13 Contoh Domain Yang Paling Banyak Digunakan

Saya yakin teman-teman pasti sudah tahu apa itu domain. (.com) seringkali kita ucapkan sebut saja facebook.com, instagram.com, dan google.com.

Tapi tahukah teman-teman ternyata masih banyak domain lainnya yang sering digunakan pada sebuah website atau situs.

Nah, di artikel ini saya akan mengulas beberapa contoh domain yang paling banyak digunakan pada sebuah website. Apa saja sih domain-domain tersebut. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.



Pengertian dan Fungsi Domain

Secara mudah domain bisa diartikan sebagai alamat sebuah website. Kita bisa mengakses alamat website tersebut pada URL di sebuah browser.

Contoh mengakses domain yang benar bisa dilihat pada gambar berikut.

Soalnya masih banyak yang ingin mengakses alamat lengkap domain tapi malah mengetikannya di kolom pencarian mesin pencari.

Dari pengertian di atas kita tentu saja sudah tahu fungsinya. Yaitu untuk memudahkan pengunjung menemukan atau mengakses website tersebut.

Contoh Domain Yang Sering Digunakan Selain .com

Adakah domain selain .com?

Tentu saja banyak sekali. Berikut akan kita ulas contoh-contohnya.

1. net

contoh domain
Salah satu situs yang menggunakan .net yaitu asp.net

Domain ini berasal dari kata network. Domain ini awalnya banyak digunakan bagi mereka yang bekerja pada jaringan internet.

Tapi domain .net juga sering digunakan untuk menawarkan situs-situs, pribadi, bisnis, blogger, dan lainnya. Jadi, Andapun bisa menggunakan domain tersebut sebagai alternatif jika domain .com yang Anda incar ternyata sudah ada yang menggunakan.

2. id

contoh domain
Web pedulilindungi.id menggunakan domain .id

Domain ini adalah identitas dari negara kita yaitu Indonesia.

Setiap negara punya ektensi domain khususnya. Untuk malaysia bisa my, Australia .au, dan lainnya. Sama ketika kita ingin menggunakan domain .com maupun .net tidak ada syarat-syarat tertentu jika kita ingin menggunakan domain ini untuk alamat website kita.

3. co

Ekstensi domain ini sangat cocok digunakan untuk korporasi atau badan usaha. Karena kepanjangan dari .co sendiri adalah corporation.

.co sendiri diluncurkan pada tahun 2010 dan sudah diakui secara internasional. Tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan domain ini. Biasanya surat-surat yang terkait dengan perizinan usaha akan digunakan untuk bisa memakai domain ini.

4. org

Situs ICW yaitu antikorupsi.org menggunakan ekstensi .org

Website organisasi maka paling disarankan dan paling cocok menggunakan ekstensi domain .org. Teman-teman pasti sudah bisa menebak apa kepanjangan dari .org. Ya, benar yaitu organisation alias organisasi.

5. tv

Website yang menyajikan konten seperti tv atau stasiun televisi bisa menggunakan ekstensi domain .tv. Tapi saat ini hampir semua stasiun tv yang ada di Indonesia menggunakan domain .com. Tak ada salahnya jika Anda akan membuat website yang kontennya video bisa menggunakan domain ini.

6. co.id

Ekstensi ini adalah gabungan dari .co dan .id. Perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia pasti akan menggunakan domain gabungan ini dibandingkan hanya menggunakan salah satunya.

Sebut saja perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi yaitu telkom indonesia memiliki alamat domain telkom.co.id.



7. me

.me dulu pada saat pertama kali muncul banyak sekali digunakan oleh para blogger. Ada salah satu media yang cukup besar menggunakan domain ini yaitu keepo.me.

Andapun bisa menggunakannya jika tertarik.

8. biz

Menurut google domain .biz ini sudah digunakan oleh jutaan bisnis dari 200 negara. Domain ini sangat cocok digunakan untuk website dengan kategori perusahaan ataupun bisnis. Dot biz sendiri kepanjangannya adalah business.

9.  xyz

Menurut saya ini yang paling unik yaitu .xyz. Domain ini sangat murah harganya. Meskipun murah bukan berarti jelek ya. Website yang menggunakan ini tetap bisa mengoptimasi bagian SEO nya. Bahkan perusahaan induk dari google saja yaitu Alphabet menggunakan domain ini untuk websitenya yaitu abc.xyz.

10. My.id

Contoh domain berikutnya yaitu my.id. Untuk menggunakan domain ini sangat murah sekali. Gak jauh beda dengan xyz website yang menggunakan domain ini tetap kita bisa optimasi agar performanya bagus. Domain ini bisa digunakan untuk blog, toko online, dan web lainnya.

11. go.id

contoh domain .go.id
Situs KPK menggunakan ekstensi .go.id yaitu kpk.go.id

Contoh domain berikutnya yaitu go.id. Domain ini biasanya digunakan oleh website lembaga pemerintahan. Misalnya website resmi negara, kabupaten, dan lainnya. Tentu saja tidak sembarang orang bisa menggunakan domain ini. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

12. sch.id

Dari namanya kita sudah tahu. Domain ini biasanya digunakan untuk lembaga pendidikan yaitu Sekolah yang berada di Indonesia. Jadi, kalau Anda ingin membuat website sekolah pastikan menggunakan domain ini ya. Karena kepanjangan dari sch sendiri yaitu school.

13. Ac.id

contoh domain ac id
Situs Universitas Indonesia menggunakan ekstensi ac.id yaitu ui.ac.id

Masih berhubungan dengan dunia pendidikan. Ac yaitu berarti academic adalah domain yang tepat sekali untuk digunakan pada website kampus. Seperti universitas indonesia, ITB, dan UGM menggunakan domain ini untuk alamat websitenya. Yaitu : ui.ac.id, itb.ac.id, dan ugm.ac.id.



Cara Membeli Domain

Untuk membeli domain caranya sangat mudah. Tinggal buka provider yang ingin teman-teman gunakan lalu cek ketersediaan domain.

Oiya, beli domain murah bisa di dapatkan di provider Niagahoster.

Kamu bisa mendapatkan domain.com mulai dari 100 ribuan saja. Saya cek kayaknya lebih hemat dari provider lebih murah dibandingkan provider lainnya.

Kalau penasaran cek aja langsung sendiri. hehe.

Kesimpulan

Jadi, dari contoh domain di atas yang disebutkan kita bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk menentukan domain sebuah website nyatanya tidak melulu harus .com.

Jangan sampai kita ingin membuat website kampus tapi menggunakan .xyz. Sesuaikan dengan kategori websitenya ya kalau mau menggunakan domain. Cukup sekian tulisan ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Sumber gambar utama : https://cdn.medcom.id/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.