Skip to main content
suksesnya aplikasi snapchat

Evan Spiegel, Anak Muda Dibalik Suksesnya Aplikasi Snapchat

Suksesnya aplikasi Snapchat terlihat ketika banyak yang menggunakannya. Aplikasi Snapchat banyak digemari oleh semua orang karena sangat bagus. Tidak hanya itu ternyata aplikasi yang mengirimkan gambar bisa menghilang dalam waktu beberapa detik saja. Suksesnya aplikasi Snapchat ternyata tidak secara instan, banyak halangan dan rintangan yang dihadapi oleh pendirinya.

Evan Spiegel Pendiri Suksesnya Aplikasi Snapchat

Seorang entrepreneur hebat dari Amerika dalam bidang internet yang bernama Evan Thomas Spiegel telah berhasil membuat sebuah aplikasi kirim gambar. Nama aplikasi tersebut yaitu Snapchat.  Ribuan foto telah dikirim melalui aplikasi tersebut oleh penggunanya.

suksesnya aplikasi snapchat

 

Evan Thomas Spiegel lahir pada tanggal 4 juni 1990 di Caifornia, Los Angeles. John W. Spiegel dan Melissa Ann Thomas merupakan orangtua dari Evan. Keduanya bekerja sebagai pengacara yang sukses dan terkenal.
Pendidikan Evan dimulai dari crossroad school for art and science yang berada di Santa Monica. Dia berhasil sukses masuk ke perguruan tinggi yaitu Stanford University. Tidak hanya belajar disekolah saja tetapi Evan juga disibukkan untuk melakukan kegiatan belajar kursus, diantaranya yaitu The Art Center College Of Design in Pasadena, dan The Otis College Of Art and Design.

Sebagai anak pengacara yang sukses Evan tidak bergantung pada kedua orangtuanya. Dia tidak manja dan pernah mencoba magang tanpa adanya bayaran. Dia sudah pernah magang sebagai instruktur karir yang berada di Cape Town, perusahaan khusus biomedical, serta intuit dalam proyek Txtweb. Pada akhirnya tahun 2012 dia fokus dalam pengembangan Snapchat dan meninggalkan kegiatan magangnya.

 

Sejarah  Snapchat

Snapchat adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Evan dan kedua temannya. Kedua temannya tersebut bernama Reggie Brown dan Bobby Murphy. Evan sebagai Chief Executive Officer, Murphy ditunjuk sebagai Chief Technology Office, dan Brown adalah Chief marketing officer dari Snapchat.

Versi utama dari Snapchat adalah aplikasi picaboo yang telah diluncurkan pada tanggal 13 juli 2011. Aplikasi ini diluncurkan pada Aple App Store, pada hari pertama diluncurkan aplikasi ini dapat mencapai ribuan unduhan yang sangat hebat.

Picaboo dianggap gagal dikarenakan adanya banyak pengguna yang mampu mengambil gambar dengan screenshot meski video asli dari Snapchat sudah menghilang.

Tanggal 16 agustus 2011 Brown keluar dari kerja sama dan pengembangan Snapchat masih terus berlanjut. Pada saat sisa dua orang Evan dan Murphy, mereka fokus dan merubah Picaboo menjadi Snapchat. Mereka berdua menambahkan sebuah fitur pada aplikasi Snapchat yang bisa dituliskan keterangan video atau gambar.
Peningkatan pengguna Snapchat meningkat pesat dan hingga mencapai 20 ribuan dan bisa meningkat menjadi 100 ribuan.

Akhirnya perusahaan Snapchat mengalami kesulitan pendanaan tetapi Evan tetap berusaha mencari dana sehingga terselamatkan. Pada saat itu datanglah Brown dan ingin menuntut Snapchat karena pada saat Brown keluar saham yang dimintanya tidak diberikan pada Evan. Kasus ini sudah ditemukan pemecahannya hingga selesai dengan hukum.

 

Snapchat Diretas

Evan mengalami permasalahan lagi, aplikasi Snapchat terhalang pada adanya peretasan. Ada pihak ketiga yang memiliki snapsaved jadi gambar dan video bisa disimpan. Ada juga kebocoran pada ribuan video sehingga keamanan dan tingkat privasinya sangat kurang. Evan bersama 35 orang pekerjanya akhirnya sedikit demi sedikit memperbaiki aplikasi Snapchat hingga berkembang seperti sekarang ini.

Suksesnya aplikasi Snapchat tidak berasal dari Evan saja tetapi juga dari dukungan teman dan kedua orangtuanya. Pada saat sekarang aplikasi ini sudah mendunia dan telah diunduh oleh jutaan orang.

Bagaimana cukup menginspirasi bukan ? jangan lupa klik tombol share ya 😀

Sumber :  Image 


Yuk belajar bikin aplikasi android untuk pemula disini !

Atau bisa juga dengan latihan dari ebook ini 


 

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.