Skip to main content
cara membuat aplikasi android untuk pemula

Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Setiap hari kita selalu berhubungan dengan smartphone. Menggunakan berbagai aplikasi android untuk memudahkan keseharian kita. Namun pernahkah terpikir untuk membuat aplikasi android sendiri ? Jika iya pasti muncul pertanyaan lagi bagaimana cara membuat aplikasi android untuk pemula ?

Sebelum kita bahas bagaimana cara membuat aplikasi android khususnya untuk pemula. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Aplikasi android apa yang akan dibuat
  • Siapa pengguna aplikasi android kita nantinya
  • Apakah kita akan memonetisasi aplikasi android yang sudah dibuat
  • Tools untuk membuat aplikasi android

 

Aplikasi Android Apa Yang Akan Dibuat ?

Aplikasi android apa yang ingin kamu buat ? Jika kita buka playstore ada banyak sekali aplikasi android dengan berbagai kategori, seperti : game, edukasi, kesehatan, dan banyak lainnya.

Biasanya seorang developer android saat pertama membuat aplikasi android selalu dikaitkan dengan hobi atau pekerjaannya.

Contohnya : Saya pernah bekerja sebagai pengajar di SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Maka saya berpikir ingin membuat media pembelajaran berbasis android. Waktu itu saya membuat sebuah ensiklopedia Teknik Komputer dan jaringan.

Jadi aplikasi android apa yang ingin kamu buat ? Pikirkan sekarang juga.

Kalau masih bingung coba ketik di kolom pencarian pada google playstore menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan keseharian kita. Saat saya ketik kata “ Doa” maka ditampilkan beberapa aplikasi yang tertera pada gambar dibawah ini :

cara membuat aplikasi android untuk pemula
Hasil pencarian di google playstore

Pelajari aplikasi-aplikasi tersebut. Kemudian berikan penilaian dan kesimpulan. Jika kita merasa aplikasi-aplikasi tersebut kurang bagus pada tampilan, isi, atau yang lainnya. Maka buatlah aplikasi yang serupa namun dengan menutupi semua kekurangannya.

Lah kalau gitu kita duplikasi dong ? Coba perhatikan ini !

  • Aplikasi BBM booming sebelum ada Whatsapp. Tapi lihat sekarang pengguna Whatsapp lebih unggul daripada aplikasi BBM. Bukankah keduanya sama-sama aplikasi berbagi pesan ?
  • Whatsapp menutupi kekurangan dari BBM dan menambahkan beberapa fitur baru yang tidak ada pada BBM.

 

Siapa Target Pengguna Aplikasinya

Setelah kita menemukan ide jenis aplikasi android apa yang akan kita buat sekarang saatnya kita anlisis siapa pengguna aplikasi android kita.

Jangan membuat aplikasi android yang tidak berguna untuk siapapun.

Percuma dong kita capek-capek belajar ini itu untuk membuat aplikasi android, tapi saat sudah dibuat aplikasinya tidak ada yang mau menggunakan. Atau kita bingung siapa pengguna yang pas untuk aplikasi yang sudah kita kembangkan. Perhatikan tabel dibawah ini :

Nama Aplikasi di Google Playstore Target Pengguna Aplikasi 
Ruangguru Anak Sekolah dari SD sampai dengan tingkat SMA
Hallobumil Ibu Hamil
Muslim Pro Orang Muslim
KRL Access Pengguna KRL
Info Guru Para Guru

Sekarang silahkan buat analisa siapa yang akan menggunakan aplikasi android yang sudah kamu buat nanti. Serinci mungkin kalau bisa.

 

Monetisasi Aplikasi Android

Apa tujuanmu membuat aplikasi android ? Tentu setiap orang punya jawabannya masing-masing. Beberapa jawaban tersebut mungkin ada dibawah ini :

  • Supaya bisa kerja sebagai android developer
  • Iseng – iseng saja dan ingin coba mempelajari hal baru
  • Ingin bermanfaat bagi orang banyak melalui aplikasi
  • Ingin bisnis menggunakan aplikasi android

Kalau kita mempunyai tujuan untuk mendapatkan uang dari aplikasi android itu sah – sah saja. Namun sebelum memikirkan hal itu ada baiknya kita juga harus berfikir seberapa besar manfaat aplikasi android yang kita buat ini bagi orang lain.

Rumus mendapatkan keuntungan berupa uang dari aplikasi android menurut saya yaitu : buat aplikasi yang bermanfaat > digunakan banyak orang > mendapatkan keuntungan

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memonetisasi aplikasi android :

  • Memasang iklan admob : ini adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para android developer yang ingin mendapatkan uang dari aplikasi android yang sudah dibuatnya dan sudah dipublish ke playstore. Biasanya aplikasi ini bisa di unduh oleh pengguna secara gratis. Contoh : Aplikasi Muslim Pro
  • Menjual versi premium : cara ini awalnya menawarkan aplikasi gratis(free) terlebih dahulu. Namun jika ingin menggunakan fitur yang lengkap maka harus membeli aplikasi versi premium. Contoh : Aplikasi Muslim Pro
cara membuat aplikasi android untuk pemula
Salah satu contoh aplikasi yang menjual versi premium
  • Menjual jasa dari aplikasi : cara ini biasanya dilakukan oleh para perusahaan rintisan (startup). Contoh : Ruangguru.com menjual jasa belajar secara online dengan biaya tertentu dan aplikasi Gojek menjual berbagai layanan jasa pada aplikasinya.
  • dan lainnya

 

Tools untuk Membuat Aplikasi Android

Kita membutuhkan pacul untuk bertani. Begitu juga jika ingin membuat aplikasi android kita membutuhkan alat tempurnya. Tools yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi berbasis android adalah :

1. Personal Computer / Laptop, ini paling penting. Kita membutuhkan Komputer atau laptop dengan spesifikasi minimal :

  • Ram 4 Gb
  • Prosesor Core i3/ i5
  • OS Windows, Linux, dan Mac Os

2. Smartphone Android dengan spesifikasi Minimal :

  • Ram 1 Gb
  • OS Android Versi Jellybean

 

Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Setelah ke empat hal diatas terpenuhi inilah bagian yang paling ditunggu-tunggu. Ada dua cara yang bisa kita tempuh untuk mengembangkan aplikasi android sendiri :

  • Membuat aplikasi android secara offline
  • Membuat aplikasi android secara online

Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Cara pertama ini mengharuskan kita menginstall software khusus yang nantinya digunakan untuk membuat aplikasi android. Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi secara offline, yaitu : Android Studio, Xamarin, Eclipse, dan Netbeans.

Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari tautan 7 Software untuk membuat aplikasi android secara offline .

Badoystudio.com sendiri sangat merekomendasikan untuk membuat aplikasi android menggunakan android studio. Mengapa begitu karena android studio merupakan software atau IDE resmi besutan google (perusahaan yang menaungi OS Android) untuk para android developer mengembangkan aplikasi android.

Cra membuat aplikasi android untuk pemula
Membuat aplikasi konversi mata uang dengan android studio

Beberapa tahapan awal yang harus dilakukan saat membuat aplikasi android dengan android studio yaitu :

  1. Menginstall Java JDK
  2. Menginstall Android Studio
  3. Menginstall SDK Android Studio
  4. Mengenal Antarmuka / Interface Android Studio
  5. Mempelajari Linear Layout
  6. Mempelajari Relative Layout
  7. Mempelajari Table Layout
  8. Mempelajari Widget TextView

Setelah itu cobalah membuat aplikasi android sederhana menggunakan android studio. Seperti :

  1. Membuat Aplikasi Kuis
  2. Membuat Aplikasi Konversi Mata Uang
  3. Membuat Aplikasi Pemesanan Makanan
  4. Membuat Dashboard Aplikasi
  5. Membuat Aplikasi Wallpaper
  6. Membuat Aplikasi Penjualan

Jika ingin lebih mudah dan tertarget kamu bisa mempelajari cara membuat aplikasi android untuk pemula melalui 4 ebook yang sudah Badoy Studio rilis. Alhamdulillah sampai saat ini ebook kami sudah terjual sebanyak 3.800 an lebih.

Membuat Aplikasi Android Secara Online

Cara membuat aplikasi android yang kedua ini mengharuskan komputer atau laptop terkoneksi dengan internet. Ada beberapa situs yang menyediakan fitur untuk membuat aplikasi android secara online, diantaranya :

  1. AppGesyer
  2. MIT App Inventor
  3. Appery.io
  4. AppMachine
  5. AppMaker

Untuk membuat aplikasi android secara online bisa dipelajari di tutorial : 8 Cara membuat aplikasi android secara online

 

Kesimpulan

Itulah 2 cara membuat aplikasi android aplikasi android untuk pemula dan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat aplikasi android. Semoga bermanfaat jangan lupa share ke teman yang lainnya.

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.