keuntungan menggunakan cms

10 Keuntungan Menggunakan CMS untuk Pembuatan Website

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat sebuah website. Cara yang paling mudah yaitu menggunakan CMS (Content Management System). Pada tulisan ini penulis akan membahas beberapa keuntungan menggunakan CMS untuk pengembangan website.

Pengertian CMS

Sebelum ke bahasan utama, ada baiknya kita mengenal secara singkat apa itu CMS.

CMS (Content Management System) adalah software atau perangkat lunak yang bisa kita gunakan untuk mengatur isi pada sebuah website. Website yang dimaksud bisa berupa web toko online, perusahaan, berita, dan lain sebagainya.

Intinya dengan menggunakan CMS kita bisa membuat website secara instan.

Karena pada CMS sudah terdapat template, plugin, dan berbagai tools yang bisa kita gunakan untuk website agar lebih optimal tanpa harus menguasai pemrograman.



Macam-Macam CMS Web

keuntungan menggunakan cms
Sumber : https://hiweb.ch/

Dari sekian banyak CMS ada beberapa yang paling populer, di antaranya yaitu :

  • WordPress
  • Moodle
  • Pretashop
  • Joomla
  • VBuletin
  • Magento
  • OpenCart
  • dan lainnya

Selengkapnya kamu bisa mempelajari pada tautan berikut ini  : 9 CMS Website Paling Populer Beserta Fungsinya.

3 Contoh CMS pada Web Besar

Beberapa website populer di dunia saat ini banyak yang sudah menggunakan CMS untuk pengembangan dan optimasi situsnya, di antaranya yaitu :

  • Website Universitas Indonesia menggunakan WordPress untuk pembuatannya
  • Website Fortune.com dikembangkan menggunakan WordPress
  • Perusahaan Mercedezz Benz juga menggunakan CMS WordPress untuk pengembangan situsnya
  • Salah satu situs yang mengulas berita teknologi yaitu Mashable.com juga dikembangkan dengan wordpress
  • dan situs-situs lainnya


10 Keuntungan Menggunakan CMS

Sumber : https://hightouchtechnologies.com/

Lalu apa saja kelebihan yang akan kita dapatkan kalau membuat website dengan CMS? Ternyata cukup banyak lho.

Untuk mengetahuinya simak uraian di bawah ini.

1. Kendali Penuh

CMS memungkinkan penggunanya untuk memegang kendali penuh atas desain dan isi atau konten dari website yang diterbitkan.

Kita dapat megedit atau mengubah bagian-bagian website tanpa harus ketergantungan pada suatu layanan. Dan tidak memerlukan skill coding maupun desain.

2. Pengembangan Bersifat Modular

Situs yang dibuat dengan sistem manajemen konten alias CMS bisa dengan mudah ditambahkan atau menghapus sebuah fitur. Itu karena setiap fitur dan elemen-elemen website bertindak sebagai modul. Misal kita ingin mengganti template, maka dengan mudah kita bisa mencari yang baru dan menghapus yang sudah tidak ingin dipakai lagi.

3. Mudahnya mengupdate Desain dan Konten

Website yang sering diperbaharui secara berkala dalam hal konten maupun desain akan menciptakan kesan kuat dipara penggunanya.

Begitu juga dengan mesin pencari akan memberikan peringkat situs berdasarkan konten yang fresh. Nah dalam hal ini CMS sangat bisa diandalkan.

4. Halaman & Fitur yang Tak Terbatas

Berapa jumlah halaman atau page yang ingin ditampilkan pada websitemu? 500 ? 1000?. Tenang saja dengan CMS kita bisa membuat halaman yang sangat banyak.

Lalu untuk mengoptimalkan website kita juga bisa menambahkan plugin-plugin sesuai dengan kebutuhan. Misal ingin menambahkan tombol share, maka kita bisa menginstall plugin share button, dan lain sebagainya.

5. Multiple Users

Biasanya sebuah website dikelola oleh beberapa orang . Nah dengan CMS kita bisa menambahkan banyak pengguna tanpa harus susah payah, sehingga para pengguna bisa bekerja dimanapun asalkan terhubung dengan internet.

6. Keamanan

CMS memiliki fitur keamanan yang canggih untuk melindungi konten atau database sebuah website dari serangan yang berbahaya. Kita bisa membatasi akses konten ataupun memodifikasi login admin.

Sistem Manajemen Konten memiliki fitur keamanan canggih yang melindungi konten dan basis data Anda dari semua jenis serangan berbahaya. Anda dapat dengan mudah membatasi akses ke konten Anda melalui sistem berbasis izin.

7. Update & Upgrades

Kita bisa dengan mudah memperbarui dan mengupgrade situs sehingga tidak tertinggal dengan teknologi yang baru.

8. SEO Friendly

Website yang dibuat dengan CMS biasanya sangat SEO Friendly. Contohnya website yang dibuat dengan WordPress. Termasuk website yang sedang anda akses ini. Sehingga bagi kamu yang ingin websitenya tampil di nomor 1 google maka disarankan untuk membuat website menggunakan CMS.

9. Komunitas Besar

Dukungan komunitas terhadap CMS biasanya sangat besar. Sehingga ketika kita menemukan error pada saat menggunakan CMS kita bisa dengan mudah menemukan jawaban yang sesuai dengan permasalahan kita dari forum-forum yang sudah tersedia baik itu pada situs CMSnya atau media sosial.

10. Gratis

Ya benar, kita bisa mendapatkan CMS secara Free alias gratis. Tinggal download saja tanpa harus bayar ini itu. Selain CMSnya yang gratis, template dan pluginnya juga gratis.



Penutup

Itulah beberapa keuntungan menggunakan CMS yang sangat bermanfaat untuk pengembangan dan pemeliharaan sebuah situs. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Sumber gambar utama : https://ucarecdn.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.