Badoy Studio

pemrograman dasar

Jika kamu berniat untuk belajar membuat aplikasi atau program komputer. Artikel ini tepat sekali untuk kamu baca. Luangkan waktumu kurang dari 15 menit untuk memahami materi awal pemrograman dasar.

pemrograman dasar
Infografik Pemrograman Dasar


#1 Memahami Apa itu Pemrograman Dasar 

Pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, testing,  memperbaiki, dan memaintenace (memelihara) perintah-perintah (kode/ script) sebuah program komputer.

Contohnya begini!

SMADAV merupakan sebuah program komputer antivirus buatan Indonesia yang cukup keren dikelasnya. Apakah program SMADAV bisa langsung selesai hanya dalam hitungan jam ? Tidak mungkin.

Pasti ada sebuah proses yang dilalui oleh programmer (pembuat program) untuk membuat aplikasi sesempurna SMADAV.


Rekomendasi Bacaan Lainnya :


Sesuai dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :

  • Programmer menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu
  • Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer akan melakukan rilis (biasanya ada versi program alfa, beta, dan stable) dan testing.
  • Lalu programmer akan mencari apakah ada kesalahan (debug) pada program yang sudah dirisil
  • jika ditemukan debug, programmer akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya
  • Tahap selanjutnya programmer akan merilis program  dengan versi yang lebih baru. Lalu akan dilakukan pemeliharaan secara berkala.

Tidak ada program komputer yang sempurna. Programmer akan selalu melakukan update terhadap programmnya sesuai dengan kebutuhan user dan perkembangan teknologi terbaru.

#2 Konsep Dasar Pemrograman / Programming

Konsep dasar pemrograman komputer yaitu Input, proses, dan output.

  • Input merupakan proses memasukan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input (mouse, keyboard atau lainnya)
  • Setelah data di inputkan maka akan diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan (storage).
  • Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output (speaker, monitor, atau lainnya).

Namun kini konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi Originating > Input > Proses > Output > Distribution.

  • Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.
  • Sedangkan distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
  • Ada satu lagi komponen penting yaitu Storage.
  • Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.
pemrograman dasar
Konsep Pemrograman

#3 Macam – Macam Bahasa Pemrograman yang Populer Saat Ini

Bahasa pemrograman digunakan untuk membuat sebuah program komputer yang terdiri dari kumpulan kode-kode (sintaks) yang digunakan untuk mengerjakan proses tertentu pada komputer.


Baca Juga :


Bahasa pemrograman memiliki tugas untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer. Kita klik save maka data akan tersimpan. Kita klik play maka music akan diputar. itulah bagian dari mengerjakan perintah pada bahasa pemrograman.

Ini Gambaran sederhana komputer dan intruksi program !

pemrograman dasar
Komputer dan Intruksi Program

#4 Kategori Bahasa Pemrograman

Berdasarkan tingkatannya bahasa pemrograman komputer dibedakan menjadi 2 yaitu Bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi.

Bahasa Tingkat Rendah

Yaitu bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin. Bahasa ini dikerjakan langsung oleh mesin. Contohnya yaitu bahasa standar rakitan atau biasa kita kenal dengan assembler.

Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa ini sudah mendekati bahasa manusia. Artinya pengguna sudah dapat memahami bahasa ini. Mesin membutuhkan compiler untuk mengerjakan perintah. PHP, java, C++, Pascal dan masih banyak lainnya merupakan contoh dari bahasa tingkat tinggi.

#5 Jenis Bahasa Pemrograman yang Populer Saat Ini 

Ada puluhan jenis bahasa pemrograman yang digunakan diseluruh dunia. Setiap bahasa pemrograman pastinya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Popularitas disetiap Negara juga berbeda-beda.

Jika di Indonesia bahasa pemrograman A booming belum tentu jika di negara lain.

Baru-baru ini stackoverflow yaitu situs untuk tanya jawab tentang masalah teknis pemrograman merilis survey bahasa pemrograman apa saja yang popular pada tahun 2018. Silahkan melihatnya pada situs resmi stackoverflow.

Mulailah belajar pemrograman dasar dengan satu bahasa pemrograman.

Saya dulu memulai belajar pemrograman dasar menggunakan bahasa java. Mengapa java ? Karena dosen mata kuliah pemrograman dasar memilih java. Jadi ya mengikuti saja. 😀

Setelah java baru belajar bahasa pemrograman PHP.  Namun sebelum keduanya dipelajari yang lebih awal yaitu belajar HTML dan CSS.

Ingin Belajar Pemrograman web ? Mulai dari sini.

Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk belajar pemrograman dasar yaitu :

– Java

pemrograman dasar
Logo Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan Salah satu bahasa pemrograman yang paling popular. Dikarenakan bisa dijalankan disemua platform dan OS yang berbeda-beda.

Aplikasi android kebanyakan dikembangkan menggunakan bahasa java.

Walaupun google telah resmi mendukung c++ dan baru-baru ini kotlin tetap saja java jadi primadona. Ini dikarenakan library java cukup lengkap sehingga memudahkan programmer.

– Pascal

Pascal memang tidak terkenal bahkan sampai sekarang saya belum pernah melihat lowongan pekerjaan yang membutuhkan programmer pascal.

Apakah bahasa pemrograman pascal ini jelek ?

Pascal cukup bagus dan mumpuni dikelasnya. Hanya saja mereka dukungan industry dan minimnya marketing mengakibatkan pascal tidak begitu populer.

Disekolah ataupun dikampus pascal masih banyak digunakan. Bukan tanpa alasan. Melainkan karena jika ingin mempelajari algoritma dan pemrograman dasar komputer pascal ini sangat cocok untuk dipelajari.

Lalu setelah paham dasar-dasar dipascal bisa dilanjutkan untuk belajar java, c++, php, dan bahasa pemrograman lainnya.



Materi Kuliah Sistem Informasi :


 – C++

pemrograman dasar
Icon Bahasa Pemrograman C++

 C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C. Bahkan memiliki penulisan sintaks yang hampir mirip. Namun tetap sja keduanya memiliki perbedaan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam pemrograman komputer.

– PHP 

pemrograman dasar
Icon Bahasa Pemrograman PHP

Php yaitu salah satu bahasa pemrograman berbasis web dan cukup banyak penggunanya.

Jika html dan css hanya berfokus pada tampilan sebuah aplikasi web saja. maka php inilah yang menghidupkan fungsi-fungsi dari tampilan yang sudah dibuat  menggunakan html dan css.

Memberikan perintah pada tombol, menginputkan isian, dan lainnya itu bisa dikerjakan oleh bahasa pemrograman php.

di Indonesia sendiri komunitas PHP Indonesia khususnya grup facebook cukup banyak dan aktif anggotanya. Silahkan cek sendiri Grup Facebook PHP Indonesia.

Ingin mengetahui lebih jelas tentang bahasa pemrograman PHP ? Pelajari pada artikel : Apa itu PHP ? Inilah Ulasan Lengkapnya ! 

Untuk mengetahui beberapa jenis bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan oleh para developer silahkan cek di sini : 16 Contoh Bahasa Pemrograman Paling Populer

#6 Perancangan Program

Beberapa hal yang harus dilakukan programmer untuk merancang program agar lebih terarah yaitu pembuatan algoritma dan flowchart (diagram alir).

Algoritma yaitu penjabaran langkah-langkah yang akan dikerjakan oleh program komputer yang akan dirancang menggunakan bentuk kalimat-kalimat sederhana.

Sudah paham Algoritma ? Perhatikan contohnya di bawah ini.

Algoritma Mencari Materi Pemrograman Dasar : 

  • Buka browser: Langkah pertama adalah membuka peramban web (browser) di perangkat yang digunakan.
  • Ketik di kolom pencarian: Setelah browser terbuka, user akan memfokuskan perhatian pada kolom pencarian yang biasanya terletak di bagian atas atau tengah halaman. User kemudian mengetikkan kata kunci atau frasa yang relevan dengan materi pemrograman dasar yang ingin dicari. Dalam hal ini, kata kunci yang digunakan adalah “Pemrograman dasar.”
  • Akan ditampilkan hasil pencarian: Setelah mengetikkan kata kunci, user akan menekan tombol “Enter” atau ikon pencarian. Ini akan memicu mesin pencarian untuk mencari hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.
  • Tampilan hasil pencarian: Hasil pencarian akan ditampilkan dalam bentuk daftar atau grid, biasanya berisi judul, deskripsi singkat, dan tautan ke berbagai artikel atau sumber yang relevan. Salah satu dari hasil ini adalah artikel atau sumber yang sedang diakses oleh user saat ini.
  • User membuka salah satu list yang ditampilkan: User akan menelusuri hasil pencarian dan memilih salah satu dari daftar yang ditampilkan yang sepertinya paling relevan atau menarik bagi mereka. Ini bisa berupa mengklik tautan judul artikel atau sumber lainnya.
  • User mendapatkan materi pemrograman dasar: Setelah mengklik tautan atau mengakses sumber yang dipilih, user akan mulai membaca atau mengakses materi pemrograman dasar yang ada di dalam artikel atau sumber tersebut. Materi ini dapat berupa teks, gambar, video, atau kombinasi dari berbagai media.

Komputer itu bagian dari matematika. Dan matematika akan selalu berhubungan dengan logika. Algoritma itu langkah-langkah yang sistematis dan logis.

Algoritma disusun dalam bentuk kalimat. Sedangkan flowchart disusun menggunakan blok-blok gambar (grafis)

Supaya lebih paham silahkan baca artikel 21 contoh algoritma dan flowchart.

Ada yang bilang proses tersebut tidak harus dilakukan. Tapi saya sarankan lebih baik membuat algoritma dan flowchart sebelum merancang program. Walaupun hanya oret-oretan belaka.

#7 Software Pendukung

Untuk membuat program aplikasi dekstop, web, ataupun android kita membutuhkan software pendukung. Salah satunya adalah IDE.

IDE ( Integrated Development Environment ) merupakan software aplikasi biasanya berbasis GUI yang digunakan sebagai tempat menuliskan setiap baris-baris kode bahasa pemrograman. Di IDE ini juga kita bisa menjalankan (Running ) program aplikasi yang sudah dibuat.

Hampir semua IDE kini sudah modern yang memiliki beberapa feature :

  • Editor Kode (Code Editor) atau Text Editor 
  • Debugger
  • Intelegent Code Completion
  • Build Automation

Beberapa contoh IDE yaitu :

Android Studio:

Android Studio adalah IDE yang dikhususkan untuk pengembangan aplikasi Android. IDE ini dikembangkan oleh Google dan menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengembangan aplikasi Android.

Fitur Utama:

  • Code Editor: Android Studio memiliki code editor yang dioptimalkan untuk bahasa pemrograman Android, seperti Java dan Kotlin.
  • Intelligent Code Completion: Ini adalah fitur yang memberikan saran cerdas saat menulis kode, sehingga mempercepat proses pengembangan.
  • Emulator Android: Android Studio menyertakan emulator Android yang memungkinkan pengembang menguji aplikasi mereka di berbagai perangkat Android virtual.
  • Lainnya: IDE ini juga menyediakan berbagai alat bantu dan dukungan untuk pengujian, pemecahan masalah, dan desain aplikasi Android.

Atom, Visual Studio Code, Sublime Text, NetBeans

Atom, Visual Studio Code, Sublime Text, dan NetBeans adalah IDE yang umumnya digunakan untuk pengembangan aplikasi web dan perangkat lunak berbasis web.

Fitur Utama: IDE ini umumnya memiliki fitur berikut:

  • Code Editor: Mereka menyediakan editor teks yang kuat dengan fitur penyorotan sintaksis dan indentasi.
  • Dukungan untuk Berbagai Bahasa Pemrograman: Pengembang dapat menulis atau mengedit kode dalam berbagai bahasa, seperti HTML, CSS, PHP, JavaScript, dan banyak lagi.
  • Ekstensibilitas: Atom, Visual Studio Code, dan Sublime Text dapat diperluas dengan plug-in dan ekstensi yang memungkinkan pengembang menyesuaikan pengalaman mereka.
  • Dukungan untuk Kolaborasi: Beberapa IDE ini memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan pengembang bekerja bersama dalam proyek yang sama.

Xcode:

Xcode adalah IDE yang dikembangkan oleh Apple dan digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk platform iOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

Fitur Utama:

  • Code Editor: Xcode menyediakan editor untuk bahasa pemrograman seperti Swift dan Objective-C.
  • Interface Builder: IDE ini memiliki alat untuk merancang antarmuka pengguna (UI) secara visual.
  • Simulator iOS: Xcode menyertakan simulator iOS yang memungkinkan pengembang menguji aplikasi mereka di berbagai perangkat iOS virtual.
  • Dukungan untuk Aplikasi Mobile: Xcode adalah pilihan utama untuk pengembangan aplikasi mobile iOS, dan menyediakan berbagai alat dan sumber daya untuk pengembangan aplikasi yang berkinerja tinggi.

Layanan kami : 


# Kesimpulan

Pemrograman dasar itu penting dipelajari khususnya mahasiswa jurusan sistem informasi dan teknik informatika karena pemrograman dasar merupakan pondasi awal untuk bisa membuat program aplikasi. Prospek pekerjaan lulusan sistem informasi dan teknik informatika juga sangat bagus karena kemajuan teknologi akan semakin pesat dimasa depan.

Setiap orang pasti berbeda-beda keinginannya dalam membuat program aplikasi. Ada yang hanya tertarik belajar pemrograman web, ada juga yang tertarik pemrograman android. Begitupun dengan kamu. Apa program aplikasi yang ingin kamu buat ?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share agar tersebar lebih luas. Semoga sukses dan selamat memulai menjadi programmer :).

By Guntoro

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.