technopreneurship

Technopreneurship : Pengertian, Peluang, dan Perkembangan di Indoensia

Apa itu Technopreneurship? Pernahkah anda mendengar istilah tersebut sebelumnya? Jika belum dan ingin mengetahui secara detail, simak ulasan selengkapnya dari artikel berikut ini.

Technology Companies

Kita tentu sudah tahu dan bahkan familiar dengan perusahaan Gojek, Facebook, dan Tokopedia. Perusahaan tersebut bisa dikategorikan sebagai perusahaan berbasis teknologi ( Technology Companies).

Menurut buku technology ventures, Perusahaan teknologi yaitu perusahaan-perusahaan yang menghasilkan secara konstan, produk-produk yang menciptakan nilai, dan menstimulasi pertumbuhan ekonomi, dengan membawa ide dan teknologi baru ke dunia global.

Pengertian Technopreneurship

Technopreneurship adalah usaha untuk  memulai dan mengembangkan perusahaan teknologi yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan akan memberikan dampak yang besar kepada dunia.

Orang-orang yang berusaha memulai dan mengembangkan perusahaan berbasis teknologi disebut technopreneur. Jadi, Mark Zukcerberg, Wiliam Tanuwijaya, dan Bill Gates adalah beberapa contoh dari technopreneur yang berhasil.

Enterpreneur VS Technopreneur

Perbedaan yang paling mendasar antara Entrepeneur dengan Technopreneur yaitu :

  • Technopreneur tidak hanya menjual barang komoditas maupun industry yang persaingannya relatif sangat ketat.
  • Mereka menjua produk yang mampu menjadi substitusi maupun komplemen dalam kemajuan peradaban manusia.

Perkembangan Technopreneurship di Indonesia

Sumber : https://www.victorynews.id/

Akhir-akhir ini technopreneurship menjadi sangat penting dan menarik di Indonesia. Faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu :

  • Indonesia memiliki banyak sekali potensi ekonomi. Ada beberapa ahli yang menyebutkan jika Indonesia akan menjadi Negara dengan ekonomi terbesar nomor 7 di dunia pada tahun 2030.
  • Jumlah pengguna internet di Indonesia sangat besar
  • Banyak pemodal asing yang masuk ke Indonesia untuk berinvestasi : Contohnya Softbank yang berinvestasi di Tokopedia dan startup lainnya di Indonesia.

3 Alasan untuk Terjun ke dunia Technopreneurship

  1. Tidak perlu modal besar : para pendiri perusahaan berbasis teknologi awalnya tidak langsung membuat perusahaan sebesar sekarang yang kita lihat. Sebut saja facebook awalnya hanya diciptakan mahasiswa di kamar kos-kosannya. Apple kantor awalnya hanya bermodalkan garasi. dan perusahaan besar teknologi lainnya berawal dari hal kecil dan semangat yang besar untuk maju.
  2. Nilai pengembalian yang tinggi : Jumlah valuasi perusahaan teknologi di Indonesia maupun di dunia sangat besar jumlahnya. Bahkan jika perusahaan teknologi tersebut benar-benar bisa memberikan dampak ekonomi untuk masyarakatnya akan sangat cepat memiliki nilai valuasi yang tinggi. Contohnya perusahaan Gojek yang saat ini bernilai triliunan.
  3. Tidak perlu sumber daya yang banyak : Contohnya ruangguru.com perusahaan EduTech terbesar di Indonesia tidak merekrut guru-guru tetap melainkan orang yang ingin menjadi guru bisa mendaftar secara online melalui aplikasinya. Begitu juga dengan Gojek, mereka tidak mempunyai armada. Jadi mereka hanya menyediakan aplikasi untuk menghubungkan antara guru dengan murid atau driver dengan penumpang.

Perusahaan Berbasis Teknologi yang sukses dari Indonesia

Sumber : https://kabarmedan.com/

Saat ini sudah banyak perusahaan berbasis teknologi internet yang sukses di Indonesia, di antaranya yaitu :

  • Tokopedia : Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 merupakan salah startup tech yang termasuk ke dalam Unicorn di Asia Tenggara. Saat ini Tokopedia juga menjadi marketplace nomor 1 di Indonesia.
  • Gojek : Perusahaan berbasis teknologi besutan Nadiem Makarim ini sudah mencapai nilai valuasi triliunan meskipun mereka tidak punya armada sendiri. Gojek bergerak dibidang transportasi online, pembayaran online, dan lainnya.
  • Bukalapak : Sama seperti Tokopedia, Bukalapak merupakan salah satu Marketplace terbesar yang sukses di Indonesia. Achmad Zaky adalah orang dibalik berdirinya perusahaan sukses ini.
  • Ruangguru : Beberapa tahun ke belakang, khususnya di tahun 2019 ruangguru sedang gencar-gencarnya promosi besar-besaran di TV. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan ini merupakan perusahaan EduTech tersukses dan terbesar di Indonesia pada tahun 2020 ini.
  • Traveloka : Siapa yang tidak pernah melihat iklan dari perusahaan ini di TV. Dengan tagline “ Traveloka dulu “ ketika ingin memesan hotel dan tiket pasti yang diingat pertama kali adalah Traveloka
  • dan masih banyak perusahaan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian, peluang, dan alasan mengapa terjun ke technopreneurship. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

  • Sumber gambar utama : https://www.iss.nus.edu.sg/
  • Sumber referensi : channel youtube harukaedu

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.