Skip to main content
cara menjadi freelancer yang sukses

Inilah Rumus Pakem Cara Menjadi Freelancer yang Sukses

Ada banyak artikel yang bisa Anda baca mengenai cara menjadi freelancer yang sukses. Mungkin jika Anda tuliskan kembali, ada puluhan tips yang perlu Anda terapkan.

Tentu saja tidak semua tips tersebut Anda aplikasikan. Anda perlu pilih mana tips yang tepat untuk Anda terapkan. Karena bisa saja ada tips yang tidak tepat untuk diaplikasikan pada jenis pekerjaan freelancer yang Anda jalani.

Di sisi lain, banyak orang yang justru bingung. Mereka yang resign dari kantor lalu ingin memulai menjadi freelance justru seperti orang yang tersesat. Mereka merasa sudah cukup membawa tips-tips mengenai cara menjadi freelancer yang sukses. Namun, saking banyaknya hal yang perlu dilakukan, mereka tidak tahu harus mulai dari mana.


Baca Juga : Apa itu Freelancer ? Inilah Ulasan Lengkapnya 


Ada juga yang merasa gagal di tengah perjalanan. Karena memang tidak mudah untuk menjadi freelancer. Tidak cukup hanya menerapkan satu atau dua tips saja. Harus dipilih mana tips yang berkaitan dan tepat untuk diaplikasikan.

Rumus Sukses Menjadi Freelancer

Dari berbagai tips menjadi freelancer sukses yang ada, setidaknya ada 6 cara yang dibagikan oleh para freelancer. Jadi, ini adalah cara yang sudah terbukti membuat seorang freelancer sukses menjalani profesinya.

Apa saja itu? Berikut ini 6 cara menjadi freelancer yang sukses:

Tentukan Satu Bidang

Banyak orang yang berani terjun 100% menjadi freelancer karena mereka tahu apa yang mereka sukai. Dan hal itu pula yang mereka kuasai. Jadi, dua kunci pentingnya adalah menyukai dan mengusai suatu bidang.

Sumber : http://theconversation.com/

Berusaha untuk menguasai banyak hal memang bukan hal yang tidak mungkin. Namun, itu artinya Anda mengambil banyak risiko. Menjadi freelancer di satu bidang saja sebenarnya Anda sedang mengambil satu risiko. Risiko tidak berhasil. Apalagi jika sebelumnya Anda pernah bekerja kantoran dan mendapatkan gaji tetap. Jelas menjadi freelancer merupakan langkah yang begitu berisiko.

Apalagi jika Anda memilih banyak bidang. Jelas risikonya lebih tinggi. dan kemungkinan besar Anda akan gagal. Orang yang sukses sebenarnya adalah orang yang mendedikasikan dirinya pada satu hal. Jadi, fokusnya hanya satu. Ini hal penting yang menjadi bagian dari cara menjadi freelancer yang sukses.

 

Terus Belajar

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Bahkan, seorang profesor pun terus belajar. Dan ini sebenarnya kondrat untuk semua orang.

cara menjadi freelancer yang sukses
Sumber : https://samanthahawkeblog.files.wordpress.com

Meskipun Anda sudah merasa menguasai bidang tertentu, bukan berarti Anda tidak perlu belajar. Selalu ada yang berubah. Apalagi jika Anda seorang freelancer di bidang dunia digital marketing, coding, programming, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Berhenti belajar berarti Anda siap untuk tertinggal.

 

Perluas Jaringan

Ini yang menjadi pembeda antara freelancer dan pekerja. Seorang pekerja di kantor memang juga perlu memperluas jaringan. Namun, ini bukan hal yang wajib dilakukan. Karena bisa saja sudah ada bagian lain yang berperan untuk memperluas jaringan. Ada job deskripsi masing-masing pekerja.

Lain hal dengan freelancer. Selain sebagai pelaku usaha, ia juga berperan sebagai marketing. Mereka harus memperluas jaringan jika ingin terus berkembang. Semakin luas jaringan, maka semakin terbuka peluang untuk menjadi freelancer sukses.

Anda tidak hanya perlu memperluas jaringan di bidang pekerjaan yang Anda jalani. Akan lebih baik jika Anda membuat jaringan di bidang lain. Karena ini akan memperluas wawasan Anda.

 

Bekerja Secara Profesional

Siapa bilang seorang freelancer itu pekerja yang tidak perlu profesionalisme. Anda sebagai freelancer juga harus bertindak profesional. Jika mendapatkan pekerjaan dari perusahaan atau brand tertentu, kerjakan dengan sebaiknya mungkin. Selesaikan sesuai dengan deadline.

Profesionalitas ini menjadi sangat penting. Mengapa? Karena di luar sana, Anda harus tahu semakin banyak freelancer di bidang yang Anda geluti. Bukan tidak mungkin Anda akan terdepak dan digantikan dengan freelancer yang lain. Karena perusahaan hanya akan menggunakan freelancer yang profesional yang menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka.

 

Atur Keuangan dengan Bijak

Memang cara menjaga freelancer yang sukses yang satu ini sekilas tidak ada kaitannya dengan kesuksesan. Tapi, sebenarnya ada kaitannya. Dan kaitannya itu sangat erat sekali.

Memang setiap orang memiliki definisi tersendiri apa itu sekses. Akan tetapi, tentu setiap orang sepakat bahwa hidup ini butuh perjuangan. Agar bisa bertahan hidup, orang butuh banyak hal, terutama finansial.

cara menjadi freelancer yang sukses
Sumber : http://www.balipost.com

Kebanyakan freelancer memiliki masalah dengan finansial. Mungkin mereka mendapatkan pendapatan yang banyak dari brand. Namun, sering kali mereka tidak mampu mengatur keuangannya. Mereka menghabiskan uang tersebut dengan seketika.

Seharusnya uang yang didapatkan dari setiap project dialokasikan ke banyak hal. Ada sekian persen dialokasikan untuk pemenuhan kehidupan setiap hari. Ada juga yang digunakan untuk investasi atau tabungan. Ini penting untuk kelangsungan hidup di masa depan.


Baca Juga : 3 Peluang Kerja Teknik Informatika yang Paling Banyak diburu Millenial 


Adaptasi Dengan Perubahan

Pada cara menjadi freelancer yang sukses nomor 2, dijelaskan pentingnya terus belajar. Ini disebabkan oleh perubahan.

Perubahan itu hal yang tidak bisa dihindari. Dan orang yang tidak mau berubah harus siap untuk kalah. Karena hanya dengan beradaptasi dengan perubahan, maka seseorang bisa bertahan. Terutama mereka yang memiliki profesi sebagai freelancer.

Tips tersebut di atas mungkin terdengar remeh. Namun, ini menjadi patokan penting jika Anda ingin sepenuhnya menjadi seorang freelancer.

 

Kendala Yang Sering Dihadapi Freelancer

Tidak ada yang beda antara pekerja dan freelancer. Ada peluang untuk gagal. Ada juga peluang untuk sukses. Dan kira-kira mana yang lebih banyak? Yang sukses atau yang gagal?

Sumber : https://coactivehealth.uk

Risiko gagal bagi seorang freelancer itu sangat tinggi. Mungkin prosentase kegagalannya 70% dibandingkan 30% kesuksesan. Hal ini dikarenakan adanya kendala yang sering dihadapi oleh freelancer.

Kurang Disiplin

Salah satu kendala terbesar adalah kurang disiplin. Karena bukan pekerja yang memiliki atasan, seorang freelancer biasanya merasa lebih santai.

Memang benar. Salah satu alasan orang menjadi freelancer adalah tidak ingin ditekan oleh atasan. Namun, hal tersebut tidak seharusnya membuat Anda kurang disiplin.

Seperti poin 6 cara menjadi freelancer yang sukses tersebut di atas, Anda tetap harus menunjukkan profesionalitas. Ada ribuan atau bahkan jutaan freelancer di luar sana. Mereka siap direkrut oleh brand yang selama ini mengajak Anda untuk bekerjasama. Jadi, Anda harus ingat hal tersebut.

Mood Kerja

Selain itu, kendala yang tak kalah serius adalah hilangnya mood kerja. Sebenarnya, ini bisa diantisipasi. Buat saja tempat kerja yang cozy di rumah. Ini akan membuat mood kerja seorang freelancer terus terjaga.

Atau Anda bisa coba untuk pindah tempat kerja. Sebagai seorang freelancer, Anda bisa kerja di mana saja, bukan? Anda bisa sewa co-working space yang sekarang ini menjadi tempat ngetrend untuk bekerja para freelancer dan pekerja kreatif.

 

Penutup

Jadi, bukan hanya cara menjadi freelancer yang sukses saja yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Di sisi lain, Anda harus kenali kendala-kendala apa yang bisa menjadi penyakit. Sehingga Anda bisa gagal menjalani profesi sebagai freelancer. Ini yang sebenarnya paling penting untuk Anda perhatikan.

Sumber gambar utama : https://medium.com/multiplier-magazine/being-a-better-freelancer-5cc9deaacaad

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.