istilah jaringan komputer (Small)

14 Istilah Jaringan Komputer yang Harus Diketahui Anak IT

Dalam dunia jaringan dan komputer ada banyak sekali istilah yang harus diketahui bahkan dipahami oleh anak-anak IT, khususnya yang memang mempelajari dan nantinya ingin bergelut di dunia tersebut. Kali ini badoystudio bakal ngasih insight istilah-istilah jaringan komputer yang umumnya dipergunakan dalam keseharian orang-orang jaringan komputer.



14 Istilah Jaringan Komputer yang Populer Saat Ini

Apa saja istilah tersebut? Pelajari selengkapnya pembahasan berikut ini. 

Server

Istilah dalam jaringan komputer yang pertama yaitu server

Server merupakan komputer dengan spesifikasi tertentu yang menyediakan sumber daya berupa file atau layanan yang nantinya digunakan oleh client. 

Server mempunyai peranan penting dalam jaringan komputer. Di mana server harus menyediakan layanan akses yang cepat untuk mengirim maupun menerima data. 

Dalam bentuk fisik server ini berbentuk jaringan komputer yang spesifikasi hardwarenya mumpuni. Seperti prosesor, RAM, dan harddisk. 

Client

Client merupakan komputer yang menggunakan layanan atau sumber daya dari sever. 

Server dan client merupakan aplikasi jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Biasanya jumlah komputer client itu lebih dari satu. Tergantung jumlah pengguna yang ada dalam sebuah badan usaha maupun instansi. 

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan kependekan dari Local Area Network. LAN ini merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal. 

Biasanya LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat yang sederhana alias tidak canggih-canggih amat. 

MAN (Metropolitan Area Network)

Setelah LAN ada MAN, yang artinya Metropolitan Area Network. 

Jaringan ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan internet pada perusahaan atau suatu instansi. Proses pembagian dan penerimaan data atau informasi akan lebih mudah jika menggunakan MAN. 

Tanpa harus bergantung dengan provider lain, perusahaan bisa melakukan : 

  • Video conference
  • Email
  • Chat

secara realtime dengan menggunakan MAN. 

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network alias WAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya sangat luas. Bisa mencapai satu negara bahkan juga benua. 

Jaringan ini adalah gabungan LAN dan MAN. 

Untuk membangun WAN kita membutuhkan kabel fiber optic, kabel telepon, atau yang paling canggih yaitu menggunakan satelit. 


7 Rekomendasi Tools Agar Ngodingmu Lebih Produktif dan Asyik  


Topologi

Topologi dalam jaringan komputer yaitu cara untuk menghubungkan client server agar bisa saling terhubung satu sama lain. 

Strukturnya bisa menggunakan kabel maupun tanpa kabel. 

Topologi ini banyak jenisnya yaitu : 

  • Ring
  • Bus
  • Mesh
  • Star
  • dan lainnya 

Router

Router merupakan hardware yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan. Jaringan tersebut bisa jaringan yang sama maupun jaringan yang beda. 

Router berasal dari kata routing yang artinya proses pengiriman paket data melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Hub

Hub adalah hardware yang fungsinya untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan.

Nantinya komputer yang terhubung bisa saling tukar informasi. Segala perangkat yang berhubungan komputer juga bisa terhubung, seperi router, access point, dan lainnya. 

Gateway

Gateway merupakan node jaringan yang membentuk jalur koneksi antara dua atau lebih pada jaringan yang beroperasi dengan protokol transmisi yang beda. 

Jadi, dalam perangkat internet itu mempunyai protokol untuk berkomunikasi yang berbeda. Inilah tugasnya gateway memfasilitasi hubungan antara kedua perangkat yang beda tersebut. 



Repeater

Hardware ini digunakan untuk memperluas jangkauan WIFI yang lema dari WIFI utama. 

Untuk memakainya kita harus mendapatkan sinyal dulu, setelah itu baru kemudian disebarkan dengan sinyal yang lebih kuat. 

DHCP

DHCP alias Dynamic Host Configuration Protocol yaitu protokol yang digunakan utnuk memudahkan penyebaran IP Address secara otomatis ke perangkat lainnya. 

Kalau tidak menggunakan DHCP maka konfigurasi IP harus dilakukan secara manual pada setiap komputer. 

Port

Port merupakan mekanisme yang mengizinkan komputer untuk mendukung beberapa koneksi dengan komputer lain di dalam suatu jaringan. 

Nantinya port dapat mengidentifikasikan aplikasi atau layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/ IP. 

Protocol

Protokol dalam sebuah jaringan komputer merupakan sistem yang mengatur : 

  • Komunikasi
  • Hubungan 
  • dan perpindahan data 

pada sebuah komputer dan jaringan. 

Protocol bisa disebut sebuah sistem yang menentukan aturan-aturan yang harus ditaati oleh perangkat pengirim maupun penerima agar hubungan jaringan berjalan baik. 

NIC

NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat keras dalam jaringan komputer yang digunakan untuk membangun jaringan komputer LAN. 

Nama lain dari NIC yaitu Lan Card, tanpa ini kita tidak akan bisa menghubungkan kabel LAN yang bisa terhubung dengan perangkat lain seperti : hub, access point, router, repeater, dan lainnya. 



Penutup

Itulah beberapa istilah jaringan komputer yang harus kamu ketahui sebagai anak IT. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.