belajar coding secara otodidak

Mudah ! Inilah 7 Tips Belajar Coding Secara Otodidak 

Apakah kita bisa belajar coding secara otodidak? Pertanyaan ini sering sekali muncul bagi orang-orang yang ingin belajar coding namun tidak mengambil kuliah jurusan yang memang mempelajari dunia programming. Maka dari itu artikel ini akan mengulas tips belajar coding secara otodidak.



Tips Mudah Belajar Coding Secara Otodidak

Tips ini tentu saja akan berhasil kalau kamu bisa mempraktekannya secara konsisten. Langsung saja supaya kamu gak penasaran, silahkan baca, pelajari, dan praktekan semua tips yang diulas di bawah ini.

1. Pelajari Dasar Fundamentalnya

Contoh struktur data by : https://arbysan.files.wordpress.com/

Belajar coding bukanlah hal yang mudah, tapi bukan juga hal yang sulit-sulit amat. Banyak yang baru belajar tapi langsung menyerah. Salah satu sebab kebingungan dan menyerah yaitu karena tidak mempelajari dari akarnya. 

Ya, fundamentalnya harus diperkuat dulu. 

Apa saja yang harus dipelajari untuk fundamentalnya? Yaitu sebagai berikut : 

  • Tipe data
  • Struktur data 
  • Variabel 
  • Sintaks
  • Tools 
  • dan lainnya seputar pemrograman dasar 

Ketika kamu sudah punya basic dari pemrograman, maka kedepannya tidak akan lagi terlalu sulit, karena sudah paham fundamentalnya. 

Jangan lupa pelajari juga logika algoritma ya. 

2. Fokus Pada Satu Bahasa Pemrograman Dulu

Icon bahasa bemrograman JavaScript

Kesalahan kedua programmer pemula yaitu biasanya ingin mempelajari berbagai bahasa pemrograman dalam waktu yang bersamaan. Bolehkah itu dilakukan? Tentu saja boleh kalau memang kamu sudah jadi programmer yang senior. 

Di awal silahkan fokuskan ke satu bahasa pemrograman yang benar-benar ingin kamu pelajari dan minati. 

Misalkan jika kamu ingin membuat aplikasi berbasis web maka kamu bisa memilih bahasa pemrograman PHP atau JavaScript. 

Bahasa pemrograman yang paling populer saat ini yaitu JavaScript. Tidak ada salahnya kalau kamu ingin mulai belajar pemrograman web bisa pelajari bahasa pemrograman tersebut. 

HTML dan CSS juga jangan lupa dipelajari ya. Meskipun keduanya bukan bahasa pemrograman, karena pasti kita akan berhadapan dengan HTML dan CSS ketika mempelajari bahasa pemrograman apapun. 

3. Konsisten dan Luangkan Waktu Khusus

Pelajarilah setiap hari bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai. Maka, ada baiknya kamu punya jadwal khusus setiap harinya untuk belajar coding secara otodidak. 

Bisa kamu tentukan sendiri durasinya. Entah itu 2 jam, 4 jam, dan seterusnya. Sesuaikan dengan aktivitasmu ya. 

4. Beri Target Yang Jelas

Nah bagian ini juga jangan sampai dilewatkan, kamu harus juga punya target berapa lama kamu mahir atau menguasai bahasa pemrograman yang kamu pelajari tersebut. Jangan sampai belajar setiap hari tapi tanpa target. Targetkan dari sekarang, bisa 1 bulan, 3 bulan bahkan lebih. 


7 Rekomendasi Tools Agar Ngodingmu Lebih Produktif dan Asyik  


5. Learning By Doing

Contoh desain app kalkulator

Belajar coding secara otodidak pasti berhasil kalau kamu mulai memberanikan diri membuat berbagai macam aplikasi. Mulai dari aplikasi yang sederhana, medium, sampai yang kompleks. 

Misal untuk pembelajaran kamu bisa membuat beberapa aplikasi seperti di bawah ini : 

  • Kalkulator 
  • Konversi suhu 
  • To do list 
  • Website portofolio 
  • dan lainnya 


6. Tuliskan dan Share Apa yang Kamu Pelajari  dan Praktekan

Ini pengalaman saya, ketika kita menuliskan atau mengajarkan kembali apa yang kita pelajari kepada orang lain, biasanya materinya akan lebih cepat menyerap di otak kita. 

Jadi intinya berbagi ilmu ke orang lain bisa melalui : 

  • Instagram 
  • Youtube 
  • Facebook 
  • Blog 
  • dan media lainnya 

7. Cari Teman Belajar dan Gabung Ke Komunitas

Belajar sendirian kadang memang gak seru, jadi kalau kamu punya partner yang memang ingin menekuni dunia coding, tidak ada salahnya kalian saling sharing mengenai pembelajaran coding yang sedang kalian pelajari secara otodidak. 

Lalu bagaimana kalau bingung dan pengen punya teman diskusi ? Selain dari partner kamu juga bisa gabung ke komunitas belajar coding yang ada di facebook, telegram, atau grup lainnya. 



Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar belajar coding secara otodidak bisa berhasil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.