress/ blog yang jumlah pengunjungnya sangat besar.

 

3. VPS hosting

VPS yaitu Virtual Private Server adalah hosting yang menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep ini mirip dengan shared hosting yang mana satu server dapat memiliki beberapa situs web yang berjalan pada server tersebut. Namun setiap akun diperlakukan sebagai mesin sendiri dan sumber daya sendiri yang berdedikasi dengan operating system (OS).

 

Layanan penyedia hosting

Sudah memilih hosting yang tepat untuk websitemu ? Saatnya menentukan layanan penyedia hosting. Banyak sekali penyedia hosting, mau yang dari Indonesia ataupun luar negeri.

Untuk penyedia hosting di Indonesia saya menyarankan hosting dari Niagahoster.

Niagahoster merupakan salah satu penyedia hosting murah unlimited no 1 di Indonesia. Beberapa situs website yang saya kelola semuanya menggunakan layanan dari Niagahoster.co.id kualitasnya sangat bagus.

Penasaran ? Cek langsung disitus resminya Niagahoster.

 

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian hosting dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman yang lainnya.

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.