Skip to main content
bahasa pemrograman android

7 Bahasa Pemrograman Android Paling Populer

Untuk mulai belajar membuat aplikasi android terlebih dahulu kita harus memilih bahasa pemrograman android apa yang akan digunakan. 

7 Bahasa Pemrograman Android

Bahasa pemrograman sendiri saat ini sudah banyak sekali. Di artikel sebelumnya penulis sudah membahas 15 bahasa pemrograman yang paling populer dikalangan profesional developer/ programmer.

Lalu apakah setiap bahasa pemrograman bisa digunakan untuk membuat aplikasi android ? Tentu saja tidak. Berikut ini adalah 7 bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi android.

1. Java

Tahun lalu tepatnya bulan Juni 2017 bahasa pemrograman java telah menjadi bahasa pemrograman paling populer (data Tiobex Index). Namun sekarang sudah disalip oleh bahasa pemrograman JavaScript.

Namun tetap saja walaupun tidak menjadi pertama, java tetap berada di urutan 10 besar bahasa pemrograman yang paling populer saat ini.

Salah satu penyebabnya yaitu karena jutaan aplikasi android dibuat menggunakan bahasa pemrograman android. Untuk membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman java kita bisa menggunakan tools atau IDE :

  • Android Studio (IDE resmi yang didukung penuh oleh google)
  • Eclipse

Untuk pemula yang baru ingin belajar membuat aplikasi android disarankan menggunakan bahasa pemrograman java.

Sebagian besar tutorial membuat aplikasi android yang dirilis oleh badoystudio.com saat ini menggunakan bahasa pemrograman java.

 

2. C++

cara install android studio

Sebelum kotlin diresmikan oleh google menjadi salah satu bahasa pemrograman yang didukung penuh untuk membuat aplikasi android, bahasa pemrograman C++ sudah lebih dulu.

Java, C++, dan kotlinpun saat ini menjadi bahasa pemrograman populer yang digunakan banyak developer di seluruh dunia.

Lagi-lagi kita bisa menggunakan IDE Android Studio untuk mengembangkan aplikasi android dengan bahasa pemrograman C++.

 

3. Kotlin

bahasa pemrograman android

Kotlin baru mendapatkan dukungan dari google sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk membuat aplikasi android sekitar bulan ….. .

Kotlin diciptakan oleh JetBrains yaitu perusahaan yang terkenal membuat IDE seperti : Android Studio, RubyMine, PhpStrome, dll.

Kotlin sengaja diciptakan oleh JetBrains untuk melengkapi segala kekurangan dari bahasa pemrograman java. Memang benar bahasa pemrograman kotlin lebih simple dibandingkan java.

Keunggulan lainnya bahasa ini bisa berjalan beriringan dengan bahasa pemrograman java. Dan bisa menggunakan library dari java.

Jika kamu sudah mempelajari bahasa pemrograman java dan sudah mencapai level menengah. Kamu bisa mencoba mempraktekan bahasa pemrograman kotlin untuk membuat aplikasi android.

Pembuatan aplikasi android menggunakan saat ini bisa menggunakan IDE :

  • Intellij IDEA
  • Android Studio
  • Eclipse

 

4. Dart

Bahasa pemrograman Dart dikembangkan oleh perusahaan raksasa nomor 1 di dunia yaitu google. Selain dart google juga telah mengembangkan golang dan bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi di berbagai platform seperti : website, mobile, Internet of Things (IoT), dan server. Dart sendiri dirilis oleh google secara open source.

Untuk mengembangkan aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman Dart kita harus menggunakan Tools Flutter.

 

5. C#

Bahasa pemrograman lain yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi android yaitu bahasa pemrograman C# (C Sharp). Jika kamu sudah memiliki dasar pemrograman C#, maka kamu tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat belajar membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman C#.

Tools yang kita perlukan untuk mengembangkan aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman C# adalah Xamarin. Terdapat dua IDE pada xamarin yaitu :

  • Xamarin yang terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio
  • Xamarin Studio

Perbedaannya :

Jika komputer yang kita gunakan memakai sistem operasi windows maka Xamarin Microsoft Visual Studio cocok untuk digunakan. Namun bila sistem operasinya Mac maka disarankan memakai Xamarin Studio.

 

6. JavaScript

Bahasa pemrograman website terpopuler saat ini yaitu JavaScript ternyata bisa juga digunakan untuk membuat aplikasi android.

Kita membutuhkan Framework untuk membuat aplikasi berbasis android. Beberapa framework yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi android yaitu : React Native, Ionic, dan PhoneGap.

Jika kita sudah punya basic HTML5, CSS, dan JavaScript Modern kita akan bisa dengan mudah belajar membuat aplikasi dengan framework-framework di atas.

Badoystudio.com sendiri sudah merilis tutorial membuat aplikasi android menggunakan React Native.

 

7. TypeScript

TypeScript sendiri adalah bahasa pemrogramna yang dikembangkan oleh microsoft. TypeScript diciptakan oleh microsoft untuk menutupi kekurangan bahasa pemrograman JavaScript yaitu membuat aplikasi yang besar dan kompleks dengan mudah.

Selain digunakan untuk membuat aplikasi web bahasa ini bisa juga digunakan untuk membuat aplikasi mobile baik android ataupun Ios.

 

Kesimpulan

Itulah 7 bahasa pemrograman yang saat ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Bahasa pemrograman android mana yang kamu pilih ?. Tentu saja setiap bahasa pemrograman memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Semoga bermanfaat jangan lupa di share ke teman yang lainnya.

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.