Apa Itu Programming? Inilah Penjelasannya

Tidak semua orang bisa menjelaskan apa itu programming. Mereka yang benar-benar mengerti tentang programming lah yang bisa memberikan penjelasan dengan kalimat sederhana.

Dan ini yang sebenarnya diperlukan. Khususnya bagi orang awam, mereka butuh penjelasan yang mudah mereka pahami.

Ini Lho Yang Dimaksud dengan Programming

Lalu, sebenarnya apa itu programming?

Sederhana saja. Programming adalah sebuah proses untuk membuat sebuah program di komputer. Entah itu berupa software, website, aplikasi android, dan lain sebagainya.

Untuk membuat program sesuai dengan yang diinginkan, ada beberapa tahapan yang dilalui. Mulai dari menulis, menguji, merevisi, dan menguji lagi hingga proses tersebut benar dan hasil yang didapatkan seperti yang diinginkan.

Jadi, programming itu merupakan sebuah proses menulis dan menguji yang dilakukan agar sebuah program bisa dibuat, dan program tersebut bisa bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, sudah semakin jelas kan apa itu programming?

Lalu, muncul satu pertanyaan lagi. Apa yang ditulis di dalam proses tersebut? Tentu saja bukan tulisan seperti halnya seseorang menulis surat. Karena berhubungan dengan program, maka yang ditulis tentu saja kode-kode program dari bahasa pemrograman tertentu.

Itulah mengapa seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman.

Saat ini banyak sekali bahasa-bahasa pemrograman baru. Hal ini terjadi karena semakin banyak orang yang mencoba untuk menyederhanakannya. Dengan tujuan, pembuatan program jauh lebih cepat, lebih efektif, dan lebih baik lagi.

Bahasa Pemrograman Yang Digunakan dalam Programming

Selalu ada hal yang baru. Begitu juga dengan bahasa pemrograman. Semakin hari, semakin banyak bahasa pemograman yang muncul. Akan tetapi, pada akhirnya ada seleksi alam. Bahasa pemrograman yang paling bisa menjawab kebutuhan yang banyak digunakan.

apa itu programming
Macam-macam bahasa pemrograman via ilmukita.com

Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada, setidaknya ada 5 bahasa pemrograman yang paling difavoritkan di Indonesia. Apa saja itu?

Java

Ini bisa dikatakan salah satu bahasa pemrograman yang paling awal digunakan. eksistensinya masih ada hingga saat ini. Setidaknya ini membuktikan bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang masih bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Ada yang unik dari bahasa pemrograman ini. Yaitu logonya. Masih ingat logo Java? Cangkir kopi panas. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan James Gosling, pendiri Java. Ia adalah penikmat kopi. Karena ketertarikannya dengan kopi tersebut, maka logo Java berbentuk cangkir kopi panas.

Dalam dunia branding, tentu logo seperti itu sebenarnya kurang pas. Pasalnya, logo tidak mencerminkan apa yang ingin disampaikan. Jelas tidak ada kaitannya antara kopi dengan bahasa pemrograman, bukan? Hanya saja, mereka yang sudah tahu apa itu programming, mereka sudah tahu kalau logo itu milik Java.

Terlepas dari logo tersebut, Java memang sering menjadi andalan para programmer. Mengapa? Karena Java merupakan bahasa programming yang bisa diaplikasikan di hampir semua sistem operasi. Contohnya saja Android. Para developer Android sering sekali menggunakan bahasa programming yang satu ini ketika membuat sebuah software.

PHP

Bagi mereka yang sudah menggeluti mengenai dunia programming, mereka pasti tahu PHP ini digunakan untuk membangun website besar. Contohnya saja WordPress dan Facebook. Karena itulah bahasa pemrograman ini terdengar seksi bagi programmer untuk mereka kuasai.

Namun, bukan itu satu-satunya alasan mengapa banyak yang menggunakan PHP. Ada satu alasan lain, yaitu gratis. Biasanya, para pemula yang baru mulai belajar pemrograman menggunakan bahasa yang satu ini. Mereka bisa langsung aplikasikan dengan cara membuat website sederhana hingga website ecoomerce.

Python

Saat ini, banyak sekali kursus bahasa pemrograman Python. Dan biaya kursus bisa sangat mahal lagi.

Bagi mereka yang tahu begitu apa itu programming, mereka sudah tahu alasannya. Python dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Mereka yang mampu menguasai bahasa ini kemungkinan besar bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar yang butuh seorang programmer.

Sebenarnya, untuk bisa belajar bahasa pemrograman ini, kursus bukan satu-satunya opsi. Banyak grup di media sosial seperti Facebook yang membahas mengenai bahasa programming yang satu ini.

C++

Bahasa pemrograman yang satu ini melejit namanya ketika aplikasi besar seperti Adobe dan Firefox diketahui dibangun dengan bahasa ini. Namun, tentu ini bukan satu-satunya alasan.

Sebelum ada C++, sudah muncul C versi sebelumnya. Orang yang belajar programing biasanya sudah terbiasa dengan penulisan sintaks C. Maka dari itu, mereka dengan senang hati mau menggunakan C++ karena penulisan sintaks tidak terlalu berbeda.

Yang menjadi pembeda hanya pada penyelesaian masalah. Pada bahas C penyelesaian masalah dibagi menjadi sub masalah yang lebih kecil. Sementara itu, pada C++, masalah-masalah dibagi ke dalam class.

HTML

Ini sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman. Namun HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah desain awal dari suatu web. Bahkan, biasanya HTML menjadi mata kuliah jurusan programming di semester-semester awal.

Dari kelima bahasa untuk programing tersebut, mana yang sebaiknya dikuasai? Dalam hal ini, harus dilihat dulu apa goal-nya. Aplikasi, software, atau karya seperti apa yang ingin dibuat. Baru kemudian Anda bisa pilih bahasa pemrograman yang relavan untuk digunakan.

Akan tetapi, bukan hanya penguasaan bahasa programing saja yang dibutuhkan. Skill lain juga perlu dikuasai oleh seorang programmer.


Baca Juga : 16 Bahasa Pemrograman Paling Populer 2019


Dua Kunci Penting Dalam Programming Selain Bahasa

Bagi orang yang benar-benar sudah menyelami apa itu programming, mereka pasti tahu bahasa pemrograman itu hanya tool. Tidak lebih dari itu. Bahasa pemrograman hanya digunakan sebagai alat untuk membuat sesuatu, entah itu website, software, aplikasi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, ada dua kunci lainnya yang harus mereka kuasai. Dan dua kunci ini jauh lebih penting dari sekedar menguasai bahasa pemrograman.

Berpikir Kritis

Yang pertama adalah critical thinking atau berpikir kritis. Seorang programmer itu sebenarnya seorang pemikir. Mereka memikirkan tujuan. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, ada masalah. Dan masalah itu harus dipecahkan.

apa itu programming
Berpikir kritis via kajianpustaka.com

Dengan penguasaan bahasa pemrograman dan berpikir kritis, mereka mampu mengatasi masalah. Dan tujuan untuk membuat aplikasi atau apapun bisa mereka dapatkan.

Logika

Yang kedua adalah logika. Mampu berpikir kritis saja tidak cukup. Karena bahasa pemrograman hanya bisa digunakan jika logika seseorang jalan.

Karena dua hal tersebut, programmer biasanya seorang yang kemampuan matematika-nya di atas rata-rata. Kemampuan otak kirinya lebih banyak diandalkan daripada otak kanan.

Meskipun demikian, bukan berarti mereka yang nilai matematika di sekolah rendah tidak bisa menjadi programmer. Apalagi nilai sekolah tidak selalu sejajar dengan kemampuan yang sebenarnya.

Yang diperlukan adalah keingin-tahuan yang tinggi untuk mempelajari apa itu programming. Hal tersebutlah yang akan mendorong siapa saja untuk belajar programming. Meskipun mereka paham bahwa mereka harus mulai belajar dari hal yang sangat kecil dan remah. Yang pasti, mereka harus belajar berpikir kritis dan mengasah logika memecahkan masalah, sembarai belajar bahasa programming.

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu programming. Semoga bermanfaat dan jangan tekan tombol sharenya juga.

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.