Skip to main content

Apa itu XAMPP ? Inilah Ulasan Lengkapnya !

Pada tulisan menarik kali ini kita akan mempelajari salah satu web server untuk membuat website yang cukup populer digunakan oleh para programmer atau developer, yaitu XAMPP. Lalu apa itu XAMPP ? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu XAMPP ?

Menurut situs resminya XAMPP merupakan software aplikasi open source dan gratis yang bisa diinstall pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS yang memiliki fungsi untuk membuat server sendiri pada PC/ Laptop (istilah lainnya Localhost).

Saat ini XAMPP merupakan lingkungan pengembangan PHP paling populer. Kenapa begitu ? karena XAMPP gratis dan sangat mudah digunakan.

 

Fungsi XAMPP

Dengan menggunakan XAMPP kita bisa membuat web server sendiri pada komputer atau laptop yang kita gunakan untuk membuat sebuah aplikasi web.

Contohnya begini, untuk membuat website menggunakan wordpress terdapat dua pilihan yaitu secara online dan offline. Jika kita ingin membuatnya secara online maka kita harus terlebih dahulu memiliki domain dan hosting. Nah dengan menggunakan XAMPP kita bisa membuatnya secara offline.


Baca Juga : 


Umumnya para developer aplikasi web lebih memilih mengembangkan webnya secara offline dibanding langsung online.

apa itu xampp
Singkatan dari XAMPP terdapat di situs resminya.

Perlu diketahui XAMPP adalah singkatan dari empat kata yaitu :

  • X : artinya Cross Platform (Multiplatform). XAMPP bisa berjalan di berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • Apache : Web server open source yang dikembangkan oleh perusahaan Apache Software Foundation. Hampir 40% lebih website di dunia telah menggunakan Apache.
  • MariaDB: Dulu sebelum mariaDB “ M “ ini adalah MySQL, namun kini diganti dengan MariaDB. MariaDB merupakan software yang bisa kita gunakan untuk membuat dan mengolah database pada sebuah aplikasi. Software ini adalah pengembangan dari MySQL.
  • PHP : Bahasa pemrograman yang cukup populer di Indonesia maupun dunia ini memiliki fungsi untuk pengolahan server pada sebuah web.
  • Perl : Bahasa pemrograman ini umurnya cukup tua. Perl bersifat dinamis dan bisa digunakan untuk mendevelop berbagai program aplikasi.

Jadi bisa dibilang XAMPP ini adalah paket lengkap, karena sudah terdapat beberapa fitur dalam satu software saja.

 

Sejarah XAMPP

Apache Friends adalah sebuah tim yang mengembangkan XAMPP. Terdiri dari tim inti, pengembang, dan tim dukungan. Mereka mengembangkan XAMPP dengan tujuan untuk memudahkan para pengembang dalam menggunakan Apache yang terdapat juga fitur MariaDB, PHP, dan Perl.

 

Bagaimana XAMPP Bekerja ?

Sebelum kita mempelajari cara kerja XAMPP ada beberapa bagian penting yang harus dipahami fungsinya, yaitu Htdocs, Phpmyadmin, dan Control Panel.

apa itu xampp
Control Panel XAMPP pada Mac OS
  • Htdoc : adalah suatu folder yang terdapat pada XAMPP dan memiliki fungsi sebagai penyimpanan seluruh file-file atau halaman-halaman dari website yang nantinya akan ditampilkan oleh browser.
  • Phpmyadmin : adalah software yang bisa kita gunakan untuk mengolah semua database web yang sedang kita kembangkan.
  • Control Panel : Jika dalam dunia hosting dan domain ada Cpanel maka di XAMPP juga ada yaitu Control Panel. Fungsinya sama yaitu mengatur web, database, FTP, Modul, dan lain sebagainya.

 

Cara Kerja XAMPP :

  • XAMPP sangat mudah digunakan. Untuk mendapatkan software ini kamu bisa langsung mendowload pada situs resmi Apache Friends yaitu : https://www.apachefriends.org/index.html.
  • Setelah mendownload silahkan lakukan proses installasi. Untuk tutorialnya silahkan pelajari pada tautan ini : Lengkap! Cara Install Xampp Pada OS Windows, Linux, dan Mac OS
  • Buka folder htdoc yang terdapat pada direktori penginstallan XAMPP, lalu buat folder baru dan tempatkan seluruh file-file web (html, css, php, javascript) pada folder ini. Pastikan folder sudah diberi nama sesuai dengan web yang akan dibuat. Misal nama foldernya websekolah.
  • Jika sudah, buka Control Panel XAMPP kemudian jalankan apache dan mysql dengan cara menekan tombol start
  • Maka disini kita sudah bisa menggunakan XAMPP untuk dijadikan sebagai web server di komputer / laptop yang kita pakai untuk mengembangkan web.
  • Buka browser dan akses localhost/phpmyadmin. Buat database website disini
  • Jika database sudah selesai dibuat, maka saatnya kita mengetes aplikasi web yang sedang kita buat dengan cara : buka browser lalu ketikan localhost/websekolah (jika nama foldernya websekolah).


Baca Juga :


 

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, fungsi, sejarah, dan bagaimana cara kerja dari aplikasi XAMPP. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tekan tombol sharenya.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.