manfaat website

Manfaat Website pada Berbagai Bidang

Di era digital saat ini, hampir semua orang terhubung dengan internet melalui gawai yang mereka punya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, ekonomi, hiburan, dan lainnya. Popularitas internetlah yang mendorong berbagai hal hadir secara online dalam bentuk website.

Namun ternyta masih banyak yang belum memahami apa saja manfaat website bagi personal, bisnis, atau sebuah lembaga. Pada artikel kali ini badoystudio akan mengulas lebih dalam manfaat dari sebuah website, simak selengkapnya sekarang juga!

Pengertian Website

Sebelum membahas lebih dalam mengenai manfaat website ada baiknya kita pahami apa itu website.

Menurut idwebhost secara singkat website adalah kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi. Informasi tersebut bisa berupa teks, gambar, video ataupun file lainnya dan bisa diakses menggunakan browser pada suatu perangkat, baik mobile maupun desktop.

Fungsi dan Manfaat Website yang Paling Utama

Fungsi dan manfaat website yang paling utama yaitu untuk memberikan informasi tentang suatu hal sehingga bisa diakses oleh hal layak di mana saja dan kapan saja melalui internet.

Manfaat Website pada Berbagai Bidang

Supaya lebih spesifik lagi mari kita pahami manfaat website untuk personal, bisnis, sekolah, dan lainnya melalui uraian di bawah ini.

1. Manfaat Website Bagi Personal (Perorangan)

manfaat website
Contoh website personal. Sumber : https://sandiuno.com/

Apakah kita harus punya website?

Tujuan dari membuat website bagi seseorang atau pribadi yaitu untuk meningkatkan personal branding. Sebetulnya media sosial juga bisa digunakan untuk meningkatkan personal branding. Namun dengan website, personal branding kita akan menjadi naik di era digital seperti ini.

Hal tersebut bisa terjadi karena 4 manfaat website pribadi berikut ini :

  • Mudah ditemukan di Internet

Website pribadi umumnya menggunakan domain dengan nama sendiri. Contohnya indrawiguna.com atau indrawiguna.net. Ketika website sudah dibuat semenarik mungkin juga dilengkapi dengan menuliskan blog atau karya maka website tersebut akan dimunculkan oleh mesin pencari saat kita mengetik nama seseorang yang sudah memiliki website.

Sehingga orang bisa dengan mudah melihat portofolio pendidikan, pekerjaan, hobi ataupun yang lainnya melalui website yang sudah kita buat.

  • Terlihat Lebih Kredibel

Website personal akan membuatmu lebih kredibel di mata orang lain. Saat orang lain melihat websitemu yang sudah dilengkapi dengan portofolio pekerjaan atau karya, maka mereka akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan.

Contohnya jika kamu seorang desainer icon maka tampilkanlah di websitemu icon-icon yang pernah kamu buat untuk klien, agar target klien selanjutnya mau menghiremu atau menggunakan jasamu tanpa harus ragu lagi.

  • Peluang Diterima Kerja Yang Tinggi

Dengan website yang menarik dan dilengkapi portofolio yang lengkap maka kemungkinan besar kamu akan lebih mudah diterima oleh perusahaan yang sedang kamu lamar dibanding dengan pelamar lain yang tidak memiliki website pribadi.

Biasanya pada saat membaca lowongan kita pasti disuruh untuk mencantumkan akun media sosial linkedIn. Nah website pribadimu akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan.

  • Bebas Berkreasi

Media sosial memiliki batasan untuk berkreasi. Solusinya berkaryalah dan pajang karyamu pada website pribadimu. Kalau kamu suka menulis cerita pendek atau komedi postinglah ceritamu di sana.

Raditya Dika dulunya adalah blogger yang sukses dan terkenal karena cerita komedi pada website pribadinya. Yang tadinya rutin menulis di website akhirnya dia kepikiran untuk menerbitkan sebuah buku.

2. Manfaat Website Bagi Bisnis atau Prusahaan

manfaat website
Contoh website perusahaan. Sumber : https://www.pertamina.com/

Bisnis atau perusahaan saat ini sangat diuntungkan dengan adanya internet. Namun peluang untuk meraup keuntungan yang begitu besar tidak akan mungkin terwujud jika bisnis atau perusahaan tidak mempunyai website.

Apa saja manfaat website bagi bisnis atau sebuah perusahaan? Berikut uraiannya :

  • Membangun Kredibilitas

Untuk membangun kredibiltas di era digital bagi sebuah bisnis atau perusahaan maka websitelah solusinya.

Konsumen sekarang sudah cerdas pada saat belanja online. Mereka akan benar-benar menelaah apakah bisnis atau perusahaan yang menawarkan suatu produk ini betul-betul bisa dipercaya atau tidak.

Misalkan ada konsumen dari facebook atau ig yang bertanya, kak saya mau beli produk anuu bisakah saya melihat-lihat websitenya? Jadi buatlah website untuk membangun kredibiltas bisnis atau perusahaan yang kita miliki.

  • Hemat Biaya

Saat ini banyak bisnis yang menjual jasa atau produknya hanya lewat online, salah satunya dengan menggunakan website alias tidak mempunyai toko offline.

Biasanya bisnis tersebut awalnya berjualan di medsos dan marketplace. Nah ketika ingin menggaet reseller atau membagun kepercayaan yang tinggi dimata konsumen akhirnya website menjadi pilihan.

Jadi membangun bisnis ternyata sekarang bisa lebih hemat ya, tanpa harus membangun toko fisik kita sudah bisa berbisnis dengan media website saja.

  • Terhubung dengan Pelanggan atau Customer

Pada sebuah website bisnis atau perusahaan pasti dicantumkan kontak berupa nomor telepon, whatsapp, atau email.

Kontak tersebut bisa memudahkan customer atau pelanggan saat ingin bertanya ataupun memberikan complain terhadap produk atau jasa yang dijual.

  • Mudah diakses

Internet sekarang bukanlah sesuatu yang aneh, bahkan bisa dibilang internet sudah sangat melekat dengan kehidupan masyarakat di zaman ini.

Saat orang-orang ingin mengetahui profile atau produk apa yang dijual oleh sebuah perusahaan mereka bisa dengan mudah menggali informasi tersebut hanya dengan mengakses sebuah websitenya melalui smartphone yang mereka miliki.

  • Target Pasar yang Luas

Bisnis yang jangkauannya hanya satu kota saja bisa melebarkan target pasarnya menjadi nasional atau bahkan internasional saat sudah mempunyai website.

Apakah benar-benar bisa?

Ya tentu bisa, karena website bisa diakses dimanapun dan kapanpun selama yang mengaksesnya terhubung dengan internet.

  • Katalog produk atau jasa

Website bisa menjadi sarana media untuk memajang katalog produk yang sedang kita jual.

Contohnya website toko buku online, biasanya akan menampilkan menu :

  • Kategori buku
  • Ulasan buku
  • Cara pembelian
  • dan lainnya

Menu-menu tersebut tentu saja akan memudahkan orang memilih dan membeli buku yang mereka cari.

3. Manfaat Website Bagi Sekolah

Contoh website sekolah. Sumber : https://smkbhaktimandiri.sch.id/

Artikel ini ditulis saat pandemi covid-19 masih ada. Hampir semua lini terkena dampaknya.

Salah satunya yaitu lembaga pendidikan.

Mulai dari bulan maret 2020 sekolah tidak boleh lagi melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga kegiatan belajar mengajar harus online. Mau tidak mau banyak sekolah yang tadinya tidak melek teknologi harus memanfaatkan teknologi terkini, contohnya website.

Website ternyata memiliki manfaat untuk sekolah, di antaranya :

  • Media Informasi dan Promosi

Sekolah bisa menyebarkan informasi dengan mudah melalui website kepada murid, guru, dan wali murid. Informasi tersebut bisa : pengumuman UAS, kelulusan, hasil ujian, dan lainnya.

Selain itu website juga bisa dijadikan media promosi untuk menggaet murid baru pada setiap tahun ajaran baru.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Kalau ini sudah jelas ya, sama seperti fungsi-fungsi atau manfaat website di atas, ketika sekolah sudah memiliki website maka kredibilitasnnya pun akan tinggi di mata masyarakat.

  • Media Publikasi Prestasi

Sekolahmu punya banyak prestasi?

Supaya masyrakat dan calon siswa baru tahu pajang dong di website. Biar lebih menarik dan keren sehingga akan banyak siswa yang ingin mendaftar.

Kalau belum banyak prestasinya gimana? hehe. Solusinya mulailah raih prestasi yang banyak.

  • Media Memperkenalkan Berbagai Fasilitas

Kadang calon siswa baru ingin tahu fasilitas apa yang ada di suatu sekolah. Dengan adanya website kita bisa memberikan informasi seputar fasilitas apa saja yang dimiliki oleh suatu sekolah.

Entah itu lab komputer, lab IPA, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya bisa kamu cantumkan pada website sekolah.

  • Media Silaturahmi Antara Guru dan Alumni

Ini yang tidak kalah penting, website bisa menjadi media silaturahmi antara guru dan alumni.

Tinggal dibuat saja kolom forum diskusi atau sistem informasi alumni pada website sekolah yang bisa diakses oleh para guru dan alumni.

  • Mempublikasi Kegiatan dalam Bentuk Galeri

Pada website sekolah kita bisa menambahkan menu galeri.

Isi dari menu tersebut yaitu foto-foto atau video-video kegiatan sekolah. Baik kegiatan belajar mengajar, praktek, ekstra kurikuler, atau kegiatan lainnya.

Dengan adanya galeri para murid, guru, ataupun alumni bisa dengan bangga memamerkan kepada orang lain tentang kegiatan di sekolahnya.

Galeri foto dan video kegiatan sekolah juga bisa menjadi nilai tambah di mata calon siswa baru.

4. Manfaat Website Bagi Komunitas

Contoh website komunitas ibu hamil. Sumber : https://ibuhamil.com/

Website komunitas tentu mempunyai berbagai manfaat.

  • Media Komunikasi

Namanya komunitas pasti tujuannya untuk saling berinteraksi satu sama lain. Yang tadinya interaksi dilakukan secara offline alias ketemu sekarang bisa dialihkan menggunakan website komunitas.

Contoh ada website komunitas ibu hamil. Maka di sana ada forum komunikasi seperti Tanya jawab seputar pengalaman dan permasalah yang terjadi seputar kehamilan.

  • Media Untuk Berbagi Informasi

Selain untuk komunikasi website komunitas bisa juga di isi seputar informasi dari komunitas tersebut.

Balik lagi ke contoh website komunitas ibu hamil di atas. Contoh informasi yang bisa di cantumkan pada website tersebut yaitu : info vitamin untuk ibu hamil, info biaya periksa kehamilan, dan informasi-informasi lainnya.

  • Sumber Ilmu Dan Wawasan

Dengan adanya forum Tanya jawab dan informasi-informasi maka website komunitas bisa menjadi sumber ilmu dan wawasan baru bagi para anggotanya. Terlebih anggota yang baru gabung pasti akan merasakan sekali manfaatnya.

5. Manfaat Website Pemerintah Bagi Masyarakat

Contoh website pemerintahan. Sumber : https://www.kominfo.go.id/

Pemerintah sudah seharusnya mempunyai website. Bukan cuma sekedar membuat website lalu tidak digunakan tapi ada beberapa manfaat website pemerintah bagi masyarakat, di antaranya :

  • Manajemen Informasi

Kita ambil contoh pemerintah desa. Jika sebuah desa mempunyai sebuah website maka konten yang pertama harus ada pada websitenya yaitu seputar informasi desa yang meliputi : Sejarah desa, wilayah desa, perangkat desa, statistik masyarakat, pengumuman kerja bakti dan informasi lainnya.

  • Pelayanan Publik

Saat pandemic seperti ini website pemerintah untuk pelayanan public sangat dibutuhkan. Pemerintah sendiri telah membuat protocol kesehatan untuk jaga jarak dan tidak boleh melakukan kegiatan yang menimbulkan mengumpulkan orang banyak.

Contohnya dinas pencatatan sipil yaitu dinas yang melayani pembuatan akte kelahiran, KTP, dan Kartu Keluarga. Sudah seharusnya proses pembuatan bisa dilakukan secara online melalui media website.

  • Menerapkan e-Government

Dengan adanya e Government maka proses peningkatan pelayana terhadap masyrakat akan lebih memmuaskan. Yang tadinya pengaduan suatu hal bisa memakan waktu satu minggu, dengan adanya e government proses pengaduan dan penyelesaian bisa selesai ringkas.

Penutup

Itulah beberapa manfaat website yang mungkin memberikan inspirasi untuk segera belajar atau membuat website untuk bisnis atau lembaga yang kamu miliki. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman yang lainnya.

Sumber gambar utama : https://www.vlink.asia/wp-content/uploads/2020/07/thiet-ke-website-wwordpress.png

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.