Skip to main content

Belajar React Native 1 : Pengenalan dan Install

Belajar react native – Halo gaess, pada tutorial kali ini  kita akan mulai belajar react native. Sebelumnya kita akan berkenalan dulu dengan salah satu framework javascript populer yang digunakan untuk mobile development baik android ataupun IOS yaitu React Native.

Disini juga akan dibahas dengan lengkap cara penginstallan dan pembuatan project pertama menggunakan React Native.

Rekomendasi 3 Ebook Android Keren : ” 5 Hari Menguasai Android Studio dan SQLite Database (Studi kasus membuat aplikasi kampusku) + 5 Hari Jago Desain UI/ UX Aplikasi Android (Studi kasus membuat 9 desain aplikasi modern) + Menguasai 20 Android Project Simple Example dalam 10 Hari (Studi kasus membuat 20 proyek android sederhana)“.
Hanya Rp. 179.000 Rp 140.000. Pemesanan melalui Whatsapp ke 085717474692. Baca selengkapnya disini

 

Belajar React Native Untuk Pemula 

Tutorial pembelajaran react native lebih fokus pada pembuatan aplikasi android menggunakan react native. Bukan untuk membuat aplikasi ios. Kedepannya kami berencana membuat ebook (tutorial react native dalam bentuk pdf) agar bisa memudahkan kamu untuk belajar react native.

Apa itu React Native?

Apa yang kamu pikirkan saat  mendengar  React Native? Ya, React Native adalah salah satu framework javascript yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Jika dahulu kita mengenal Ionic Framework. maka React Native sangat berbeda dengan Ionic.

Framework React Native memang ditujukan untuk membuat aplikasi mobile yang benar-benar real native sedangkan Ionic ditujukan untuk membuat aplikasi WebApp.

Dengan React Native kita akan merasakan sensasi membuat aplikasi yang sangat mendekati bahkan tidak dapat dibedakan dengan  aplikasi native. Ini dikarenakan library yang tersedia dalam React Native memang ada native nya, jadi aplikasi yang kita buat dengan React Native  langsung terintegrasi dengan aplikasi native yang sebenarnya.

Belajar React Native

Perbedaan UI dan UX antara android dan iOS sangat banyak, React Native sangat peduli akan hal tersebut dengan membuat rendercomponent yang berbeda antara iOS dan android namun ada beberapa component juga yang kita bisa gunakan bersamaan antara android dan iOS.

Jadi kita bisa membuat dua aplikasi sekaligus yaitu iOS dan android dalam waktu yang bersamaan, dengan begitu tentunya akan mengurangi cost dan waktu. Karena kita hanya cukup  mengunakan satu orang developer mobile untuk membuat sebuah aplikasi mobile dalam dua  enviroment yang berbeda.

 


Baca Juga :

Belajar Android Studio Untuk Pemula 

Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana (By Example)

Belajar Kotlin pada Android


 

Bagaimana React Native bekerja?

React Native bekerja dengan dengan menanamkan file Javascript yang sudah di-bundle didalam aplikasi, dan menjalankannya secara local dari aplikasi yang kita buat. Namun kita juga dapat meletakan file Javascript didalam server dan diambil ketika ada koneksi. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan update aplikasi secara cepat tanpa melalui proses submit ke Google Playstore atapun iOS Appstore.

Belajar React Native

Untuk UI dan UX, React Native mengunakan Javascript . Untuk styling hampir mirip dengan CSS diweb namun dengan Camel Case.

Perusahaan yang Menggunakan React Native 

Belajar React Native
Perusahaan yang sudah menggunakan React Native. Sumber : https://facebook.github.io/react-native/showcase.html

Banyak perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakan React Native untuk mengembangkan aplikasi mereka pada perangkat IOS dan Android, antara lain :

  • Facebook app
  • Instagram
  • Skype
  • Tesla
  • Soundcloud
  • Bloomberg
  • Baidu

 

Cara Install React Native 

1. Install JDK, Android Studio dan Genymotion :

  • Sebelum kita menginstall react native, terlebih dahulu silahkan install JDK dan Android Studio. Kamu bisa mengikuti tutorialnya dari situs resmi develper.android.com klik disini .
  • Kemudian Install Emulator Genymotion agar memperingan proses running app yang dibuat nanti. installasinya ikuti tutorial dari situs resmi genymotion klik disini .

2. Install Chocolatey

Facebook merekomendasikan untuk menginstall  Chocolatey agar nantinya lebih memudahkan saat menginstall paket paket yang lain. Caranya yaitu :

  • Buka situs choco di https://chocolatey.org/install . Lalu pilih penginstallan lewat command prompt (cmd) dengan mengcopy kode perintah yang telah disediakan oleh chocolatey dan pastekan pada cmd kalian yang di run as administrator 

Belajar React Native

  • Proses penginstallan choco akan terlihat seperti dibawah ini :

Belajar React Native

  • Jika sudah, silahkan cek apakah choco sudah terinstall atau belum dengan cara : ketik perintah choco -v pada cmd,  bila muncul versinya berarti choco sudah terinstall.

3. Install Node JS dan Phyton2

Tahap selanjutnya yaitu  penginstallan NodeJS dan Python2 menggunakan choco.

  • Ketikan perintah choco install nodejs pada cmd > tekan  Y  > enter dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Belajar React Native

  • Install phyton2 jika proses installasi node js telah selesai. Adapun caranya sama dengan diatas yaitu tinggal ketik choco install phyton2 > tekan Y >  enter maka proses installasi akan berjalan seperti dibawah ini.

Belajar React Native

4. Install React Native 

Sekarang kita ketahap penginstallan React Native nya, caranya :

  • Buka Nodejs Command Prompt tinggal search windows saja. Jika sudah terbuka ketikan perintah  npm install -g react-native-cli.

Belajar React Native

  • Untuk mengecek apakah proses install berhasil atau tidak  ketikan perintah npm -v lalu enter, jika dan akan menampilkan versi node js jika berhasil.

4. Setting Android Studio 

Node js dan phyton2 sudah terinstall kemudian kita akan setting beberapa bagian pada Android Studio, yaitu pengunduhan paket-paket yang dibutuhkan pada android studio.

Kenapa harus ada android studio? Karena kita membutuhkan empat paket dari Android Studio, antara lain :

  • Android SDK
  • Adroid SDK Platform
  • Performance (Intel HAXM)
  • dan Android Virtual Device

Buka Android Studionya lalu pergi ke Android SDK Managernya untuk mengunduh paket yang di rekomendasikan oleh Facebook. Unduh paket pada SDK Platform > Android 6.0 (Marsmellow) > pilih apply. 

Belajar React Native

Unduh juga SDK Tool dengan cara pilih SDK Tool > Versi 23.0.1 > Apply

Belajar React Native

Sambil menunggu proses download, kita bisa setting  Android Home. caranya :

  • Buka control panel pada PC > System and Security > System > Advanced system settings.
  • Tambahkan Environment Variablesnya lalu klik New dan ketikkan ANDROID_HOME pada kolom variable name.
  • Pada kolom variable valuenya tujukan ke direktori SDK kalian yang bisa kalian lihat pada SDK Manager  tadi.Belajar React Native

5. Pembuatan Project Pertama React Native 

Di tutorial belajar react native ini kita akan membuat project sederhana. Ini tahap yang paling ditunggu, caranya yaitu :

  • Buka Genymotion > pilih virtual device nya yang API 23 (yang saya gunakan)
  • Buka cmd lalu buat direktori baru pada folder yang nantinya akan kita gunakan untuk menyimpan project react native. ketikan CD Documents  pada cmd lalu ketik  perintah react-native init HelloBadoy.

Belajar React Native

  • Tunggu hingga proses selesai. Jika succes install dan tidak ada error pada cmd  maka akan muncul direktori HelloBadoy pada direktory Documents. Adapun isi direktori dari penginstallan tadi yaitu sebagai berikut :

Belajar React Native

  • Setelah itu buka kembali cmd arahkan ke direktori HelloBadoy > ketik perintah react-native run-android >enter.  Maka akan terjadi proses download nodeJS secara otomatis  ke paket paket android dari react native. Dan akan ada proses render seperti gambar berikut :

Belajar React Native

  • Jika building success maka apk akan terbuka otomatis pada emulator yang kita gunakan

Belajar React Native

Belajar React Native

  • Terakhir adalah proses coding untuk memulai project. Kali ini saya menggunakan Atom untuk menulis coding  dari direktori HelloBadoy ini,
  • Kita  akan melihat dua file index yang satu  index paltform android, satunya lagi untuk index IOS. karena disini kita akan membuat project android device maka yang harus dilakukan adalah mengubah file index.android.js.

Bulan kemarin ada update file pada React Native, yang tadinya dia memakai file index.android.js atau index.ios.js sekarang telah berubah menjadi hanya satu file saja yaitu App.js. Selengkapnya bisa dilihat pada tutorial berikut ini.

Belajar React Native

  • Setelah itu refresh aplikasi  cukup dengan menekan tombol R pada keyboard. Dan hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini

Belajar React Native

Oke gaesss itulah pengenalan, penginstallan, dan juga pembuatan project pertama menggunakan React Native. So jangan cuma dibaca ya tapi langsung dipraktekan.

 

 

Jika ada pertanyaan ataupun error silahkan komen dibawah ini. Sampai jumpa ditutorial berikutnya yang pasti setiap minggu akan ada update tutorial belajar react native terbaru. Jadi pantengin terus badoystudio.com. 

Tulisan Menarik Lainnya :

Zaky Firdaus

Tiada hari tanpa ngopi, ngoding dan error not found :v