website vs marketplace

Website VS Marketplace, Lebih Bagus Mana untuk Bisnis?

Belanja online memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Maka mau tidak mau pebisnis offline harus juga bisa menggaet konsumen secara online, agar tidak tertinggal dan bisa meningkatkan omset juga profit bisnisnya.

Apalagi pada saat pandemi, tren belanja online meningkat begitu pesat. Namun, banyak pebisnis yang bingung apakah jualan onlinenya melalui website sendiri atau melalui marketplace?. Nah, di artikel ini kita akan membahas website vs marketplace, mana yang lebih bagus untuk bisnis kita.

Simak ulasan lengkapnya sekarang juga.

Website Toko Online atau Company Profile?

website vs marketplace
Sumber : landfoster

Yang harus dipahami lebih dulu adalah website yang kita pakai untuk bisnis ada 2 :

  • Pertama yaitu website company profile
  • Kedua website company profile

Apa perbedaannya di antara kedua kategori website tersebut?

Mari kita bahas.

Company Profile

Website jenis ini biasanya digunakan untuk menampilkan informasi seputar perusahaan. Maka tidak ada transaksi yang terjadi di website ini.

Adapun informasi yang tersedia biasanya : layanan, harga, kontak, dan testimoni.

Biasanya website ini digunakan untuk bisnis yang bergerak di bidang jasa.

kmw

Website Toko Online

Kalau website toko online bukan hanya informasi kontak dan testimoni saja. Melainkan akan ditampilkan katalog produk secara lengkap dan juga pengunjung bisa melakukan transaksi pembelian melalui websitenya.

Nah kalau bisnis Anda lebih menjual produk seperti snack, gadget, buku, fashion, dan lainnya  maka disarankan menggunakan toko online untuk memudahkan proses transaksi pembeli.



Marketplace

Setelah memahami 2 kategori website yang sering digunakan untuk bisnis. Selanjutnya kita sedikit mengenai marketplace.

Secara singkat marketplace merupakan mall online di mana di dalamnya terdapat penjual dan pembeli dan bisa melakukan transaksi jual beli.

Beberapa contoh marketplace besar di Indonesia yaitu :

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Dan Bukalapak

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan ketiga marketplace di atas. Salah satunya karena mereka memang gila-gilaan memasang iklan di televisi.

Website VS Marketplace

website vs marketplace
Sumber : freepik.com

Sekarang saatnya kita membahas bagusan mana sih website dan marketplace?

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan untuk proses bisnis. Supaya lebih mudah saya akan jelaskan kelebihan dan kekurangannya dalam bentuk tabel.

Keunggulan Menggunakan Website

No Keunggulan  Penjelasan 
1 Mengontrol Penuh Dengan memiliki website sendiri kita bisa mengontrol penuh mulai dari tampilan desain, menu, katalog, hingga menentukan proses belanja konsumennya.
2 Branding Mudah Kita juga bisa membangun brand secara mudah dan leluasa. Kita bisa mengenalkan logo dan filosofinya kepada konsumen dan membentuk citra persona sesuai dengan value produk yang kita tawarkan kepada konsumen.
3 Funneling Kita juga bisa mendapatkan database konsumen dengan mudah. Mulai dari nama, kontak wa, email, dan alamat tempat tinggalnya.

Yang mana data ini nanti kita bisa rawat dan dilain kesempatan bisa kita tawarkan produk yang sejenis yang pernah dibeli oleh konsumen.

4 Tidak Ketergantungan dengan Pihak Lain Kalau sewaktu-waktu marketplace atau sosial media down maka kita tetap bisa berjualan dengan aman di website yang sudah kita bangun.

Kekurangan Menggunakan Website

No Kekurangan Penjelasan 
1 Dibutuhkan Modal Untuk membangun website kita harus punya skill membuat website dan juga membeli domain dan hosting. Ya, kurang lebih kita minimal kalau kita sudah punya skill nya kita Cuma butuh untuk membeli domain hosting sekitar 500 sampai 1 jutaan pertahun. Itu yang paling terjangkau ya harganya.
2 Butuh Pengelola Yang Baik Website juga harus dirawat ya, supaya kualitas keamanannya bagus, kecepatan loadingnya gak terlalu lambat sehingga membuat konsumen pergi, dan lainnya.

Jadi, kita akan berfikir bagaimana proses pembayaran konsumen. Apakah dengan cara konfirmasi manual atau otomatis, bagaimana cara mengirimkan notifikasi whatsapp secara otomatis ke konsumen, dan hal teknis lainnya.

3 Diperlukan Strategi untuk Mendatangkan Pengunjung Website yang baru saja kita buat tidak akan ada pengunjungnya sama sekali kecuali kita sendiri dan orang-orang yang kita beritahu.

Maka, ini merupakan bagian yang tersulit dan penuh tantangan. Di mana kita harus bisa mendatangkan pengunjung ke website kita menggunakan SEO maupun Paid Traffic.

Keunggulan Menggunakan Marketplace

No Keunggulan  Penjelasan 
1 Gampang untuk Mulai

Kita hanya perlu mendaftar menggunakan email maupun nomor handhpone, lalu mengatur kelengkapan toko online kita seperti alamat, menambahkan produk, harga, deskripsi, foto produk dan lainnya. Jadi dalam hitungan menit kita sudah bisa langsung punya toko online sendiri di marketplace.

2 Tidak Butuh Modal Besar Untuk mulai jualan sebetulnya gratis. Tapi kita juga bisa menggunakan fasilitas iklan yang telah disediakan marketplace supaya lapak kita bisa ter up dan dilihat oleh pengunjung. Dan biayanyapun relatif murah.

 

3 Sudah Ada Pasar Kita tidak harus bingung lagi untuk mendatangkan pengunjung. Karena ya namanya juga mall online, otomatis akan banyak pengunjung yang lihat produk ini itu dan mengunjungi toko ini itu.

 

4 Ada program dan fitur Biasanya marketplace juga menyediakan subsidi ongkir, fitur diskon, dan lainnya.

Kekurangan Menggunakan Marketplace

No Kekurangan Penjelasan 
1 Kompetisi Tinggi Karena banyak sekali yang berjualan di sini, maka kita harus siap bersaing dengan kompetitor yang juga jual produk sejenis dengan kita.

kmw

 

2 Sulit Menganalisa Pasar Kita tidak bisa punya akses lengkap terhadap pola belanja konsumen, dan juga kita tidak bisa memiliki data konsumen.

 

3 Perang Harga Di marketplace itu pasti selalu terjadi perang harga. Maksudnya kalau di toko a harganya 1000 maka toko b akan menurukan harga menjadi 900. Bahkan di toko c kita bisa lihat harganya jadi lebih murah lagi yaitu 500. Begitulah di marketplace harga produk di banting-banting. hehe

Kesimpulan

Mana yang lebih bagus? Anda bisa menentukannya sendiri setelah membaca kelebihan dan kekurangan dari tabel di atas. Hemat saya tidak ada salahnya kalau kita punya modal dan tim kita bisa menggunakan keduanya untuk menjangkau konsumen baik melalui marketplace maupun website.



Penutup

Itulah sedikit ulasan mengenai website vs marketplace. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga ya. See you ..

Sumber gambar utama : https://asperbrothers.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.