Skip to main content
cara menjadi android developer

9 Cara Menjadi Android Developer

Perkembangan teknologi memang merupakan dampak dari era globalisasi. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi mereka pengusaha, pencinta, ataupun lulusan IT ( Informasi Teknologi ). Jika mereka bisa membaca peluang ini pasti akan paham betapa melimpahnya harta yang bisa mereka peroleh salah satunya dengan menjadi android developer. Namun jika anda masih pemula maka pelajari dulu cara menjadi android developer disini.

Peluang pasar yang terbuka sangat luas menjadikan persaingan dunia android semakin ketat. Tentunya anda tidak bisa melangkah asal- asalan jika ingin menjadi android developer yang sukses. Ada berbagai cara untuk melakukan hal tersebut, namun inti dari semua ini adalah kekonsistensian anda dalam melakukan tindakan, tidak hanya jika sudah bosan anda mengakhiri, maka perhatikan ini.

Cara menjadi android developer

Inilah 9 cara yang bisa kamu praktekan untuk menjadi android developer yang sukses.

1. Visi Misi yang jelas

Mengawali sebuah usaha apapun itu, anda harus memiliki visi dan misi yang jelas. Sebagaimana hal ini anda akan terbantu jika nantinya terjadi penyimpangan yang terjadi, sehingga anda dapat mengingat kembali tujuan awal anda dalam menjadi android developer. Komitmen itu penting sebagai landasan dasar  agar bisa mencapai hasil dan tujuan yang sempurna.

 

2. Sistem kerja

Setiap orang dalam melakukan sesuatu pekerjaan ada dua cara yakni individu atau kerja tim. Hal ini yang harus anda bentuk semenjak awal. Pada sistem individu anda tidak perlu menyelesaikan masalah dalam kelompok. Jika anda kerja individu anda akan bisa terserah dalam melakukan apapun itu, namun anda akan bersusah payah dalam memikirkan produk, karena hanya ada 1 otak saja.

Berbeda dengan kerja tim, masalah yang dihadapi sangat kompleks tergantung dari permasalahan yang dihadapi. Seperti halnya yang sering terjadi yakni perselisihan antar individu dalam kelompok. Sehingga untuk mengatasi masalah yang demikian, anda harus memiliki sistem kerja yang jelas pada tim ini, agar tiap masalah yang ada bisa diselesaikan dengan baik dan adil.

Terlebih sistem kerja tim ini lebih terbilang sangat baik jika mampu kompeten pada bidangnya. Hal tersebut dikarenakan sistem tim tidak menggunakan 1 kapala, namun lebih dari dari 1. Sehingga ide- ide lebih mudah terbentuk dan bisa dikombinasikan dengan ide yang lain. Sebagaimana hal ini tentu antara sistem kerja individu dan tim memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri sendiri.

 

3. Inovatif

cara menjadi android developer

Untuk menjadi andorid developer, anda harus mampu memberikan ide- ide yang berbeda dengan yang lainnya. Namun untuk awal orang sering berkata pertama kali kita harus meniru orang lain agar kita paham pola kerja dan pikiran orang tersebut. Terlebih jika anda langsung memulai tanpa adanya acuan apapun pasti hanya akan membuat  bingung dan mudah menyerah.

Namun setelah itu anda bisa menginovasi langkah anda jika ingin memulai bisnis yang lebih berkembang dan maju, maka mulailah dengan memberi warna yang berbeda dengan begitu anda mampu memiliki keunggulan pada aspek tertentu. Terlebih jika anda mampu menganalisis program orang lain dan membenahi kekurangan yang ada. Tentu hal tersebut lebih menarik.

 

4. Kualitas dan kuantitas

cara menjadi android developer

Menjadi andorid developer pasti akan mementingkan hasil pada produk tersebut. sebagaimana target utama yakni memperoleh keuntungan sebanyak- banyaknya. Adapun cara yang dilakukan bisa bermacam- macam, tergantung pada orientasi penjualan. Ada yang ingin lebih memperhatikan kualitas namun adapula yang hanya ingin kuantitasnya saja tapi kualitas biasa.

Tapi itu semua tergantung pada pangsa pasar. Untuk menjaga konsistensi anda menjadi android developer, saya sarankan anda harus memperhatikan kualitas dari produk itu. Karena dengan kualitas terbaik anda bisa memperoleh kepercayaan pembeli. Tentu hal ini menjadikan mangsa pasar anda meningkat secara tidak langsung , dari pada memberikan kualitas pas- pasan.

 

5. Selalu tidak puas

cara menggunakan android studio

Agar profesi sebagai android developer tidak stagnat / jalan ditempat begitu saja, anda harus memiliki rasa yang tidak puas. Rasa ini dibutuhkan untuk memotivasi anda agar bisa selalu mobile bergerak dengan target anda yang selalu naik. Secara otomatis anda akan memperbaiki segala kekurangan yang ada dan menjadi nomer 1 sebagai android developer masa kini.

Rasa tidak selalu puas ini merupakan cara pembelajaran bagi anda. Anda harus mengikuti segala tren yang ada untuk menunjang kinerja dan mengupgrade kemampuan untuk menjadi lebih baik. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mensupport kinerja anda ini dengan mengikuti komunitas android, berbicara dengan berbagai macam ahli IT, atau bisa belajar mandiri di internet.

 

6. Strategi bisnis

cara menjadi android developer

Untuk menjadi sukses dalam menjadi android developer, anda juga harus memperhatikan strategi bisnis. Tentu hal ini sangat penting karena berorientasi pada keuntungan yang anda peroleh. Sebagaimana anda menentukan  pasar, harga yang anda jual dalam pasar, dan keuntungan yang bisa anda peroleh. Hal ini lebih terlihat simpel bukan tapi rumit untuk dilakukan.

 

7. Pahami pengkodingan / pemerograman

cara menjadi android developer

Hal ini merupakan syarat penting untuk menjadi android developer. Sebagaimana android developer , akan membuat program- program yang mempunyai nilai jual lebih dan menjadikan orang tertarik dengan program yang anda buat. Untuk itu anda harus mengetahui cara pemrograman, apa saja yang ada didalamnya, dan ada berapa macam jenis bahasa pemrograman.

Sebagai pemula anda harus mengetahui tentang java dan XML. Pada bahasa java ini harus dipelajari dikarenakan merupakan salah satu pemerograman dasar, sehingga hal tersebut sangat penting adanya. Sedangkan untuk XML merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai pelengkap dari programan yang ada.jadi hal ini penting dipelajari

 

8. Penggunaan Tools

cara menjadi android developer

Cara menjadi android developer yang lainnya adalah penguasaan tools. Tools yang diketahui secara umum ada dua macam yakni Android Studio dan juga Eclipse. Setiap tools ini memiliki keunggulannya masing- masing tergantung keperluan anda dalam penggunaannya. Namun untuk saat ini yang paling populer yakni Android Studio. Sebagaimana hal tersebut dikarenakan sudah didukung penuh oleh google, sehingga orang cenderung memilih itu.

Android studio juga telah menjadi IDE resmi pengembangan android, maka sangat cocok bagi android developer. Namun meski demikian anda harus sedia dengan komputer dengan spesifikasi yang memadai agar tidak eror.

 

9. Arsitektur pada Android

cara menjadi android developer

Dalam android developer, hal yang sangat penting lainnya yakni mengenai bentuk , desaign , komponen , pattern maupun lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.  Sebagaimana pemahaman anda tentang hal tersebut akan sangat penting dan menunjang androdi selain yang bisa anda tonjolkan pada kualitasnya.  Jika ingin bersaing dipasaran harus memperhatikan itu juga

Penilaian android yang paling menonjol adalah dengan melihat desaign yang disajikan. Bilamana terlihat menarik tentu akan menjadi idaman baru. karenanya inovasi ini perlu sebagai bentuk persaingan pasar, yang tidak hanya pada kualitas mutu yang disajikan melainkan pada tampilan luar yang menjanjikan, keren dan tampak berbeda dengan lainnya. Pasti akan membuat tertarik.


Bagaimana apa artikel ini sudah membantu anda untuk menjadi andorid developer. Sebagaimana rincian yang tertulis bisa anda mulai dengan  kisi – kisi yang tersajikan tersebut. adapun hal ini mengenai cara menjadi android developer diharapkan sangat membantu anda. Agar tetap sukses dan berkarya sebebas mungkin. Selamat mencoba dan membacalah karena itu lumbung ilmu.

Jika anda serius menjadia android developer saya sarankan untuk mempelajari modul android studio lengkap yang kami rekomendasikan. Di modul tersebut dijelaskan cara membuat aplikasi android dari pemula sampai dengan mempublishnya di playstore.

 

Tulisan Menarik Lainnya :

Guntoro

Freelancer web and mobile developement, blogger, and teacher.