apa itu landing page

Apa itu Landing Page? Inilah Ulasan Lengkapnya!

Website banyak jenis dan keguanaannya, pada tulisan ini kita akan membahas salah satu jenis webiste yang paling banyak digunakan oleh para digital marketer, yaitu landing page. Apa itu Landing Page?  Simak ulasannya sekarang juga!

Apa itu Landing Page?

Landing page merupakan halaman website yang berdiri sendiri. Dibuat khusus untuk menampilkan kampanye pemasaran atau iklan.

Halaman ini adalah tempat pengunjung “ mendarat “ setelah mereka mengklik tautan di facebook, google, email, youtube, telegram, atau sebuah website.

Perbedaan Landing Page dengan Website Biasa atau Homepage

Tidak seperti halaman website pada umumnya yang biasanya memiliki banyak tujuan untuk mendorong eksplorasi pengunjung, landing page dirancang dengan satu fokus atau tujuan, yaitu ajakan bertindak atau biasa disebut dengan CTA (Call To Action). Call To Action bisa berupa ajakan :

  • Klik tombol untuk membeli produk
  • Klik tautan untuk mendaftar
  • Mengisi formulir
  • Dan lainnya

Fokus inilah yang membuat landing page menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan rasio konversi pemasaran dan menurunkan biaya untuk mendapatkan prospek atau penjualan.



Perbedaan landing page dan website home page

Supaya lebih jelas kita berikan ciri-ciri yang membedakan antara landing page dengan website biasa atau homepage melalui tabel di bawah ini.

No Homepage Landing Page
1 Berisi semua informasi tentang websitenya Halaman khusus yang menampilkan satu informasi saja
2 Tampilan utama sebuah website dan memiliki navigasi untuk membukan halaman-halaman lain Halaman yang berisi tentang penawaran produk atau jasa, dan ajakan agar user melakukan sesuatu

Kamu juga bisa mempelajari perbedaannya melalui video di bawah ini :

Jenis-Jenis Landing Page

Ada banyak variasi landing page di luar sana, tetapi hanya ada dua jenis landing page berdasarkan sasarannya :

  • Lead Generation
  • Clicktrough

Lead Generation

Landing page jenis ini digunakan untuk pengambilan prospek, sehingga biasanya landing page ini menampilkan formulir sebagai ajakan untuk bertindak. Formulir ini biasanya berisi isian nama, alamat, dan email.

Marketing atau perusahaan yang menjual produk dengan harga yang tinggi menggunakan landing page jenis ini untuk membuat daftar calon pelanggan atau pembeli.

Agar para calon pembeli mau mengisi form yang sudah tersedia biasanya mereka menawarkan sesuatu yang sifatnya gratis seperti :

  • Ebook
  • Webinar
  • Kupon
  • Dan lainnya

Contoh Landing Page Lead Generation

landing page jenis lead generation

Penjelasan Singkat :

Saat user membuka landing page di atas mereka tujuannya sudah pasti ingin mendapatkan ebook gratis yang ditawarkan pada sebuah link. Nah landing page nya sendiri cukup jelas ya, disamping kiri dijelaskan apa saja yang akan dipelajari pada ebook yang ditawarkan.

Setelah membaca benefit mereka akan mengisikan data kontak pada form yang ada disebelah kanan. Link download ebook akan dikirimkan ke email yang user isi pada form tersebut.

Clicktrough

Landing page jenis ini sering digunakan oleh para digital marketer yang memiliki produk berlangganan. Biasanya landing page langsung berisi tombol ajakan klik untuk penjualan atau langganan suatu produk.

Ajakn bertindak tersebut nantinya akan mengarahkan pengunjung ke alur pembayaran (seperti toko aplikasi) atau menyelesaikan transaksi.

Contoh Landing Page Clicktrough

jenis landing page clicktrough

Penjelasan Singkat :

Pada landing page di atas kita bisa lihat fitur-fitur yang akan didapatkan saat menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, dan disamping kanannya terdapat tombol CTA yang berisi untuk mencobanya secara gratis terlebih dahulu.



Fungsi Landing Page

Setelah kita memahami 2 jenis landing page di atas maka dapat disimpulkan jika fungsi landing page yaitu :

  • Landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau istilah yang lebih terkenalnya adalah leads. Diharapkan leads yang sudah terkumpul akan membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan pada masa mendatang.
  • Landing page digunakan untuk mempercepat transaksi. Karena halamannya berisi informasi yang khusus, maka user akan fokus dan bebas dari gangguan untuk membaca navigasi yang lain. Sehingga pengunjung bisa langsung mengakses produk atau jasa yang ditawarkan pada suatu landing page.

Cara Membuat Landing Page

Ada 3 cara membuat landing page, di antaranya yaitu :

  • Membuat landing page dengan HTML & CSS : kita bisa menggunakan cara yang pertama ini jika temen-temen sudah memiliki skill HTML & CSS.
  • Membuat landing page memakai web builder : menggunakan web builder bisa kita lakukan dengan mudah, namun kekurangannya landing page akan memakai domain dan hosting dari web builder tersebut. Web builder yang terkenal salah satunya wix.com.
  • Membuat landing page menggunakan plugin wordpress : menggunakan plugin wordpress adalah cara yang paling disarankan. Selain gratis, nantinya kita bisa mengcustom desain landing page dengan mudah pada domain dan hosting yang sudah kita miliki. Namun untuk menggunakan cara ini temen-temen harus memahami wordpress dasar.

Bila temen-temen memang butuh cepat dan tidak punya waktu untuk mempelajari dari awal maka solusinya adalah menggunakan jasa landing page.

Contoh Landing Page dengan Desain Menarik

Landing page akan bisa mendatangkan banyak prospek jika desain dan copywritingnya menarik. Nah berikut ini beberapa contoh landing page dengan desain dan copywriting yang menarik.

Landing Page untuk Menjual Buku atau Ebook

contoh landing page menjual ebook

Hampir semua landing page yang sekarang digunakan oleh para digital marketer mempunyai desain modern dan minimalis. Seperti landing page di atas yang menampilkan desain yang clean dan modern, dari mulai pemilihan warnanya juga simpel dan enak dipandang.

Landing Page untuk Menjual Produk (Contoh Jam Tangan)

landing page untuk menjual suatu produk

Desain dari landing page di atas juga terlihat minimalis dan memudahkan untuk menerima pembayaran dari produk yang dijual. Terdapat latar belakang video jika pengunjung mengklik tombol play maka video akan diputar.



Landing Page Jasa Travel

landing page untuk jasa travel

Tema dari landing page di atas sangat sesuai dengan jasa yang ditawarkan yaitu jasa wisata. Dari mulai background, foto-foto, dan warnanya juga enak sekali untuk dipandang. Tidak lupa copywritingnya juga akan menarik pengunjung untuk mengisi formulir yang tersedia.

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang apa itu landing page, jenis-jenis, dan contohnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Sumber gambar utama : https://www.disruptiveadvertising.com/

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.