Skip to main content
penghasilan android developer

Kupas Tuntas Penghasilan android developer

Penghasilan Android Developer – Indonesia merupakan salah satu negera berkembang dan memiliki cita- cita menjadi negara maju. Menjadi negara  maju tentu tidak mudah. Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengembangkan teknologi yang ada. Untuk menunjang hal tersebut pemerintah harus memenuhi sarana / prasarana pendukung bagi masyarakat.

Saat ini indonesia dirasa telah cukup dijejaki berbagai macam teknologi penunjang untuk menjadi negara maju. Salah satu yang sering kita gunakan adalah teknologi komunikasi /  ponsel android yang semakin canggih. Selain hal itu teknologi semacam ini telah menunjang masyarakat untuk berkomunikasi, menyimpan data, maupun bermain game online yang dikemas dalam 1 ponsel.

Sebagai bentuk era modern, perkembangan teknologi menjadi hal yang wajar. Siapapun bisa menekuni bidang android developer. Hal tersebut tidak hanya sebagai hobi semata, melainkan juga bisa menjadikan pendapatan lebih. Untuk itu pada artikel ini akan dikupas tentang penghasilan android developer .

Setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda – beda tergantung profesi apa yang ia tekuni. Termasuk pada bidang IT. Bidang tersebut tentu sangat luas, ada pencipta software, hardware ataupun hanya bagian design saja. Namun untuk android developer yang juga merupakan bagian ahli IT ia harus mampu mengkobinasikan semuanya agar menjadi produk yang menarik untuk dijual.

Penjualan produk android developer ini tentu sangat bermacam – macam . Tergantung pada individu yang memberikan harga atau bisa diunduh secara gratis pada laman – laman tertentu . Ini menjadikan penghasilan android developer tidak menentu. Meski demikian menjadi android developer telah banyak diminati karena bila sudah mencapai kesuksesan penghasilannya banyak .

Contoh Estimasi Penghasilan Android Developer

Dibawah ini merupakan beberapa contoh estimasi penghasilan dari beberapa android developer yang sukses  :

  1. Ada salah satu pengguna kaskus  yang mampu meraup keuntungan hingga 7 – 9 juta perbulannya. Padahal ia hanya membuat 5 aplikasi game tebak- tebakan yang di pasang di playstore. Sekarang lebih dikenal dengan game tebak gambar. Hal ini tentu harus memacu anda para android developer dalam menciptakan aplikasi yang bagus dan memiliki daya saing tinggi agar bisa meraup untung.
  2. Adapula yusup suparman merupakan pria kelahiran depok yang sudah mahir membuat aplikasi. Ia sudah membuat 51 aplikasi yang dipasang di google playstore melalui google console. Aplikasinya sudah di unduh oleh 10 ribu – 40 ribu penguna. Penghasilannya pun terbilang tinggi yakni 5000 – 6000 US dolar tiap bulannya. Tentu hal ini melalui usaha yang keras.

 

Tips Agar Penghasilan Android Developer Tinggi

Sebagaimana contoh diatas merupakan dari beberapa orang yang mampu memanfaatkan situasi era globalisasi secara maksimal. Tentu anda dapat mencontoh dan membuat aplikasi anda sendiri dirumah. Beberapa tips dari pada android developer yang sudah memiliki penghasilan tinggi yaitu :

1. Kebutuhan pasar

Dalam membuat aplikasi tentu kita harus melihat kebutuhan pasar terkini. Hal ini bisa jadi meliputi kebutuhan yang disesuaikan dengan umur, situasi dan kondisi serta kesukaan dari masyarakat terkini. Selain itu aplikasi yang ada tentunya memiliki nilai jual dalam fungsi yang bisa dimanifestasikan pada kebutuhan sehari- hari atau hanya penghibur / eksistensi semata.

Secara transparan kebutuhan masyarakat saat ini hanya meliputi eksistensi dan game saja. Sedangkan untuk edukasi ataupun hal lainnya sepi peminat. Tentu hal ini merupakan salah satu peluang pasar bagi pencipta game game android kekinian. Sebagaimana anda membuat game terbaik untuk saat ini bisa anda wujudkan pada game online yang sangat laku dipasaran

Aplikasi lainnya yang merupakan aplikasi yang sering memberikan uang lebih  yaitu aplikasi eksistensi . Secara  tidak langsung menjadikan penggunanya terkenal . Aplikasi ini menjadi favorit karena membuat penggunanya bisa berinteraksi tidak langsung kepada orang yang tidak kenal meskipun satu arah saja . Hal ini merupakan sifat masyarakat yang ingin dikenal


Rekomendasi : Kumpulan tutorial belajar android studio untuk pemula 


 

2. Kualitas aplikasi

Aplikasi tidak hanya ditentukan atas kebutuhan pada setiap konsumen atau pun masyarakat . Selain hal itu untuk membuat aplikasi  menjadi favorit tentu dibutuhkan kualitas yang baik pada tampilan luar maupun dalam . Ini bisa menjadikan konsumen tertarik sehingga ingin mengunduh aplikasi yang sudah disediakan di google playstore .

Kualitas aplikasi yang ada ini tentu sangat ditentukan dengan resolusi dan daya memori yang digunakan . Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut atau tidak . Kualitas aplikasi juga diperlihatkan pada fitur yang diberikan pada saat memainkan aplikasi itu . Sehingga ini tentunya menjadikan konsumen ketagihan bila menarik .

Kualitas aplikasi ini juga bisa ditunjukkan dengan bawaan aplikasi yang berbeda /  unik . sehingga bila orang lain mencobanya menjadi tertarik karena merasa berbeda dengan aplikasi lainnya. terlebih aplikasi ini memiliki sudut pandang berbeda melalui cara mengedukasi maupun segi permainannya. Pola ketertarikan konsumen akan kualitas yang belum perna ada

 


Rekomendasi : Prospek Kerja Android Developer Yang Menjanjikan


 

3. Software pendukung

Hal ini sangat dibutuhkan dalam membuat aplikasi. Software ini pada dasarnya sangat bermacam- macam namun yang sering digunakan bisa android studio ataupun unity. Hal ini karena lebih populer dan umum. Anda harus memahami hal tersebut secara benar- benar agar bisa membuat aplikasi yang baik dan menarik konsumen

4. Jangan takut salah

Dalam membuat aplikasi tentu terkadang akan mengalamai kesalahan yang menjadikan sistem eror. Hal tersebut dirasa wajar karena program yang begitu rumit. Namun anda bisa mengulang hal tersebut dari awal. Bila kesalahan anda tidak diketahui tentu menjadikan anda bingung dan terkadang lebih untuk menyerah menghadapi masalah itu.

Tidak perlu kawatir karena untuk mengatasi masalah anda, kini bisa diadukan pada google. Google menyediakan fasiltas untuk mengtasi masalah eror pada programing. Adapun caranya yakni dengan mencopas eror pada code dan menyalinnya pada google.com. hal tersebut akan ditemui pada pembahasan stackoverflow.

5. Terus belajar

Setiap orang yang sudah mencapai kesuksesan akan hasilnya saat ini terkadang sudah merasa puas dengan yang sekarang. Sehingga mereka hanya menggunakan aplikasi yang itu saja, tidak ada perubahan dan mengakibatkan konsumen bosan nantinya karena terlalu monoton. Adapun hal ini bisa diantisipasi dengan diri anda untuk selalu belajar memperbaiki

Proses pembelajaran ini bertujuan untuk menginovasi aplikasi yang sudah anda buat selama ini. Dengan perkembangan yang begitu pesat menjadikan aplikasi yang ada harus cepat berkembang. Karena hal ini persaingan pasar terus mendorong agar cepat berevolusi sedini mungkin. Penginovasian aplikasi tentu akan lebih meraup untuk anda karena maju lebih cepat


Rekomendasi : Buku Android Studio terbaru 2018 


 

Kesimpulan

Penghasilan android developer memang sangat menjanjikan. Telah di contohkan di atas bahwa penghasilan yang diperoleh bisa melebih gaji dari pns tiap bulannya. Tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pencipta aplikasi. Jika anda ingin seperti mereka maka pelajari semua programing dan segera praktekan, semakin lama anda tidak bergerak semakin anda tertinggal.

 

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.