Badoy Studio

istilah pemrogramanProgramming code abstract technology background of software developer and Computer script banner.3d illustration

Halo semuanya, pada artikel ini badoystudio akan mengulas beberapa istilah pemrograman yang populer dan harus diketahui oleh siapapun yang ingin mulai terjun ke dunia pemrograman. Apa saja istilah-istilah tersebut? Simak selengkapnya melalui bahasan berikut ini.



40 Istilah Pemrograman  atau Coding yang Paling Populer dan Sering Digunakan

Langsung saja tanpa panjang lebar mari kita bahas istilah-istilahnya satu persatu.

API (Application Programming Interface)

API yaitu interface yang bisa menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya. Peran penting API yaitu perantara berbagai aplikasi, baik itu satu atau berbeda platform.

Agile

Agile merupakan sekumpulan metode pengembangan software yang dilakukan secara bertahap dan berulang atau istilah lainnya disebut dengan iterasi.

Proses Iterasi pada agile biasanya fokus pada upaya mengembangkan software secara cepat dan sesuai perubahan kebutuhan konsumen dengan melibatkan semua tim terkait.

Algoritma

Algoritma yaitu sebuah metode yang direncanakan dengan tersusun dan berutuan untuk menyelesaikan masalah dengan sebuah intruksi atau kegiatan.

Sebelum membuat software biasanya kamu akan menulis algoritma secara step by step yang nantinya akan memudahkan untuk pembuatan juga pengembangan software.

Flowchart

Setelah membuat algoritma kamu juga akan menuangkannya ke dalam flowchart. Flowchart bisa disebut dengan bagan alir, di mana nantinya ada blok-blok yang menandakan suatu instruksi. Seperti mulai, proses, kondisi, dan blok yang lainnya.

Program

Program merupakan sekumpulan instruksi yang digunakan untuk memcahkan suatu masalah atau melakukan perintah tertentu. Program biasa juga disebut aplikasi, baik itu aplikasi web, mobile dan desktop bisa disebut dengan program.

HTML

Bahasa markup yang digunakan untuk membangun website benar-benar dari 0. Setiap website yang dibangun pasti menggunakan HTML.

CSS

CSS atau Cascading Style Sheets adalah bahasa yang berfungsi untuk mendesain tampilan website supaya benar-benar indah dan cantik yang sudah dibuat menggunakan HTML fondasinya.

PHP

Salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengelola server atau sering kita sebut dengan server side. Dengan bahasa pemrograman ini juga kamu bisa menjadi back end ataupun full stack developer.

JavaScript

JavaScritp merupakan bahasa pemrograman web yang bisa kita gunakan untuk membuat website supaya lebih dinamis dan interaktif. Nah, untuk kamu yang berniat menjadi front end developer maka wajib banget mempelajari bahasa pemrograman ini.

Python

Python termasuk ke dalam bahasa pemrograman untuk pengelolaan back end. Maka selain PHP kamu juga bisa mempelajari ini jika ingin menekuni dunia back end developer. Selain itu python juga dipakai untuk data mining, internet of things, dan lainnya.

aplikasi database

Database

Database atau sering kita sebut juga dengan basis data yaitu sekumpulan data yang dikelola berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah pengelolaannya.

Setelah diolah nanti pengguna bisa memperoleh dalam :

  • Mencari informasi
  • Menyimpan informasi
  • Mengedit bahkan membuang informasi dalam database

Framework

Framework merupakan kerangka kerja yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi berbasis website atapun mobile. Framework diciptakan untuk membantu programmer atau developer dalam menulis baris kode dengan mudah, cepat, dan terstruktur rapi.



OOP (Object Oriented Programming)

Merupakan metode pemrograman yang berorientasi pada objek. Program-program yang telah ada merupakan gabungan dari beberapa komponen kecil yang sudah ada sebelumnya. Sehingga dengan menggunakan OOP pekerjaan seorang programmer akan lebih mudah pada saat merancang program.

Kalau sebelumnya developer atau programmer berfokus pada logic, dengan menggunakan OOP developer atau programmer bisa lebih fokus pada objeknya saja untuk dimanipulasi.

Bahasa Pemrograman

Merupakan instruksi atau perintah standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini adalah himpunan dari aturan sintaks yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Dengan bahasa pemrograman, programmer bisa menentukan :

  • Data mana yang akan diolah komputer
  • Bagaimana data akan disimpan atau diteruskan
  • Dan langkah atau instruksi apa yang akan diambil dalam situasi tertentu

Function

Fuction dalam bahasa pemrograman yaitu kode program yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Function ini juga bagian dari program utama. Kamu bisa membuat fungsi sendiri atau bisa juga menggunakan fungsi yang sudah dibuat oleh orang lain.

Class

Merupakan rancangan yang mendefinisikan variabel atau method pada seluruh objek tertentu dalam bahasa pemrograman OOP. Class sendiri fungsinya untuk menampung isi dari program yang akan dijalankan yang berisi atribuet, tipe data, juga method.

UI  (User Interface)

Merupakan tampilan visual sebuah produk (aplikasi atau program baik berbasis web, mobile, ataupun dekstop) yang menjembatani sistem dengan pengguna atau user. Tampilan di sini meliputi bentuk, warna, dan tulisan yang didesain dengan cantik dan indah.

UX (User Experience)

Merupakan bagaimana pengalaman user atau pengguna dalam berinteraksi atau menggunakan produk yang sudah dibuat. Produk di sini lebih mengacu kepada aplikasi web, mobile ataupun dekstop.

Apakah desain UI yang dibuat sudah memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau tidak? Itulah salah satu tujuan dari UX. UX ini nantinya mengurusi juga menu yang tidak sulit diakses, desain yang friendly, dan lain sebagainya.

 

Front End Developer

Front end developer adalah orang yang bertugas untuk mengembangkan website dengan HTML, CSS dan JavaScritp agar desain menjadi lebih menarik, interaktif, dan dinamis.

Jadi, nantinya seorang front end akan mengubah desain atau layout dari desainer menjadi kode-kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Back End Developer 

Back end developer adalah orang yang bertugas dibalik layar, di mana dialah yang mengurusi database dan juga server. Itu sebabnya back end seringkali disebut dengan server side.

Full Stack Developer

Full stack developer merupakan orang yang menguasai skill front end dan juga back end. Terdengar keren memang ya. Kalau kamu ingin terjun menjadi full stack developer maka akan banyak teknologi dan skill yang harus dipelajari.

SDK (Software Development Kit)

SDK merupakan sekumpulan tools yang dapat digunakan oleh app developer untuk mengembangkan aplikasi yang dikustomisasi untuk ditambahkan atau dihubungkan dengan program lain. Sehingga dengan adanya SDK programmer bisa membuat aplikasi untuk platform tertentu.



Text Editor

Adalah software yang digunakan untuk menuliskan kode-kode bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi berbasis web, mobile ataupun dekstop. Di teks editor juga kita bisa mengatur tampilan web dan juga back end website.

Variabel

Dalam dunia coding, variabel merupakan lokasi penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak mengenai informasi, nilai, dan lainnya.

Web Server

Merupakan software yang fungsinya memberikan layanan data meliputi :

  • Menerima penerimaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan web browser
  • Lalu mengirimkan respon atas permintaan kepada client dalam bentuk halaman web

Bootstrap

Merupakan framekwork atau kerangka kerja HTML, CSS, dan JavaScritp yang memungkinkan kamu untuk mendesain website secara mudah, cepat, dan juga responsive.

Tipe Data

Merupakan sebuah pengklasifikasian data berdasarkan jenis data. Tipe data dibutuhkan supaya compiler bisa mengetahui bagaimana sebuah data akan digunakan. Tipe data yang sering digunakan di antaranya :

  • Character
  • String
  • Array
  • Booleans

ERD (Entity Relationship Diagram)

Yaitu diagram yang digunakan untuk merancang suatu database dan menunjukkan relasi antar objek atau entitas beserta atribut-atributnya secara detail.

DFD

Merupakan gambar alur informasi dari pemrosesan input sampai ke output suatu sistem. Dalam dunia coding, DFD merupakan alat untuk menjabarkan dan menganalisis secara detail sebuah sistem informasi. Hasil analisis nantinya akan diserahkan ke programmer agar ditulis codingannya.

UML (Unified Modelling Language)

Merupakan suatu metode pemodalan secara visual yang digunakan sarana perancangan sistem berorientasi objek. Kita juga bisa mendefinisikan UML sebagai bahasa standar visualisasi, perancangan, dan pendokumentasian sistem.

IDE (Integrated Development Environment)

Merupakan software khusus yang kaya akan fitur untuk mengembangkan software dengan bahasa pemrograman tertentu. Secara simpel kita bisa analogikan IDE ini sebagai ruang kerja yang didalamnya sudah tersedia alat-alat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

IDE ini digunakan untuk menulis kode-kode dengan bahasa pemrograman tertentu. Contoh IDE yang paling populer yaitu Android Studio, digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile Android.

aplikasi native hybrid dan web

Native

Aplikasi native yaitu aplikasi yang dibuat khusus untuk platform tertentu. Misal, jika kita membuat aplikasi di android studio maka aplikasi tersebut nantinya hanya bisa digunakan untuk OS android saja. Begitu juga kalau kita membuat aplikasi dengan swift maka nantinya aplikasi tersebut bisa digunakan untuk iOS saja.

Hybrid

Berbeda dengan native, hybrid yaitu proses membuat aplikasi yang bisa digunakan pada beberapa OS sekaligus. Buatnya sekali tapi bisa dirilis di dua platform OS yang berbeda. Contohnya kita bisa membuat aplikasi untuk android dan juga iOS hanya dengan membuatnya sekali menggunakan Flutter.

Wireframe

Merupakan kerangka untuk menata suatu item pada halaman website ataupun aplikasi. Wireframe biasanya dibuat sebelum membuat suatu aplikasi atau web. Item yang dibuat bisa berupa :

  • Teks
  • Gambar
  • Layouting
  • Dan sebagainya

IoT

Internet of Thigns yaitu konsep di mana suatu benda ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan juga software dengan tujuan untuk :

  • Berkomunikasi
  • Mengendalikan
  • Menghubungkan
  • Dan bertukar data melalui perangkat lain selama terhubung dengan internet

AR (Augment Reality)

AR adalah teknologi gabungan secara real time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Di mana teknologi ini memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2 atau 3 dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

VR (Virtual Reality)

VR yaitu teknologi yang saat ini banyak digunakan dalam dunia game dan dianggap menjadi salah satu pengalaman yang nyata bagi para penggunanya. Bukan hanya dunia game bekerja, meeting, konser bisa juga diwujudkan dalam teknologi ini.

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web, mobile, dan juga desktop. Kita bisa mengembangkan aplikasi android dengan android studio menggunakan bahasa pemrograman java.

XML

XML yaitu Extensible Markup Language yaitu bahasa komputer untuk menyederhanakan proses pertukaran dan penyimpanan data.

Flutter

Flutter merupakan platform yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi multiplatform hanya dengan satu kali coding saja. Aplikasi yang dibuat nantinya bisa digunakan pada OS Android, iOS, atau bahkan web.

Hal Penting Lain Yang Harus diperhatikan Dalam Dunia Pemrograman

Memahami istilah-istilah dalam pemrograman adalah langkah awal yang penting, tetapi ada banyak faktor lain yang perlu diperhatikan saat memulai atau mengembangkan karier dalam dunia pemrograman. Berikut adalah beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan:

  • Memahami Konsep Dasar Pemrograman: Selain istilah, penting untuk memahami konsep dasar pemrograman, seperti algoritma, struktur data, logika pengendalian, dan paradigma pemrograman (misalnya, pemrograman berorientasi objek).
  • Belajar Bahasa Pemrograman: Pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan tujuan Anda (misalnya, web development, mobile app development, data analysis) dan fokuskan belajar pada bahasa tersebut. Pahami sintaksis dan cara kerja bahasa tersebut.
  • Praktik dan Proyek Pribadi: Praktik adalah kunci untuk memahami pemrograman. Cobalah untuk membuat proyek-proyek pribadi kecil atau berpartisipasi dalam proyek open source untuk mengasah keterampilan Anda.
  • Memahami Pengembangan Perangkat Lunak: Pemrograman adalah bagian dari pengembangan perangkat lunak yang lebih luas. Pelajari tentang siklus pengembangan perangkat lunak, metode pengujian, manajemen proyek, dan alat-alat pengembangan.
  • Mengembangkan Kemampuan Problem Solving: Kemampuan dalam pemecahan masalah sangat penting. Latih diri Anda untuk merinci masalah, merencanakan solusi, dan menerapkan langkah-langkah perbaikan.
  • Manajemen Waktu: Keterampilan manajemen waktu akan membantu Anda efisien dalam bekerja dan membagi waktu antara pemrograman, pengujian, dokumentasi, dan pemeliharaan kode.
  • Keterampilan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting, terutama jika Anda bekerja dalam tim. Ini termasuk kemampuan untuk menjelaskan ide, memberikan dan menerima umpan balik, serta berkolaborasi dengan rekan kerja.
  • Pemeliharaan Kode: Menulis kode yang mudah dimengerti dan dikelola adalah keterampilan yang sangat berharga. Pelajari tentang konsep-konsep seperti pengkodean bersih (clean code) dan praktik-praktik terbaik dalam pemeliharaan kode.
  • Pemahaman tentang Keamanan: Keamanan perangkat lunak adalah hal yang sangat penting. Pelajari tentang praktik-praktik keamanan dalam pemrograman dan cara menghindari kerentanan keamanan.
  • Pengembangan Keterampilan Kreatif: Pemrograman bukan hanya tentang aturan dan logika; ini juga tentang kreativitas. Banyak proyek pemrograman memerlukan pemikiran kreatif dan inovasi.
  • Belajar dari Kesalahan: Terkadang, Anda akan membuat kesalahan. Penting untuk belajar dari kesalahan ini dan terus berkembang sebagai pemrogram.
  • Berinvestasi dalam Pembelajaran Berkelanjutan: Dunia pemrograman terus berkembang. Selalu ada teknologi dan alat baru. Berinvestasilah dalam pembelajaran berkelanjutan, baik melalui buku, kursus online, atau kursus universitas.
  • Jaringan dan Komunitas: Bergabunglah dengan komunitas pemrograman, baik secara online maupun offline. Ini bisa membantu Anda mendapatkan dukungan, menjawab pertanyaan, dan terhubung dengan orang-orang yang berbagi minat yang sama.
  • Tujuan Karier dan Fokus: Tentukan tujuan karier Anda dalam pemrograman. Apakah Anda ingin menjadi pengembang web, data scientist, pengembang game, atau yang lainnya? Fokus pada bidang yang sesuai dengan tujuan Anda.
  • Etika Pemrograman: Pahami etika pemrograman, termasuk hak cipta, privasi data, dan tanggung jawab Anda sebagai pengembang perangkat lunak.

 

Penutup

Itulah beberapa istilah pemrograman yang cukup populer dan sering digunakan dalam dunia IT. Semoga menambah insight dan bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya supaya manfaatnya lebih tersebar luas.

Sumber gambar utama : https://www.itprotoday.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.