Badoy Studio

manfaat website untuk bisnis

Apa sih manfaat website untuk bisnis? Pentingkah? Hanya formalitas saja?. Temukan jawabannya sekarang juga di artikel berikut ini.



Sebetulnya, Bisnis Tidak Selalu Harus Memiliki Website!

Tidak semua bisnis harus memiliki website.

Jangan memaksakan, dari pada keluar biaya untuk membuat website dan memaintenancenya lebih baik bisnis tidak harus punya website.

Maksudnya begini. Kalau memang bisnisnya tidak ingin menjangkau konsumen dari online alias hanya berjualan secara offline saja, maka buat apa gunanya website?

Lebih baik fokuskan strategi secara offline saja dari pada nantinya buat website untuk bisnis tapi tidak tahu cara mengelolanya.

Tapi, Bisnis Harus Memiliki Website, Jika …

manfaat website untuk bisnis
Sumber : https://blog.citos.id/

Sebaliknya bisnis harus memiliki website jika ingin menggaet pembeli atau client dari berbagai daerah yang ada di Indonesia yaitu dengan memanfaatkan internet.

Misal Anda mempunyai bisnis eko wisata di suatu daerah, selain berpromosi di media sosial Anda juga bisa mengembangkan website yang content marketingnya adalah seputar wisata.

Atau bisa juga memanfaatkan paid traffic seperti google ads ataupun facebook ads untuk mempromosikannya lebih gencar lagi.

Jadi, dua itu harus dipahami dulu terlebih dahulu ya. Sekarang silahkan pikirkan apakah bisnis Anda butuh website atau tidak.

Inilah 6 Manfaat Website untuk Bisnis

Sekarang baru kita akan lanjut ke pembahasan apa saja sih manfaat website untuk keberlangsungan suatu bisnis atau usaha.

Setidaknya ada 6 manfaat yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Di antaranya yaitu :

1. Menjangkau pelanggan dari manapun

manfaat website untuk bisnis
Sumber : https://blog.okeo.shop/

Dengan adanya website orang dari negara manapun akan bisa mengakses bisnis kita asalkan satu syaratnya yaitu mereka harus terkoneksi dengan internet. Hehe

Tapi bukan artinya semua negara akan jadi target market bisnis tersebut ya.

Kalau targetnya hanya Indonesia, maka orang dari berbagai pulau yang ada di Indonesia akan mudah mengakses website bisnis kita. Sehingga bisa terjadi transaksi ataupun list building di website.

Itu artinya target pasar suatu bisnis akan semakin meluas.

2. Tidak Harus Jaga Lapak

Kalau kita buka toko offline maka kita harus menjaganya sesuai dengan jam sudah ditentukan. Kalau tidak ada yang jaga ya bahaya dong 😀

Beda dengan website, kalau kita membuat website toko online maka kita tidak harus ontime menjaganya. Bahkan kita bisa meninggalkannya.

Caranya bagaimana?

Ya, tinggal kita setting semuanya menjadi otomatis. Misalkan pembayaran nanti diverifikasi otomatis, notifikasi akan masuk otomatis ke buyer. Sehingga nanti kita tinggal menerima info atau notif secara otomatis jika ada yang beli ataupun ada yang melakukan pembayaran.

3. Orang Bisa Beli Kapan Saja

Selain calon buyer bisa berkunjung ke website kita kapan saja, mereka juga bisa melakukan transaksi kapan saja. Mau jam 11 malam, ataupun jam 4 subuhpun bisa terjadi.

Jadi, 24 jam siapapun bisa transaksi melalui website bisnis yang kita bangun ya.

 

4. Membangun Database Pelanggan

Sumber : http://groeducontentmarketing.com/

Membangun bisnis yang baik artinya harus mau membangun database pelanggan secara baik.

Istilah dalam dunia bisnis disebut dengan funneling.

Orang yang sudah melakukan pembelian pertama kali disebut dengan buyer. Buyer tersebut akan masuk ke database pelanggan, yang mana kita bisa follow up, komunikasi, dan menginformasikan promo untuk suatu produk yang lainnya.

Maka ketika dia beli lagi-lagi dan lagi jadilah customer.

Nah, dengan menggunakan website kita akan sangat mudah membangun database pelanggan. Database di sini yaitu nama pembeli, email, no whatsapp, dan alamat.

5. Membangun Branding Bisnis

Dengan website kita bisa menyampaikan value suatu bisnis ke calon buyer secara lebih mudah. Sehingga nantinya akan terbentuk citra branding suatu usaha.

Untuk branding menggunakan website kita bisa menggunakan info singkat bisnis, testimoni pelanggan, dan content marketing.

6. Mudah Melakukan Content Marketing

Sumber : https://dotnextdigital.com/

Di atas sudah dibahas sedikit tentang konten marketing.

Dengan adanya website suatu bisnis bisa membangun konten secara konsisten di websitenya menggunakan artikel.

Jadi, website suatu bisnis tinggal dibuat kategori blognya nah blog ini nantinya diisi dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan kategori bisnisnya.

Misalnya, ada bisnis jasa dekorasi wedding. Maka konten atau artikelnya nanti berisi seputar tips dan trik seputar wedding.

Ketika artike-artikel tersebut sudah teroptimasi SEOnya, maka siap-siap website Anda akan mendaptkan pengunjung dan calon pembeli organik dari mesin pencari Google.



Penutup

Itulah beberapa alasan kenapa harus website dan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika menggunakan website untuk suatu bisnis atau usaha. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya.

Sumber gambar utama : https://fruitylogic.com/

By Guntoro

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.